Logo BeritaSatu

Aplikasi Chat Web3 Terenkripsi, Speakapp Jamin Keamanan Data Pengguna

Kamis, 22 September 2022 | 16:57 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Ketika orang-orang di seluruh dunia semakin sadar akan hak privasi mereka, Speakapp sebagai perusahaan startup yang berbasis di Yogyakarta memberikan perlindungan dan keamanan data kepada penggunanya.

Speakapp berfokus pada layanan pesan singkat berbasis web 3.0 yang mengandalkan teknologi blockchain vexanium dan jaringan TOR (the onion router) untuk mencapai keamanan dan privasi.

Seperti namanya, TOR mengandalkan teknologi perutean bawang (onion routing), yang mana pesan atau permintaan yang dikirim akan melalui beberapa lapis keamanan terlebih dahulu sebelum mencapai tujuan.

Banyak aplikasi memanfaatkan data pribadi pengguna untuk tujuan mereka sendiri. Data pribadi, termasuk alamat email, nomor telepon dan lokasi.

“Dengan menggunakan Speakapp, pengguna tidak memerlukan nomor telepon, email, atau informasi apa pun yang terkait dengan identitas pemiliknya. Setiap aktivitas komunikasi akan secara otomatis dienkripsi terlebih dahulu di lokal perangkat/device sebelum di kirimkan, dan hanya penerima yang memiliki Private key saja yang bisa mendekripsi pesan tersebut. Tentunya tidak ada data yang disimpan di server. Semua aktivitas yang terjadi bersifat peer-to-pee," kata Founder Speakapp, Damos Hanggara dalam keterangannya, Kamis (22/9/2022).

Dengan begitu, kedaulatan identitas dan informasi dapat tercapai. Saat ini pengguna sudah dapat melakukan registrasi dan mengirim pesan.

"Untuk fitur lainnya seperti voice/video call, group serta sticker akan dirampungkan hingga akhir tahun 2022 ini," tambah Damos Hanggara.

Sebagai perspektif, pada tahun 2019, Facebook diperintahkan untuk membayar denda $ 5 miliar karena memperoleh data pribadi hingga 87 juta penggunanya secara ilegal (termasuk biometrik dan detail pribadi mereka) tanpa persetujuan eksplisit mereka. Awal 2021, WhatsApp menjadi sorotan karena pembaruan privacy policy, atau kebijakan privasi, yang ditentang dan dianggap melanggar privasi para penggunanya.

Dalam kebijakan barunya itu WhatsApp mengungkapkan bahwa informasi yang akan diserahkan ke perusahaan Meta tersebut antara lain nomor telepon, nama dan foto profil, siapa saja yang berhubungan dengan pengguna, dan transaksi finansial. Mengingat banyak pengguna yang sudah berfokus pada keamanan data pribadi, kebijakan privasi baru tersebut dinilai cukup memaksa, sehingga pengguna tak memiliki opsi lain untuk menyetujui persyaratan tersebut.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Game Mobile Pokemon Go Hadir dalam Bahasa Indonesia

Pokemon Go merupakan aplikasi permainan berbasis lokasi untuk ponsel pintar atau smartphone yang dikembangkan Niantic bersama The Pokemon Company.

LIFESTYLE | 1 Desember 2022

Agar Pasar Bebas Kantong Plastik, Ini Upaya Unik GIDKP

Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) menawarkan strategi baru, yakni melalui pendekatan agama, agar pasar bisa bebas kantong plastik.

LIFESTYLE | 1 Desember 2022

Marching Band Bukit Asam Ukir Prestasi di Tingkat Nasional

Marching Band Bukit Asam berhasil meraih sejumlah penghargaan di kompetisi Indonesian Drum Corps Championship.

LIFESTYLE | 30 November 2022

Perhiasan Emas Unik yang Wajib Dikoleksi!

Sebuah inspirasi hadiah akhir tahun, hasil kolaborasi antara Frank & co. dan HYBE, salah satu agency terbesar di Korea Selatan pemegang lisensi TinyTAN.

LIFESTYLE | 30 November 2022

Sejarah Perhiasan serta Fungsinya yang Berubah dari Masa ke Masa

Fungsi perhiasan terus berubah dipengaruhi oleh konstruksi budaya di setiap zaman, dimulai dari fungsinya sebagai mata uang hingga sebagai ekspresi seni.

LIFESTYLE | 29 November 2022

Ririn Ekawati Senang Campur Takut Main di Film Alena Anak Ratu Iblis

Meski sebenarnya takut, namun Ririn Ekawati mengaku tertarik memerankan tokoh Maya dalam film berjudul Alena Anak Ratu Iblis itu.

LIFESTYLE | 29 November 2022

Sandiaga Uno Minta Polemik Kebaya Tak Perlu Diperdebatkan

Menparekraf Sandiaga Uno menanggapi rencana Singapura, Malaysia, Thailand, dan Brunei mendaftarkan kebaya sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO. 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Rambah Industri Musik, Julia Robex Rilis Single Perdana

Setelah sebelumnya lebih dikenal sebagai artis seni peran, Julia Robex merambah dunia tarik suara, dengan merilis single Ain’t About You.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Nikita Mirzani Akan Jual Rumahnya Seharga 10 M, Bangkrut?

Nikita Mirzani dikabarkan ingin menjual rumahnya di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Warganet pun menduga Nikita Mirzani bangkrut. 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Bikin Kaget, Dokter Spesialis Jantung Bisa Pentaskan Orkestra

Pentas Maple Orkestra tampil mengejutkan pada Minggu (27/11/2022). Bukan dari sajiannya, tapi komposisi pemain yang merupakan dokter spesialis jantung 

LIFESTYLE | 28 November 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Babak Pertama, Belum Ada Gol di Laga Kroasia vs Belgia

Babak Pertama, Belum Ada Gol di Laga Kroasia vs Belgia

SEMESTA BOLA 2022 | 25 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE