Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

4 Makanan untuk Kesehatan Gigi yang Baik, Ada Apa Saja?

Selasa, 27 September 2022 | 15:39 WIB
Oleh : Claudia Ramadhani / CLA
Ada beberapa makanan untuk kesehatan gigi yang sebaiknya dikonsumsi, karena bisa membantu cegah kerusakan gigi.

Jakarta, Beritasatu.com - Mencegah tentunya lebih baik daripada mengobati, untuk itu, mencegah kerusakan gigi akan lebih berarti daripada mengobati gigi yang sudah terlanjur rusak. Salah satu cara mencegah masalah gigi adalah dengan mengonsumsi sejumlah makanan yang bernutrisi. Apa saja makanan untuk kesehatan gigi yang bisa Anda konsumsi?

Makanan yang kita makan memberikan dampak besar pada kesehatan gigi kita. Ada beberapa makanan dengan kandungan nutrisi yang tinggi dan baik untuk kesehatan gigi, namun ada juga beberapa makanan yang patut dihindari, karena bisa memicu kerusakan di gigi.

Mengutip dari Health, berikut beberapa minuman dan makanan untuk kesehatan gigi yang baik jika dikonsumsi secara rutin:

Air mineral
Air, dapat membantu membersihkan gula dan asam dari gigi. Tak hanya itu, air juga mengandung fluoride, yakni mineral yang dapat melindungi gigi dari berbagai masalah, salah satunya adalah erosi gigi. Fluoride banyak ditemukan dalam produk perawatan gigi, seperti pasta gigi dan beberapa obat kumur.

Susu
Susu dan produk turunan susu lainnya, adalah salah satu sumber utama untuk kalsium, yang penting untuk kesehatan tulang dan juga gigi. Kalsium adalah bahan utama dalam mineral, yang dapat memperkuat tulang dan enamel gigi.

Produk susu, terutama keju, mengandung kasein, yakni sejenis protein. Sebuah studi tahun 2022 dari Australian Medical Journal menemukan bahwa kasein berperan penting dalam menstabilkan dan memperbaiki enamel gigi. Ini menjadikan keju sebagai salah satu makanan untuk kesehatan gigi yang baik.

Makanan yang berserat tinggi
Sayuran berdaun hijau, dan makanan tinggi serat lainnya, dapat membantu menyehatkan pencernaan dan meningkatkan kadar kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL). Makanan yang tinggi serat merupakan makanan yang baik untuk kesehatan gigi, salah satu alasannya adalah karena makanan tinggi serat perlu dikunyah dengan baik, sehingga dapat melatih dan memperkuat gigi.

Mengonsumsi semangkuk sayur bayam menghasilkan air liur, yang baik untuk membilas mulut dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut dan masalah di mulut dan gigi.

Permen karet tanpa gula
Tidak semua jenis permen buruk untuk gigi. Salah satu jenis permen malah bisa menjadi makanan untuk kesehatan gigi yang baik. Permen karet tanpa gula, misalnya, dapat membantu menyehatkan gigi Anda.

Mengunyah permen karet dapat membantu membersihkan gigi dengan merangsang produksi air liur. Air liur adalah cara alami untuk menghilangkan asam yang dihasilkan oleh bakteri yang hidup di dalam mulut. Selain itu, air liur juga berfungsi membasahi gigi dengan kalsium dan fosfat yang dapat memperkuat tulang.

Tak sampai di situ, kini, banyak juga produk permen karet tanpa gula yang dipermanis dengan xylitol, yakni alkohol yang bisa membantu mengurangi bakteri.

Untuk itu, permen karet tanpa gula ini justru menjadi salah satu makanan untuk kesehatan gigi yang baik, berkat berbagai manfaat yang bisa didapatkan ketika Anda mengonsumsinya. Penting untuk diingat bahwa pastikan Anda memilih permen karet dengan rasa mint, karena rasa buah-buahan pada permen karet biasanya menggunakan asam yang dapat merusak gigi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI