Logo BeritaSatu

Ini Sejarah Mangkuk Ayam Jago yang Nampang di Google Doodle

Senin, 12 September 2022 | 13:37 WIB
Oleh : Claudia Ramadhani / CLA

Jakarta, Beritasatu.com - Bagi pencinta kuliner bakso, mi ayam, soto, dan lain-lain, mungkin sudah tidak asing lagi dengan kehadiran mangkuk bergambar ayam jago. Pada Senin, (12/9/2022) Google Doodle menampilkan mangkuk ayam jago legendaris ini pada laman depan mesin pencarian Google, ada cerita apa di baliknya?

Dikutip dari situs resmi Doodle, gambar mangkuk ayam jago yang muncul di Google Doodle hari ini adalah untuk merayakan Lampang Rooster Bowl atau mangkuk ayam jago yang telah didaftarkan oleh pemerintah Thailand pada 2013.

Di tahun 2013, pemerintah Thailand mendaftarkan desain mangkuk ayam jago ini sebagai Produk Indikasi Lampang. Lampang adalah salah satu provinsi di Thailand. Namun, bukan dari Thailand, desain asli mangkuk ayam jago sebenarnya berasal dari Tiongkok.

Sejarah mangkuk ayam jago
Mangkuk ayam jago memang tak hanya digunakan di Indonesia, mangkuk ini sudah populer di berbagai kawasan, khususnya di Asia.

Mengutip dari National Geographic Indonesia, kisah mangkuk ayam jago berasal dari masa Dinasti Ming, tepatnya pada periode pemerintahan Kaisar Chenghua (1465–1487). Saat itu, sang Kaisar memesan empat buah cawan bergambar ayam jago dan ayam betina pada pengrajin keramik khusus kekaisaran, di daerah Jingdezhen, yang terkenal menghasilkan keramik untuk istana sejak abad 6 Masehi.

Kaisar Chenghua memesan empat buah cawan keramik dengan teknik doucai, yang dibuat khusus untuk dirinya dan sang istri, sebagai satu tanda cinta. Cawan tersebut kemudian terkenal dengan nama Jigangbei yang artinya "cawan ayam". Cawan ini bergambar ayam jago, betina, dan anak ayam, yang memiliki makna kemakmuran.

Cawan dan mangkuk ayam memiliki makna simbolis. Kata “Ji” dari Jigangbei, yang memiliki arti “ayam”, mirip bunyinya dengan kata “Jia” yang berarti rumah. Sementara gambar tanaman peony melambangkan kekayaan, dan daun pisang yang juga tampak dalam cawan atau mangkuk melambangkan keberuntungan untuk keluarga.

Tak hanya Kaisar Chenghua yang memuja mangkuk ayam jago tersebut, tapi kaisar-kaisar lain di Tiongkok juga menyukainya. Pada masa Dinasti Qing, mangkuk ayam jago mulai diproduksi massal. Pada masa itu, masyarakat Tiongkok yang berada di kelas menengah ke bawah hanya bisa menggunakan mangkuk bergambar ayam, sebab mangkuk-mangkuk bergambar phoenix, naga, dan motif lainnya, memiliki harga yang lebih mahal.

Seiring berkembangnya zaman, bagi petani di Tiongkok, mangkuk ayam jago menjadi lambang kerja keras untuk kemakmuran. Ini dihubungkan dengan peran ayam jago yang selalu membangungkan mereka di pagi hari untuk segera bekerja di ladang.

Mangkuk ayam jago mulai dikenal ke negeri-negeri lain sekitar abad 20. Mulanya, mangkuk ayam jago dibawa oleh para perantau asal Tiongkok, dari pabriknya yang berada di provinsi Guangdong. Lalu mangkuk ayam jago menyebar ke beberapa negara di Asia Tenggara.

Semakin luasnya penyebaran mangkuk ayam jago, membuat produksinya juga kian meningkat. Teknik penggambaran ayam jago pun berubah, dari menggunakan gambar tangan hingga akhirnya dicetak oleh mesin.

Thailand juga menjadi salah satu negara pengimpor mangkuk ayam jago asal Tiongkok. Pada tahun 1957, para pengusaha membuka banyak pabrik peralatan dapur yang terletak di provinsi Lampang, Thailand.

Saat Lampang memproduksi peralatan makan secara massal menggunakan desain ayam jago, mangkuk tersebut menjadi salah satu produk yang paling laris.

Hingga saat ini, Lampang terus memproduksi mangkuk ayam jago. Akan tetapi, hanya sedikit pabrik di Lampang yang mampu merancang produk mangkuk ayam jago sesuai dengan gaya dan bahan tradisional. Ini menyebabkan mangkuk ayam asli yang dilukis dengan tangan menjadi koleksi barang langka dan diincar oleh sejumlah kolektor.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ririn Ekawati Senang Campur Takut Main di Film Alena Anak Ratu Iblis

Meski sebenarnya takut, namun Ririn Ekawati mengaku tertarik memerankan tokoh Maya dalam film berjudul Alena Anak Ratu Iblis itu.

LIFESTYLE | 29 November 2022

Sandiaga Uno Minta Polemik Kebaya Tak Perlu Diperdebatkan

Menparekraf Sandiaga Uno menanggapi rencana Singapura, Malaysia, Thailand, dan Brunei mendaftarkan kebaya sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO. 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Rambah Industri Musik, Julia Robex Rilis Single Perdana

Setelah sebelumnya lebih dikenal sebagai artis seni peran, Julia Robex merambah dunia tarik suara, dengan merilis single Ain’t About You.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Nikita Mirzani Akan Jual Rumahnya Seharga 10 M, Bangkrut?

Nikita Mirzani dikabarkan ingin menjual rumahnya di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Warganet pun menduga Nikita Mirzani bangkrut. 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Bikin Kaget, Dokter Spesialis Jantung Bisa Pentaskan Orkestra

Pentas Maple Orkestra tampil mengejutkan pada Minggu (27/11/2022). Bukan dari sajiannya, tapi komposisi pemain yang merupakan dokter spesialis jantung 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Sang Anak Ultah, Nikita Mirzani Beri Kado Menonton Cristiano Ronaldo

Nikita Mirzani beri kado menonton Cristiano Ronaldo yang tampil dalam pertandingan Portugal vs Uruguay di Piala Dunia 2022 untuk anaknya yang ultah.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Sutradara Film Captain America Era 90-an Albert Pyun Tutup Usia

Albert Lyun tidak hanya mengerjakan Captain America versi 1990 (pra-Marvel), yang dibintangi oleh Matt Salinger sebagai pemeran utama, tetapi juga film Cyborg.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Danareksa Ingin Jadikan Lokananta sebagai Abbey Road-nya Indonesia

PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA), anggota holding BUMN lintas sektor Danareksa, tengah merevitalisasi studio rekaman Indonesia pertama, Lokananta.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Cukupi Kebutuhan Air Minum Agar Tubuh Bisa Berfungsi Optimal

Konsumsi air minum dalam setiap kesempatan setiap harinya untuk menghindari dehidrasi dan mencegah tubuh berjalan kurang optimal.

LIFESTYLE | 27 November 2022

Menghidupkan Kembali Lokananta, Titik Nol Musik Indonesia

Lokananta, studio rekaman pertama Indonesia, akan dibangkitkan kembali. Titik nol musik Indonesia ini akan direvitalisasi menjadi sentra kreativitas dan niaga.

LIFESTYLE | 27 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menit 83, Casemiro Buka Keunggulan Brasil atas Swiss

Menit 83, Casemiro Buka Keunggulan Brasil atas Swiss

SEMESTA BOLA 2022 | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE