Logo BeritaSatu

Catat! Ini Tips Cegah Masuk Angin saat Banyak Kerjaan

Senin, 26 September 2022 | 15:07 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Masyarakat Indonesia pastinya sudah familiar dengan istilah “masuk angin”. Istilah “masuk angin” ini biasanya digunakan untuk menggambarkan kondisi tidak enak badan dengan gejala-gejala seperti pusing, mual, kembung, meriang, batuk dan tenggorokan kering. Bagi mereka yang sudah bekerja, kondisi masuk angin ini tentu sangat mengganggu, apalagi jika sedang banyak kerjaan atau sedang dikejar-kejar deadline.

Masuk angin biasanya terjadi saat daya tahan tubuh menurun. Saat terlalu sibuk bekerja, sering kali tidak terlalu memikirkan kesehatan. Pada akhirnya, kondisi tubuh drop. Tentu saat masuk angin, akan sulit konsentrasi dan ini bisa mengganggu dalam aktivitas ketika bekerja. Tetapi, jangan khawatir. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah masuk angin apalagi saat sedang ada banyak kerjaan. Apa saja? Simak artikel berikut ini:

Olahraga Rutin
Sesibuk-sibuknya Anda, selalu luangkan waktu untuk berolahraga secara rutin. Apalagi jika pekerjaan menuntut Anda duduk di depan komputer selama berjam-jam. Berolahraga tidak hanya meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi juga bisa meredakan stres akibat bekerja. Anda bisa memilih olahraga simple seperti jogging di pagi atau sore hari. Yang pasti, Anda harus aktif bergerak agar daya tahan tubuh Anda tetap prima sehingga terhindar dari masuk angin. Jika kantor dekat dengan rumah, cobalah untuk berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Tentu untuk ini, Anda juga perlu perhatikan cuacanya. Jangan sampai Anda hujan-hujanan saat berangkat atau pulang kantor, ya!

Istirahat yang Cukup
Seringkah Anda begadang demi mengejar deadline? Stop! Kebiasaan ini tidak sehat dan justru bisa berpengaruh pada daya tahan tubuhmu hingga menyebabkan masuk angin. Pastikan Anda tidur selama 7-8 jam setiap malamnya. Sebanyak-banyaknya pekerjaan yang harus ditangani, Anda juga butuh istirahat. Cukup tidur juga memudahkan Anda berkonsentrasi saat bekerja.

Konsumsi Makanan Bergizi
Makan makanan bergizi bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Gizi seimbang terdiri dari makanan pokok (sumber karbohidrat), lauk pauk (sumber protein), sayuran, dan buah-buahan. Masyarakat Indonesia biasanya memilih nasi sebagai sumber karbohidratnya. Tapi tahukah Anda kalau karbohidrat juga bisa ditemukan pada makanan seperti ubi, jagung, singkong atau roti?

Perbanyak Minum Air Putih
Tidak dapat dipungkiri kalau sedang bekerja, kita sering kali lupa untuk minum air putih. Tapi tahukah Anda kalau kurang air minum juga bisa menyebabkan menurunnya konsentrasi? Kekurangan cairan juga bisa berdampak buruk pada daya tahan tubuh Anda. Untuk itu, upayakan untuk minum minimal 8 gelas air putih sehari. Anda juga bisa membawa tumbler berisi air putih untuk memudahkan Anda saat pergi bekerja.

Kenakan Jaket saat Cuaca Dingin
Masuk angin sering kali muncul saat cuaca sedang dingin. Kondisi tidak enak badan ini juga kerap muncul kalau berlama-lama di ruangan ber-AC. Untuk itu, Anda bisa mengenakan jaket atau pakaian yang lebih tebal. Jaket juga penting untuk dibawa apalagi kalau Anda harus pulang malam setiap harinya.

Bagaimana jika sudah terlanjur mengalami masuk angin?
Anda bisa menerapkan tips-tips di atas yakni dengan memperbanyak istirahat dan minum air putih. Jangan lupa untuk perhatikan asupan gizi yang dikonsumsi. Tak hanya itu, anda bisa minum obat herbal seperti Tolak Angin dan menggunakan Balsem Herbal Tolak Angin untuk menghangatkan badan dan mengatasi masuk angin.

Balsem Herbal Tolak Angin mengandung minyak jahe, minyak peppermint, minyak eucalyptus, minyak cengkeh dan minyak cassia.

Catat! Ini <em>Tips</em> Cegah Masuk Angin saat Banyak <em>Kerjaan</em>
Balsem Herbal Tolak Angin. (Dok. Tolak Angin)

Diproduksi oleh PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk, balsem Herbal Tolak Angin bisa membantu meredakan masuk angin dan nyeri otot.

Karena Balsem Herbal Tolak Angin panasnya tahan lama, Anda tidak perlu berkali-kali mengoleskan. Cara pemakaiannya pun mudah yakni dengan mengoleskan balsam ke daerah badan yang dirasa perlu. Anda juga bisa menghirup aroma Balsem Herbal Tolak Angin untuk meredakan mual.

Diketahui, Balsem Herbal Tolak Angin bisa dibeli secara online lewat sidomunculstore.com. Anda juga bisa mendapatkannya di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada, dan JD.ID.

Nah, itu dia tips ampuh mencegah masuk angin saat sedang banyak kerjaan. Selamat mencoba!



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ririn Ekawati Senang Campur Takut Main di Film Alena Anak Ratu Iblis

Meski sebenarnya takut, namun Ririn Ekawati mengaku tertarik memerankan tokoh Maya dalam film berjudul Alena Anak Ratu Iblis itu.

LIFESTYLE | 29 November 2022

Sandiaga Uno Minta Polemik Kebaya Tak Perlu Diperdebatkan

Menparekraf Sandiaga Uno menanggapi rencana Singapura, Malaysia, Thailand, dan Brunei mendaftarkan kebaya sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO. 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Rambah Industri Musik, Julia Robex Rilis Single Perdana

Setelah sebelumnya lebih dikenal sebagai artis seni peran, Julia Robex merambah dunia tarik suara, dengan merilis single Ain’t About You.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Nikita Mirzani Akan Jual Rumahnya Seharga 10 M, Bangkrut?

Nikita Mirzani dikabarkan ingin menjual rumahnya di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Warganet pun menduga Nikita Mirzani bangkrut. 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Bikin Kaget, Dokter Spesialis Jantung Bisa Pentaskan Orkestra

Pentas Maple Orkestra tampil mengejutkan pada Minggu (27/11/2022). Bukan dari sajiannya, tapi komposisi pemain yang merupakan dokter spesialis jantung 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Sang Anak Ultah, Nikita Mirzani Beri Kado Menonton Cristiano Ronaldo

Nikita Mirzani beri kado menonton Cristiano Ronaldo yang tampil dalam pertandingan Portugal vs Uruguay di Piala Dunia 2022 untuk anaknya yang ultah.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Sutradara Film Captain America Era 90-an Albert Pyun Tutup Usia

Albert Lyun tidak hanya mengerjakan Captain America versi 1990 (pra-Marvel), yang dibintangi oleh Matt Salinger sebagai pemeran utama, tetapi juga film Cyborg.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Danareksa Ingin Jadikan Lokananta sebagai Abbey Road-nya Indonesia

PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA), anggota holding BUMN lintas sektor Danareksa, tengah merevitalisasi studio rekaman Indonesia pertama, Lokananta.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Cukupi Kebutuhan Air Minum Agar Tubuh Bisa Berfungsi Optimal

Konsumsi air minum dalam setiap kesempatan setiap harinya untuk menghindari dehidrasi dan mencegah tubuh berjalan kurang optimal.

LIFESTYLE | 27 November 2022

Menghidupkan Kembali Lokananta, Titik Nol Musik Indonesia

Lokananta, studio rekaman pertama Indonesia, akan dibangkitkan kembali. Titik nol musik Indonesia ini akan direvitalisasi menjadi sentra kreativitas dan niaga.

LIFESTYLE | 27 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kilang Pertamina Siap Jadi Perusahaan Petrokimia Global

Kilang Pertamina Siap Jadi Perusahaan Petrokimia Global

EKONOMI | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE