Logo BeritaSatu

Pahami Rumus Etis Menjaga Jejak Digital

Sabtu, 24 September 2022 | 21:47 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Lombok Tengah, Beritasatu.com – Saat bersentuhan dengan internet dan media digital, sadar atau tidak, kita akan meninggalkan jejak digital. Akumulasi jejak digital dapat memberikan gambaran digital penggunanya. Meskipun tidak utuh, namun gambaran digital tersebut akan diingat oleh orang lain.

”Jejak digital akan diingat dengan baik oleh orang yang kita kenal maupun tidak, baik dalam waktu singkat maupun panjang,” ujar pengajar Departemen Ilmu Komunikasi Fisipol UGM Novi Kurnia, pada webinar ”Indonesia Makin Cakap Digital” yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI untuk komunitas digital di wilayah Bali - Nusa Tenggara, Sabtu (24/9/2022).

Novi menyatakan, jejak digital secara umum adalah jejak data yang dibuat dan ditinggalkan saat menggunakan perangkat digital. Jejak digital juga mempunyai banyak bentuk, mudah dibagikan dengan cepat, dan berisiko dimanfaatkan secara negatif.

”Jejak digital bersifat abadi, tidak bisa dihilangkan karena bisa didokumentasikan dan dipanggil kembali, dan dapat berubah dalam bentuk lain, misal dari foto menjadi video atau sebaliknya,” kata Novi pada webinar yang juga diikuti secara nobar oleh beberapa komunitas digital di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Jejak digital, lanjut Novi, juga merupakan profil ”surat kelakuan baik” dan reputasi seumur hidup. Rekam jejak digital pribadi memiliki arti sangat penting, baik secara profesional (pekerjaan, pendidikan, bermasyarakat), maupun secara personal (keluarga, cinta, persahabatan).

Beberapa jejak digital yang sering ditinggalkan pengguna media digital, di antaranya riwayat pencarian, pesan teks, foto dan video, interaksi di media sosial, maupun lokasi kunjungan. ”Ingat, jejak digital selalu masih tersimpan meskipun telah kita hapus,” tandas Novi dalam diskusi virtual bertajuk ”Hati-hati Rekam Jejak Digital”.

Koordinator Nasional Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japelidi) itu berharap, para pengguna media digital mau menjaga jejak digitalnya. Rumus etis menjaga jejak digital, menurut Novi, yakni sopan berperilaku dan bertutur kata (etiket), hargai perbedaan dan empati (toleransi).

”Selanjutnya, berbagi konten positif (interaksi), serta bersama-sama menciptakan ruang digital yang etis (sinergis),” pungkas Novi Kurnia.

Baca selanjutnya
Dari perspektif keamanan digital (digital safety), Ketua Ikatan Guru TIK PB ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Menghidupkan Kembali Lokananta, Titik Nol Musik Indonesia

Lokananta, studio rekaman pertama Indonesia, akan dibangkitkan kembali. Titik nol musik Indonesia ini akan direvitalisasi menjadi sentra kreativitas dan niaga.

LIFESTYLE | 27 November 2022

Takjub dengan Gugusan Pulau Tawale, Sandiaga Uno: Gate of Heaven

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno takjub dengan gugusan Pulau Tawale, Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut).

LIFESTYLE | 27 November 2022

The Ataris dan FKJ Batal Tampil di Soundrenaline 2022, Kenapa?

Dua grup musik asal Amerika Serikat, The Ataris dan French Kiwi Juice (FKJ) batal tampil di Soundrenaline 2022 di Allianz Ecopark Ancol, Jakarta Utara. 

LIFESTYLE | 27 November 2022

Konser 30 Tahun Dewa 19 di Solo Dipadati Ribuan Baladewa

Ribuan Baladewa hadir menikmati Konser 30 Tahun Dewa 19 di Edutorium Universitas Muhammadiyah Solo (UMS), Sabtu malam (26/11/2022).

LIFESTYLE | 27 November 2022

Pasren Asthana, Tempat Hangout Kece di Kemang, Jaksel

Urban Jakarta Komersial (UJK) mempersembahkan Pasren Asthana Kemang, berlokasi di Jalan Ampera Raya, Cilandak Timur, Jakarta Selatan.

LIFESTYLE | 26 November 2022

Hujan, Publik Soundrenaline Antusias Tonton Plain White T's

Grup band asal Amerika Plain White T's disambut hujan saat tampil di hari pertama Soundrenaline 2022 di Ancol, Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

LIFESTYLE | 26 November 2022

Hujan, Potret Ajak Penonton Soundrenaline 2022 Nostalgia

Grup band Potret sukses mengajak para penonton bernostalgia di ajang Soundrenaline 2022 meski hujan deras mengguyur kawasan Ancol.

LIFESTYLE | 26 November 2022

Akan Menikah, Ini Pandangan Kaesang Terhadap Erina Gudono

Bagi Kaesang Pangarep, Erina Gudono adalah sosok wanita yang sempurna, sehingga dirinya menetapkan pilihan kepada wakil DIY pada Puteri Indonesia 2022.

LIFESTYLE | 26 November 2022

Undangan Pernikahan Kaesang dan Erina Beredar Luas di Medsos

Pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono semakin menarik perhatian masyarakat setelah viral di media sosial.

LIFESTYLE | 26 November 2022

Pernikahan Kaesang dan Erina, Keluarga Jokowi Pesan 86 Beskap dan Jarik

Busana Jawi Suratman mendapat kepercayaan dari keluarga Presiden Jokowi untuk membuatkan busana untuk acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

LIFESTYLE | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Catat! Ini Dampak Negatif Menggunakan <em>Earphone</em> Terlalu Lama

Catat! Ini Dampak Negatif Menggunakan Earphone Terlalu Lama

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE