Logo BeritaSatu

Teknologi Informasi Kian Berkembang, Tenaga TI Makin Dicari

Selasa, 20 September 2022 | 09:48 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Teknologi informasi di Indonesia mengalami kemajuan yang demikian pesat di era digitalisasi sekarang ini, tak terkecuali di Tanah Air. Teknologi informasi yang mana mencakup kombinasi antara perangkat lunak dan perangkat keras ini, kian dibutuhkan masyarakat untuk kegiatan setiap harinya.

Indonesia sendiri saat ini juga telah mengaplikasikan pemanfaatan teknologi informasi di berbagai bidang, baik dari bidang pemerintahan, perbankan, pendidikan, kesehatan, bisnis, dan lain sebagainya. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan teknologi diantaranya yaitu ketersediaan infrastruktur dan layanan yang ada.

Selain itu, pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia juga menjadikan suatu dorongan perkembangan teknologi kian pesat sekarang ini. Kondisi pandemi Covid-19 yang memaksa masyarakat menjaga jarak, membuat mau tak mau harus melek teknologi agar dapat berinteraksi satu sama lain.

Pemerintah juga menggencarkan penggunaan teknologi di bidang pendidikan agar kegiatan belajar dan mengajar dapat terus berjalan.

Secara garis besar pandemi Covid-19 telah mempercepat peralihan layanan digital lebih dari harapan sebelumnya. Selain itu juga mendorong berkembanganya sektor Teknologi Informasi dan komunikasi di Indonesia.

Sementara menurut proyeksi Badan Kebijakan Fiskal (BKF), di tahun-tahun selanjutnya teknologi dan internet akan memberikan pengaruh yang lebih besar lagi. Pada dasarnya revolusi teknologi informasi telah mengubah tatanan hidup masyarakat, yang membuat masyarakat dapat semakin mudah berkomunikasi dan bertukar informasi.

“Pada tahun 2021, perekonomian digital mencapai titik tertinggi sepanjang masa meskipun berada di masa pandemi,” kata Surung Sinamo, Country Manager F5 Indonesia.

“Ketika perusahaan mempercepat perkembangan digital mereka untuk menjangkau pelanggan, dapat dipastikan bahwa perusahaan dan pelanggan terus mengikuti perkembangan, merasakan pengalaman dengan jenama, melakukan transaksi, dan menghasilkan pendapatan dalam perekonomian digital saat ini,” sambungnya.

Terdapat beberapa layanan teknologi yang diprediksi akan terus tumbuh dan berkembang di tahun-tahun ke depan. Diantaranya adalah di bidang layanan seluler, keamanan e-commerce, AI dan cloud computing, serta kripto dan NFT.

Peluang besar perkembangan TI ini juga membuka peluang yang besar pula bagi tenaga TI, namun perlu pengembangan skill seperti yang dilakukan oleh IDN.ID melalui peningkatan skill serta penyelenggaraan training dan sertifikasi TI.

IDN.ID hadir untuk membantu para tenaga IT professional dalam meningkatkan skill dan kariernya melalui training IT network, programming, dan sysadmin yang bisa diikuti secara offline maupun online. Ada beberapa peluang beasiswa IT yang dapat dinikmati, selain itu ID-Networkers (IDN.ID) juga membuka peluang kerja sama dengan seluruh sekolah atau kampus IT di Indonesia, lewat Program IDN Education Partner.

"Kami dari ID-Networkers (IDN.ID) akan terus berkomitmen membantu para pekerja di bidang IT untuk meningkatkan skill dan karirnya melalui training dan sertifikasi yang kita adakan dengan biaya yang terjangkau dan berkualitas,” kata pendiri IDN.ID Dedi Gunawan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pedagang Harap Pasren Asthana Kemang Makin Ramai Dikunjungi

Pedagang mengharapkan agar tempat hang out Pasren Asthana Kemang dapat semakin ramai dikunjungi lebih banyak masyarakat.

LIFESTYLE | 3 Desember 2022

Awas, Risiko Terkena Tuberkulosis Lebih Besar bagi Perokok

Para perokok menghadapi risiko yang lebih besar untuk sakit serta mengalami kematian akibat tuberkulosis.

LIFESTYLE | 3 Desember 2022

Moeldoko Pastikan Pernikahan Kaesang Sudah Siap Digelar

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memastikan pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono sudah siap untuk digelar.

LIFESTYLE | 3 Desember 2022

Violent Night, Kisah Sinterklas Terjebak Penyanderaan

Bisa ditebak, film Violent Night memang antitesis dari persepsi orang tentang “Holy Night”.

LIFESTYLE | 3 Desember 2022

IDI: Serangan Jantung Bukan karena Faktor Usia

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi mengingatkan penyakit serangan jantung, seperti yang diduga dialami Ferry Mursyidan Baldan, bukan disebabkan oleh faktor usia.

LIFESTYLE | 3 Desember 2022

Ada Kirab Pernikahan Kaesang dan Erina, Gibran: CFD Tetap Berjalan

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memastikan CFD di Kota Solo tetap berjalan meski ada arak-arakan atau kirab pernikahan Kaesang dan Erina. 

LIFESTYLE | 3 Desember 2022

Kaesang Pangarep Akan Jalani Tradisi Siraman dan Nyantri

Kaesang Pangarep akan menjalani tradisi siraman dan nyantri jelang pernikahannya dengan Erina Gudono, pada minggu depan.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Cegah infeksi, Asosiasi Dokter Khitan Ajak Anak Peduli Kesehatan

Asosiasi Dokter Khitan Indonesia (Asdoki) mengajak anak-anak Indonesia peduli akan kesehatan sejak dini.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Ujung Ujungnya Dangdut Tampilkan Govinda, Wandra dan Syahiba

Program musik "Ujung Ujungnya Dangdut" kembali tayang di BTV, hari ini, Sabtu (2/12/2022).

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Komedi Indekos "Satu Kosan Pengen Viral" Tayang di BTV

Saksikan malam ini, Sabtu (2/12/2022) komedi series berjudul Indekos episode "Satu Kosan Pengen Viral" yang tayang di BTV setiap hari Sabtu pada jam 9 malam.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lawan Brasil, Son Heung-min Ingin Korea Selatan Ciptakan Keajaiban Lagi

Lawan Brasil, Son Heung-min Ingin Korea Selatan Ciptakan Keajaiban Lagi

SEMESTA BOLA 2022 | 36 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE