Logo BeritaSatu

6 Cara Mengatasi Ketiak Basah yang Mengganggu dan Bikin Malu

Selasa, 27 September 2022 | 14:26 WIB
Oleh : Claudia Ramadhani / CLA

Jakarta, Beritasatu.com - Ketiak merupakan salah satu area tubuh yang paling mudah berkeringat. Saat ketiak basah, ini tak hanya bisa menyebabkan ketidaknyamanan, akan tetapi juga menurunkan kepercayaan diri seseorang. Adakah cara terbaik untuk mengatasi ketiak basah?

Ketiak basah yang berlebihan, bisa membuat tidak nyaman. Dalam beberapa kasus, seseorang dengan kondisi keringat berlebih mungkin memiliki gangguan hiperhidrosis. Hiperhidrosis menyebabkan seseorang mengeluarkan banyak keringat di beberapa bagian tubuh, termasuk di ketiak, telapak tangan, telapak kaki, dan lain-lain.

Melansir dari Healthline, ada beberapa pengobatan atau perawatan yang bisa menjadi cara terbaik mengatasi ketiak basah, seperti:

Menggunakan antiperspiran
Penggunaan deodoran bisa meninggalkan noda kuning di baju, khususnya di area ketiak. Selain itu, deodoran mungkin bisa membantu mengatasi bau ketiak, namun untuk mengurangi produksi keringat di area ketiak, deodoran belum bisa bekerja dengan maksimal.

Alih-alih deodoran, antiperspiran dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau badan, dan secara aktif menghalangi kelenjar keringat untuk memproduksi keringat ketiak secara berlebih. Penggunaan antiperspiran pada ketiak, bisa membantu mengatasi ketidaknyamanan akibat ketiak basah.

Akan tetapi, beberapa orang juga mengeluhkan bahwa antiperspiran yang banyak beredar di pasaran, masih belum cukup untuk mengatasi ketiak basah yang mereka alami. Jika hal ini terjadi pada diri Anda, maka cobalah untuk menggunakan antiperspiran yang lebih kuat, dengan jumlah aluminium klorida yang lebih tinggi, dan memiliki kandungan bahan aktif sekitar 13 persen.

Cara menggunakan antiperspiran yang tepat juga menentukan seberapa efektif antiperspiran akan bekerja. Berikut beberapa tips agar antiperspiran yang Anda gunakan bisa berfungsi lebih optimal:

  • Oleskan antiperspiran hanya pada kulit yang kering dan bersih, jangan oleskan antiperspiran pada ketiak yang sudah bekeringat atau ketiak yang masih lembap setelah mandi.
  • Gunakan antiperspiran di malam hari, terutama setelah mandi, saat tubuh memiliki suhu yang paling dingin. Ini memungkinkan bahan aktif dalam antiperspiran bekerja dengan baik dan memberikan efek yang optimal.
  • Rutinlah menghilangkan rambut ketiak, karena rambut ketiak dapat menghalangi antiperspiran dalam melakukan tugasnya secara optimal. Akan tetapi, hindari menggunakan antiperspiran tepat setelah bercukur, karena antiperspiran bisa mengiritasi kulit ketiak yang baru saja dicukur.
  • Sabarlah menunggu antiperspiran bekerja dengan optimal. Paling tidak, dibutuhkan waktu hingga 4 hari, hingga Anda bisa melihat dampak yang diberikan oleh antiperspiran terhadap ketiak Anda.

Berikan jeda setelah mandi dan berpakaian
Setelah selesai mandi, pastikan untuk mengeringkan tubuh Anda hingga benar-benar kering, baru kemudian Anda bisa memakai baju. Ini sangat penting untuk diperhatikan, terutama jika Anda mandi dengan air panas dan tinggal dalam lingkungan dengan iklim yang panas dan lembap.

Membiarkan tubuh hingga kering sebelum mengenakan pakaian, dapat membantu mencegah ketiak basah setelah mandi.

Hilangkan rambut ketiak secara berkala
Rutin menghilangkan rambut ketiak bisa mengurangi keringat berlebih yang menyebabkan ketiak basah. Rambut bisa menahan kelembapan, sehingga membiarkan rambut ketiak tetap panjang bisa menyebabkan ketiak basah.

Jika ketiak basah telah menjadi masalah utama Anda, maka menghilangkan rambut ketiak baik dengan cara dicukur, dicabut, atau waxing, penting untuk dilakukan. Selain mengurangi keringat berlebih, menghilangkan rambut ketiak secara berkala juga dapat mencegah dan mengurangi bau ketiak.

Jaga tubuh tetap terhidrasi
Minum lebih banyak air dan mengonsumsi makanan dengan kandungan air yang tinggi, dapat menjaga suhu tubuh tetap rendah, sehingga mampu mencegah keringat berlebih di ketiak.

Kenakan pakaian yang longgar dan dapat menyerap keringat
Mengenakan pakaian yang ketat, terutama di area ketiak, dapat menyebabkan ketiak basah. Terlebih jika Anda memakai baju dengan bahan yang tidak dapat menyerap keringat. Pakailah baju atau pakaian yang longgar, terutama di area ketiak. Tak hanya itu, pilihlah pakaian berbahan dasar katun, yang lebih mudah menyerap keringat.

Hindari konsumsi makanan yang memicu keringat
Tahukah Anda bahwa apa yang Anda makan memengaruhi seberapa banyak Anda akan berkeringat? Beberapa makanan bisa menyebabkan tubuh menghasilkan lebih banyak keringat, sehingga kondisi ketiak basah akan sulit dihindari.

Jika Anda merasa selama ini Anda kerap berkeringat hingga menyebabkan ketiak basah, maka mengurangi atau bahkan menghindari beberapa makanan yang dapat memicu produksi keringat berlebih dapat membantu.

Beberapa makanan yang bisa memicu ketiak basah akibat produksi keringat berlebih adalah:

  • Makanan rendah serat
  • Makanan tinggi natrium
  • Makanan tinggi lemak
  • Makanan yang diproses
  • Alkohol
  • Bawang putih dan bawang bombay
  • Kafein
  • Makanan yang panas dan pedas
  • Es krim


Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ririn Ekawati Senang Campur Takut Main di Film Alena Anak Ratu Iblis

Meski sebenarnya takut, namun Ririn Ekawati mengaku tertarik memerankan tokoh Maya dalam film berjudul Alena Anak Ratu Iblis itu.

LIFESTYLE | 29 November 2022

Sandiaga Uno Minta Polemik Kebaya Tak Perlu Diperdebatkan

Menparekraf Sandiaga Uno menanggapi rencana Singapura, Malaysia, Thailand, dan Brunei mendaftarkan kebaya sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO. 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Rambah Industri Musik, Julia Robex Rilis Single Perdana

Setelah sebelumnya lebih dikenal sebagai artis seni peran, Julia Robex merambah dunia tarik suara, dengan merilis single Ain’t About You.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Nikita Mirzani Akan Jual Rumahnya Seharga 10 M, Bangkrut?

Nikita Mirzani dikabarkan ingin menjual rumahnya di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Warganet pun menduga Nikita Mirzani bangkrut. 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Bikin Kaget, Dokter Spesialis Jantung Bisa Pentaskan Orkestra

Pentas Maple Orkestra tampil mengejutkan pada Minggu (27/11/2022). Bukan dari sajiannya, tapi komposisi pemain yang merupakan dokter spesialis jantung 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Sang Anak Ultah, Nikita Mirzani Beri Kado Menonton Cristiano Ronaldo

Nikita Mirzani beri kado menonton Cristiano Ronaldo yang tampil dalam pertandingan Portugal vs Uruguay di Piala Dunia 2022 untuk anaknya yang ultah.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Sutradara Film Captain America Era 90-an Albert Pyun Tutup Usia

Albert Lyun tidak hanya mengerjakan Captain America versi 1990 (pra-Marvel), yang dibintangi oleh Matt Salinger sebagai pemeran utama, tetapi juga film Cyborg.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Danareksa Ingin Jadikan Lokananta sebagai Abbey Road-nya Indonesia

PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA), anggota holding BUMN lintas sektor Danareksa, tengah merevitalisasi studio rekaman Indonesia pertama, Lokananta.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Cukupi Kebutuhan Air Minum Agar Tubuh Bisa Berfungsi Optimal

Konsumsi air minum dalam setiap kesempatan setiap harinya untuk menghindari dehidrasi dan mencegah tubuh berjalan kurang optimal.

LIFESTYLE | 27 November 2022

Menghidupkan Kembali Lokananta, Titik Nol Musik Indonesia

Lokananta, studio rekaman pertama Indonesia, akan dibangkitkan kembali. Titik nol musik Indonesia ini akan direvitalisasi menjadi sentra kreativitas dan niaga.

LIFESTYLE | 27 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ronaldo Main, Ini Susunan Pemain Portugal vs Uruguay

Ronaldo Main, Ini Susunan Pemain Portugal vs Uruguay

SEMESTA BOLA 2022 | 24 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE