Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

6 Cara Mengatasi Ketiak Basah yang Mengganggu dan Bikin Malu

Selasa, 27 September 2022 | 14:26 WIB
Oleh : Claudia Ramadhani / CLA
Ketiak basah bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa malu, terutama jika Anda harus bertemu dengan banyak orang, bagaimana mengatasinya?

Jakarta, Beritasatu.com - Ketiak merupakan salah satu area tubuh yang paling mudah berkeringat. Saat ketiak basah, ini tak hanya bisa menyebabkan ketidaknyamanan, akan tetapi juga menurunkan kepercayaan diri seseorang. Adakah cara terbaik untuk mengatasi ketiak basah?

Ketiak basah yang berlebihan, bisa membuat tidak nyaman. Dalam beberapa kasus, seseorang dengan kondisi keringat berlebih mungkin memiliki gangguan hiperhidrosis. Hiperhidrosis menyebabkan seseorang mengeluarkan banyak keringat di beberapa bagian tubuh, termasuk di ketiak, telapak tangan, telapak kaki, dan lain-lain.

Melansir dari Healthline, ada beberapa pengobatan atau perawatan yang bisa menjadi cara terbaik mengatasi ketiak basah, seperti:

Menggunakan antiperspiran
Penggunaan deodoran bisa meninggalkan noda kuning di baju, khususnya di area ketiak. Selain itu, deodoran mungkin bisa membantu mengatasi bau ketiak, namun untuk mengurangi produksi keringat di area ketiak, deodoran belum bisa bekerja dengan maksimal.

Alih-alih deodoran, antiperspiran dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau badan, dan secara aktif menghalangi kelenjar keringat untuk memproduksi keringat ketiak secara berlebih. Penggunaan antiperspiran pada ketiak, bisa membantu mengatasi ketidaknyamanan akibat ketiak basah.

Akan tetapi, beberapa orang juga mengeluhkan bahwa antiperspiran yang banyak beredar di pasaran, masih belum cukup untuk mengatasi ketiak basah yang mereka alami. Jika hal ini terjadi pada diri Anda, maka cobalah untuk menggunakan antiperspiran yang lebih kuat, dengan jumlah aluminium klorida yang lebih tinggi, dan memiliki kandungan bahan aktif sekitar 13 persen.

Cara menggunakan antiperspiran yang tepat juga menentukan seberapa efektif antiperspiran akan bekerja. Berikut beberapa tips agar antiperspiran yang Anda gunakan bisa berfungsi lebih optimal:

Berikan jeda setelah mandi dan berpakaian
Setelah selesai mandi, pastikan untuk mengeringkan tubuh Anda hingga benar-benar kering, baru kemudian Anda bisa memakai baju. Ini sangat penting untuk diperhatikan, terutama jika Anda mandi dengan air panas dan tinggal dalam lingkungan dengan iklim yang panas dan lembap.

Membiarkan tubuh hingga kering sebelum mengenakan pakaian, dapat membantu mencegah ketiak basah setelah mandi.

Hilangkan rambut ketiak secara berkala
Rutin menghilangkan rambut ketiak bisa mengurangi keringat berlebih yang menyebabkan ketiak basah. Rambut bisa menahan kelembapan, sehingga membiarkan rambut ketiak tetap panjang bisa menyebabkan ketiak basah.

Jika ketiak basah telah menjadi masalah utama Anda, maka menghilangkan rambut ketiak baik dengan cara dicukur, dicabut, atau waxing, penting untuk dilakukan. Selain mengurangi keringat berlebih, menghilangkan rambut ketiak secara berkala juga dapat mencegah dan mengurangi bau ketiak.

Jaga tubuh tetap terhidrasi
Minum lebih banyak air dan mengonsumsi makanan dengan kandungan air yang tinggi, dapat menjaga suhu tubuh tetap rendah, sehingga mampu mencegah keringat berlebih di ketiak.

Kenakan pakaian yang longgar dan dapat menyerap keringat
Mengenakan pakaian yang ketat, terutama di area ketiak, dapat menyebabkan ketiak basah. Terlebih jika Anda memakai baju dengan bahan yang tidak dapat menyerap keringat. Pakailah baju atau pakaian yang longgar, terutama di area ketiak. Tak hanya itu, pilihlah pakaian berbahan dasar katun, yang lebih mudah menyerap keringat.

Hindari konsumsi makanan yang memicu keringat
Tahukah Anda bahwa apa yang Anda makan memengaruhi seberapa banyak Anda akan berkeringat? Beberapa makanan bisa menyebabkan tubuh menghasilkan lebih banyak keringat, sehingga kondisi ketiak basah akan sulit dihindari.

Jika Anda merasa selama ini Anda kerap berkeringat hingga menyebabkan ketiak basah, maka mengurangi atau bahkan menghindari beberapa makanan yang dapat memicu produksi keringat berlebih dapat membantu.

Beberapa makanan yang bisa memicu ketiak basah akibat produksi keringat berlebih adalah:



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI