Logo BeritaSatu

MCAS-F People Dorong Desainer Fesyen Rilis Koleksi Digital

Minggu, 28 Agustus 2022 | 13:55 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Cosmize, proyek metaverse global sebagai wadah kegiatan yang menghubungkan karya seni otentik dalam bentuk NFT, menggandeng The F People, media gaya hidup, untuk merangkul komunitas fashion dan mempertemukan mereka dengan desainer-desainer. Para desainer dapat membuat desain untuk dipakai avatar Cosmize yang dibeli dalam bentuk NFT. Untuk itu, digelar acara fashion show virtual yang didukung PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) melalui anak usaha V2 Indonesia, perusahan solusi audio-visual berteknologi tinggi.

“Kami mendukung inovasi yang dilakukan The F People dan Cosmize yang mengkolaborasikan fashion, metaverse, serta NFT," kata CEO V2 Indonesia, Rudi Hidayat dalam keterangan tertulisnya Minggu (28/8/2022).

Dalam project kolaborasi ini, Cosmize & The F People memiliki misi mengedukasi dan memfasilitasi penggiat fashion dan industri kreatif di Indonesia menerbitkan koleksi digital dan mempersiapkan ekosistem menuju metaverse. Kini para desainer tak hanya bisa menciptakan koleksi fisik, juga memulai menciptakan koleksi digital yang nantinya bisa diaplikasikan di avatar dalam ekosistem metaverse.

Desainer muda Indonesia pertama yang terpilih dalam pilot project ini adalah Amot Syamsurimuda dengan koleksi “signature self love” untuk dijadikan koleksi NFT. Kali ini prosesnya dimulai secara terbalik, dari koleksi fisik sebanyak enam pieces, ditransformasikan menjadi digital dimulai gambar pola dan pattern secara digital. Lalu dikenakan para model dalam bentuk avatar. Proses pembuatan avatar ini pun sama, model difoto dari segala sisi kemudian dijadikan versi avatar. Kolektor NFT akan mendapatkan kesempatan terlibat dalam kampanye koleksi Amot Syamsurimuda dan mendapatkan sesi fashion discussion. Koleksi NFT Amot Syamsurimuda yang pertama ini ditawarkan mulai Rp 1 juta.

Sementara untuk mengedukasi NFT dan metaverse, Cosmize bersama The F People yag didukung V2 Indonesia, anak usaha PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) menggelar event bertajuk “Future is Present” belum lama ini yang menampilkan virtual fashion show dilanjutkan real fashion show dengan model dan koleksi yang sama, untuk memberikan gambaran dunia metaverse.

Rudi Hidayat mengatakan acara ini merupakan momentum untuk memperkenalkan ke masyarakat bahwa teknologi metaverse dapat digunakan di berbagai aspek salah satunya dunia fashion atau industri kreatif di Indonesia. "Saya berhadap ke depannya metaverse semakin berkembang dan merambah ke industri lainnya. Kami senang dapat berkolaborasi dengan designer, content creator, dan creative people," ungkap Rudi Hidayat, CEO V2 Indonesia

V2 terus melakukan inovasi guna menjadi yang pertama dari sisi penggunaan teknologi terkini. V2 Indonesia berupaya memperluas jangkauan bisnis dengan membuat core business baru yaitu industri digital yang fokus pada teknologi terkini yaitu XR (eXtended reality), AR (augmented reality), VR (virtual reality), MR (mixed reality), AI (artificial intelligence), robotic, dan metaverse.

CEO The F People Rachel Octavia mengatakan The F People ingin menjadi katalis bagi insan fashion dan kreatif di Indonesia yang mendukung menciptakan koleksi digital. Selain itu, mengedukasi dan memfasilitasi, sehingga para desainer dan insan kreatif Indonesia fokus pada karya kreatifnya. "Kami yakin kontribusi ini akan berarti bagi percepatan digital industri fashion dan kreatif di Indonesia," kata dia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kaesang Pangarep Akan Jalani Tradisi Siraman dan Nyantri

Kaesang Pangarep akan menjalani tradisi siraman dan nyantri jelang pernikahannya dengan Erina Gudono, pada minggu depan.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Cegah infeksi, Asosiasi Dokter Khitan Ajak Anak Peduli Kesehatan

Asosiasi Dokter Khitan Indonesia (Asdoki) mengajak anak-anak Indonesia peduli akan kesehatan sejak dini.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Ujung Ujungnya Dangdut Tampilkan Govinda, Wandra dan Syahiba

Program musik "Ujung Ujungnya Dangdut" kembali tayang di BTV, hari ini, Sabtu (2/12/2022).

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Komedi Indekos "Satu Kosan Pengen Viral" Tayang di BTV

Saksikan malam ini, Sabtu (2/12/2022) komedi series berjudul Indekos episode "Satu Kosan Pengen Viral" yang tayang di BTV setiap hari Sabtu pada jam 9 malam.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Waspada, Mata Kering Bisa Sebabkan Penglihatan Berkurang

Kondisi mata kering memiliki dampak signifikan yang menyebabkan berkurangnya penglihatan seseorang.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

CLBK Cak Lontong Bakal Blak-blakan Bareng Pinkan Mambo

Program berjudul Cak Lontong Blak Blakan alias CLBK akan mengundang bintang tamu Pinkan Mambo.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Blackpink Rilis Reality Show "Born Pink Memories"

Blackpink secara mengejutkan merilis klip pendek reality show berjudul BPM, singkatan dari Born Pink Memories.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Kesedihan pada Ibu Hamil Berpotensi Picu Persalinan Prematur

Kesedihan pada ibu hamil berpotensi memicu persalinan prematur. Walau hormon berperan besar, kesedihan pada ibu hamil tidak boleh dibiarkan berlarut-larut.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Berperan Jadi Putri Solo, Marsha Aruan Alami Tantangan Berat

Artis Marsha Aruan sukses memerankan tokoh Putri Solo dalam film terbarunya Nagih Janji Cinta yang diproduksi PIM Pictures.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Hina Maia dan Suruh Lesti Cerai, Pinkan Mambo Minta Maaf

Pinkan Mambo meminta maaf atas pernyataannya yang terkesan menghina rekan duetnya, Maia Estianty dan minta Lesti Kejora segera menceraikan Rizky Billar.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Korsel Lolos, Son Heung-min Bangga dengan Perjuangan Tim

Korsel Lolos, Son Heung-min Bangga dengan Perjuangan Tim

SEMESTA BOLA 2022 | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE