Logo BeritaSatu

Bukan Sembarang Teh, Ini Manfaat Kombucha untuk Kesehatan

Senin, 12 September 2022 | 15:55 WIB
Oleh : Claudia Ramadhani / CLA

Jakarta, Beritasatu.com - Kombucha adalah teh fermentasi yang memiliki rasa manis dan asam, dan juga bersoda. Kombucha telah lama dipercaya mampu menyehatkan, lalu, apa saja manfaat kombucha?

Kombucha adalah minuman fermentasi, sehingga mengandung probiotik atau bakteri baik. Mikroorganisme ini diketahui dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, bahkan daya tahan tubuh seseorang.

Untuk membuat kombucha, Anda dapat memfermentasi teh hijau atau teh hitam yang manis, dengan symbiotic colony of bacteria and yeast atau disebut juga dengan SCOBY. Selama proses fermentasi, ragi dalam SCOBY akan memecah gula dalam teh, dan melepas probiotik. Kombucha menjadi berkarbonasi setelah melalui proses fermentasi, itulah yang membuat minuman ini jadi bersoda.

Ada beberapa bukti yang menunjukkan manfaat kombucha untuk kesehatan, termasuk untuk kesehatan pencernaan, kesehatan mental, risiko infeksi, dan kesehatan hati.

Mengutip dari Medical News Today, berikut beberapa manfaat kombucha untuk kesehatan tubuh:

Baik untuk kesehatan usus
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kombucha memiliki kandungan probiotik yang tinggi. Bakteri probiotik yang dimiliki kombucha, mirip dengan bakteri baik yang ada di usus.

Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik, dapat membantu meningkatkan kesehatan usus secara keseluruhan. Manfaat kombucha yang tinggi probiotik yakni dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri di usus, sehingga dapat melancarkan pencernaan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengurangi risiko infeksi
Saat kombucha difermentasi, prosesnya akan menghasilkan jenis asam yang disebut dengan asam asetat. Riset menunjukkan, bahwa asam asetat memiliki sifat antimikroba. Sementara studi lain juga menunjukkan bahwa kombucha memiliki sifat antimikroba, yang berarti mengonsumsinya dapat membantu melawan bakteri penyebab penyakit.

Dengan adanya temuan ini, maka manfaat kombucha dapat membantu mencegah infeksi dan membunuh bakteri penyebab penyakit, sebelum tubuh terinfeksi karenanya.

Baik untuk kesehatan mental
Manfaat kombucha yang kaya akan probiotik tak terbatas pada kesehatan pencernaan, namun juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental. Menurut beberapa sumber, kemungkinan, ada hubungan antara probiotik dengan depresi.

Sementara depresi dan peradangan memiliki hubungan erat, untuk itu, efek anti-inflamasi yang dimiliki kombucha dapat membantu meringankan beberapa gejala depresi.

Sebuah studi di tahun 2017 meninjau sejumlah penelitian yang ada, dan menyimpulkan bahwa ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa suplemen probiotik dapat membantu meringankan gejala depresi. Namun, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk membuktikan seberapa efektif probiotik untuk mengatasi gejala depresi.

Menurunkan risiko penyakit jantung
Manfaat kombucha selanjutnya adalah, dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Kadar kolesterol yang tinggi adalah salah satu risiko utama dari penyakit jantung. Sebuah studi di tahun 2015 menunjukkan bahwa kombucha dapat membantu mengurangi kadar kolesterol yang terkait dengan penyakit jantung pada tikus.

Namun penting untuk dicatat, bahwa efek pada tikus tak selalu mencerminkan efek yang sama pada manusia. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan apakah kombucha dapat mengurangi risiko penyakit jantung pada manusia atau tidak.

Baik untuk kesehatan hati
Manfaat kombucha yang mengandung antioksidan yakni dapat membantu melawan radikal bebas yang merusak sel dalam tubuh. Beberapa penelitian, termasuk sebuah studi di tahun 2014 pada hewan, menunjukkan bahwa konsumsi kombucha yang kaya akan antioksidan, dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan hati yang disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu.

Penelitian ini menunjukkan bahwa kombucha mungkin berperan dalam meningkatkan kesehatan hati dan mengurangi peradangan pada hati.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Najwa Raih Penghargaan, Netizen Bandingkan Prestasi Nikita

Para netizen membanding-bandingkan prestasi Najwa Shihab dengan Nikita Mirzani pasca Najwa meraih penghargaan.

LIFESTYLE | 25 September 2022

Najwa Shihab Raih Penghargaan Public Figure Inspiratif Terpopuler, Ini Respons Netizen

Di tengah kritikan pedas Nikita Mirzani, presenter Najwa Shihab justru menerima penghargaan sebagai Public Figure Inspiratif Terpopuler.

LIFESTYLE | 25 September 2022

Ini Tips Menikmati Liburan yang Aman dan Nyaman di Pantai

Liburan ke pantai merupakan salah satu pilihan terbaik untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga atau teman.

LIFESTYLE | 25 September 2022

Menjauh dari Kanye West, Kim Kardashian Beli Mansion Rp 1 T

Untuk menjauh dari Kanye West, Kim Kardashian membeli mansion seharga US$ 70 juta atau setara lebih dari Rp 1 triliun.

LIFESTYLE | 25 September 2022

Gokil, Marshel Widianto dan Armuh Adu Balap Pakai Motor Galon

Media sosial dihebohkan dengan tantangan balap motor Marshel Widianto yang ditujukan kepada Arief Muhammad. 

LIFESTYLE | 24 September 2022

Pahami Rumus Etis Menjaga Jejak Digital

Jejak digital secara umum adalah jejak data yang dibuat dan ditinggalkan saat menggunakan perangkat digital.

LIFESTYLE | 24 September 2022

Transisi Endemi, Musisi Diajak Kembali ke Panggung

Transisi pandemi Covid-19 menuju endemi dinilai menjadi momentum tepat bagi kalangan musisi untuk menggebrak panggung hiburan.

LIFESTYLE | 24 September 2022

Vivere Group Kenalkan Wilsonart dan Arborite ke Pasar Interior Indonesia

Wilsonart menghadirkan 10 koleksi baru dan Arborite dengan 30 koleksi baru serta satu pilihan tekstur yakni Natural Touch (NT+).

LIFESTYLE | 24 September 2022

The Jakarta Dog Show Beri Edukasi Merawat Hewan Peliharaan

The Jakarta Dog Show 2022 digelar untuk menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian manusia terhadap semua ras anjing.

LIFESTYLE | 24 September 2022

Orang Tua Jadi Garda Terdepan Cegah Cyberbullying pada Anak

Rendahnya etika digital berpeluang menciptakan ruang bagi pelaku perundungan di media sosial, platform chatting dan gim.

LIFESTYLE | 24 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rampai Nusantara Kepulauan Riau Terbentuk

Rampai Nusantara Kepulauan Riau Terbentuk

NEWS | 15 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings