Logo BeritaSatu

4 Makanan untuk Kesehatan Gigi yang Baik, Ada Apa Saja?

Selasa, 27 September 2022 | 15:39 WIB
Oleh : Claudia Ramadhani / CLA

Jakarta, Beritasatu.com - Mencegah tentunya lebih baik daripada mengobati, untuk itu, mencegah kerusakan gigi akan lebih berarti daripada mengobati gigi yang sudah terlanjur rusak. Salah satu cara mencegah masalah gigi adalah dengan mengonsumsi sejumlah makanan yang bernutrisi. Apa saja makanan untuk kesehatan gigi yang bisa Anda konsumsi?

Makanan yang kita makan memberikan dampak besar pada kesehatan gigi kita. Ada beberapa makanan dengan kandungan nutrisi yang tinggi dan baik untuk kesehatan gigi, namun ada juga beberapa makanan yang patut dihindari, karena bisa memicu kerusakan di gigi.

Mengutip dari Health, berikut beberapa minuman dan makanan untuk kesehatan gigi yang baik jika dikonsumsi secara rutin:

Air mineral
Air, dapat membantu membersihkan gula dan asam dari gigi. Tak hanya itu, air juga mengandung fluoride, yakni mineral yang dapat melindungi gigi dari berbagai masalah, salah satunya adalah erosi gigi. Fluoride banyak ditemukan dalam produk perawatan gigi, seperti pasta gigi dan beberapa obat kumur.

Susu
Susu dan produk turunan susu lainnya, adalah salah satu sumber utama untuk kalsium, yang penting untuk kesehatan tulang dan juga gigi. Kalsium adalah bahan utama dalam mineral, yang dapat memperkuat tulang dan enamel gigi.

Produk susu, terutama keju, mengandung kasein, yakni sejenis protein. Sebuah studi tahun 2022 dari Australian Medical Journal menemukan bahwa kasein berperan penting dalam menstabilkan dan memperbaiki enamel gigi. Ini menjadikan keju sebagai salah satu makanan untuk kesehatan gigi yang baik.

Makanan yang berserat tinggi
Sayuran berdaun hijau, dan makanan tinggi serat lainnya, dapat membantu menyehatkan pencernaan dan meningkatkan kadar kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL). Makanan yang tinggi serat merupakan makanan yang baik untuk kesehatan gigi, salah satu alasannya adalah karena makanan tinggi serat perlu dikunyah dengan baik, sehingga dapat melatih dan memperkuat gigi.

Mengonsumsi semangkuk sayur bayam menghasilkan air liur, yang baik untuk membilas mulut dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut dan masalah di mulut dan gigi.

Permen karet tanpa gula
Tidak semua jenis permen buruk untuk gigi. Salah satu jenis permen malah bisa menjadi makanan untuk kesehatan gigi yang baik. Permen karet tanpa gula, misalnya, dapat membantu menyehatkan gigi Anda.

Mengunyah permen karet dapat membantu membersihkan gigi dengan merangsang produksi air liur. Air liur adalah cara alami untuk menghilangkan asam yang dihasilkan oleh bakteri yang hidup di dalam mulut. Selain itu, air liur juga berfungsi membasahi gigi dengan kalsium dan fosfat yang dapat memperkuat tulang.

Tak sampai di situ, kini, banyak juga produk permen karet tanpa gula yang dipermanis dengan xylitol, yakni alkohol yang bisa membantu mengurangi bakteri.

Untuk itu, permen karet tanpa gula ini justru menjadi salah satu makanan untuk kesehatan gigi yang baik, berkat berbagai manfaat yang bisa didapatkan ketika Anda mengonsumsinya. Penting untuk diingat bahwa pastikan Anda memilih permen karet dengan rasa mint, karena rasa buah-buahan pada permen karet biasanya menggunakan asam yang dapat merusak gigi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ririn Ekawati Senang Campur Takut Main di Film Alena Anak Ratu Iblis

Meski sebenarnya takut, namun Ririn Ekawati mengaku tertarik memerankan tokoh Maya dalam film berjudul Alena Anak Ratu Iblis itu.

LIFESTYLE | 29 November 2022

Sandiaga Uno Minta Polemik Kebaya Tak Perlu Diperdebatkan

Menparekraf Sandiaga Uno menanggapi rencana Singapura, Malaysia, Thailand, dan Brunei mendaftarkan kebaya sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO. 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Rambah Industri Musik, Julia Robex Rilis Single Perdana

Setelah sebelumnya lebih dikenal sebagai artis seni peran, Julia Robex merambah dunia tarik suara, dengan merilis single Ain’t About You.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Nikita Mirzani Akan Jual Rumahnya Seharga 10 M, Bangkrut?

Nikita Mirzani dikabarkan ingin menjual rumahnya di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Warganet pun menduga Nikita Mirzani bangkrut. 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Bikin Kaget, Dokter Spesialis Jantung Bisa Pentaskan Orkestra

Pentas Maple Orkestra tampil mengejutkan pada Minggu (27/11/2022). Bukan dari sajiannya, tapi komposisi pemain yang merupakan dokter spesialis jantung 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Sang Anak Ultah, Nikita Mirzani Beri Kado Menonton Cristiano Ronaldo

Nikita Mirzani beri kado menonton Cristiano Ronaldo yang tampil dalam pertandingan Portugal vs Uruguay di Piala Dunia 2022 untuk anaknya yang ultah.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Sutradara Film Captain America Era 90-an Albert Pyun Tutup Usia

Albert Lyun tidak hanya mengerjakan Captain America versi 1990 (pra-Marvel), yang dibintangi oleh Matt Salinger sebagai pemeran utama, tetapi juga film Cyborg.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Danareksa Ingin Jadikan Lokananta sebagai Abbey Road-nya Indonesia

PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA), anggota holding BUMN lintas sektor Danareksa, tengah merevitalisasi studio rekaman Indonesia pertama, Lokananta.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Cukupi Kebutuhan Air Minum Agar Tubuh Bisa Berfungsi Optimal

Konsumsi air minum dalam setiap kesempatan setiap harinya untuk menghindari dehidrasi dan mencegah tubuh berjalan kurang optimal.

LIFESTYLE | 27 November 2022

Menghidupkan Kembali Lokananta, Titik Nol Musik Indonesia

Lokananta, studio rekaman pertama Indonesia, akan dibangkitkan kembali. Titik nol musik Indonesia ini akan direvitalisasi menjadi sentra kreativitas dan niaga.

LIFESTYLE | 27 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penyaluran Bantuan Dana Bansos Terus Dipantau

Penyaluran Bantuan Dana Bansos Terus Dipantau

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE