Logo BeritaSatu

6 Penyebab Ketiak Basah yang Harus Anda Ketahui

Rabu, 28 September 2022 | 13:45 WIB
Oleh : Aditya Pratama / ADP

Jakarta, Beritasatu.com - Berkeringat merupakan respons alami untuk menjaga suhu tubuh tetap terkendali dan membuat tetap sejuk. Keringat berlebih tersebut bisa menjadi sumber penyebab ketiak basah.

Meskipun pada umumnya tidak berbahaya namun ketiak basah dapat menggangu kenyamanan dan kepercayaan diri. Apalagi saat Anda harus bertemu dengan orang banyak. Jadi sudah semestinya Anda menjaga ketiak tetap kering. Lalu apa penyebab ketiak basah? Berikut penjelasannya.

Hiperhidrosis

Hiperhidrosis adalah kondisi di mana kelenjar keringat terlalu aktif. Meskipun tidak melakukan aktivitas gerak, pengidap hiperhidrosis akan mengeluarkan keringat berlebih. Kondisi hiperhidrosis tidak bisa dipastikan penyebabnya, namun kondisi ini bisa disebabkan oleh faktor genetika.

Hiperhidrosis kerap dikatikan engan kondisi medis tertentu seperti penderita diabetes, asam urat atau orang yang obesitas.

Aktivitas Fisik Terlalu Berat

Dengan banyaknya melakukan aktivitas fisik tentunya menyebabkan produksi keringat berlebih, dan ini menjadi faktor penyebab ketiak basah. Jadi jika Anda ingin melakukan aktivitas fisik seperti olah raga sebaiknya menggunakan losion antikeringat untuk mencegah keringat berlebih.

Faktor Makanan

Makanan yang dikonsumsi dapat membuat keringat berlebih penyebab ketiak basah. misalnya, konsumsi makanan pedas akan meningkatkan suhu tubuh karena ada kandungan capsaicin pada cabai yang bersifat panas. Ketika kandungan capsaicin masuk ke dalam tubuh maka akan direspons dengan meningkatkan suhu tubuh.

Kandungan kafein dalam minuman juga dapat membuat tubuh memproduksi keringat lebih banyak dan ini jadi penyebab ketiak basah. Pasalnya kafein akan merangsang sistem saraf pusat untuk mengaktifkan kelenjar keringat.

Obat-obatan yang Dikonsumsi

Jangan kaget ketika tiba-tiba Anda berkeringat setelah mengonsumsi obat. Karena ada beberapa obat-obatan yang dapat merangsang produksi keringat. Misalnya obat-obatan untuk menurunkan tekanan darah, antidepresan, dan anti-inflamasi.

Stres

Kondisi psikologis tertentu seperti marah, ketakutan, malu, gelisah, dan stres emosional bisa membuat Anda lebih berkeringat yang menjadi penyebab ketiak basah. Ini disebabkan naiknya hormon kortisol dan meningkatkan kelenjar keringat untuk mengeluarkan cairannya.

Pakaian

Dengan menggunakan pakaian yang nyaman dan bahan yang sejuk dapat menghindarkan ketiak basah. Pakaian dengan bahan akrilik atau polister dapat jadi penyebab ketiak basah dan bau, karena bahan pakaian tersebut akan menghambat keringat untuk menguap.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemeriksaan Genomik Tumor Tentukan Terapi Kanker yang Optimal

Pemeriksaan DNA tumor bisa membantu menentukan opsi terapi pengobatan kanker bagi para pasien.

LIFESTYLE | 8 Desember 2022

Sejak Kamis, Ini Prosesi Pernikahan Kaesang dengan Erina

Sejumlah rangkaian acara menjelang acara akad nikah Kaesang yang bakal berlangsung Sabtu (10/12/2022) dengan mengikuti rangkaian tradisi pernikahan adat Jawa.

LIFESTYLE | 8 Desember 2022

Telkomsel MyAds Hadirkan Ragam Fitur Baru

Telkomsel MyAds adalah layanan beriklan yang memudahkan pengiklan menyasar audiens yang tepat agar usaha lebih berkembang, lebih dikenal, dan lebih dipercaya.

LIFESTYLE | 8 Desember 2022

Film Dokumenter Sengal Kisahkan Korban Terdampak Polusi Udara

Film Sengal diproduksi dalam rangka memberikan edukasi akan bahaya polusi udara yang masih banyak belum disadari secara baik oleh masyarakat.

LIFESTYLE | 7 Desember 2022

Promotor Pastikan Konser Blackpink Tetap Digelar di GBK

Konser Blackpink bertajuk "Blackpink World Tour (Born Pink) Jakarta" tetap digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, 11 dan 12 Maret 2023.

LIFESTYLE | 7 Desember 2022

ESQACosmetics Luncurkan Kosmetik Bertema Barbie

Mengangkat tema Strong Girls Make Waves, ini adalah kolaborasi kosmetik pertama di Indonesia yang mengangkat boneka ikonik Barbie di kemasannya. 

LIFESTYLE | 7 Desember 2022

Ultah Anak, Raffi dan Nagita Bagi-bagi Hadiah di Cipung Day

Pasangan artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina membuat heboh dengan membagi-bagi hadiah di Cipung Day.

LIFESTYLE | 6 Desember 2022

Manggung Malam Tahun Baru, Titi DJ Mengaku Dibayar Fantastis

Diva pop Indonesia, Titi Dwi Jayanti atau yang akrab disapa Titi DJ mengaku senang bisa kembali tampil pada perayaan malam tahun baru menuju 2023

LIFESTYLE | 6 Desember 2022

Horizon Line, Perkara Hidup Mati di Angkasa

Setelah pilot meninggal mendadak, yang tersisa hanya ketegangan menuju maut. Perkara hidup mati penumpang pesawat itu menjadi cerita inti film Horizon Line.

LIFESTYLE | 6 Desember 2022

Jelang Pernikahannya, Kaesang Ungkap Pesan Jokowi dan Iriana

Kaesang Pangarep mengungkap pesan kedua orang tuanya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Jokowi. Pernikahan Kaesang akan digelar akhir pekan ini.

LIFESTYLE | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Aktivitas Gunung Anak Krakatau Relatif Normal Meski Keluarkan Asap

Aktivitas Gunung Anak Krakatau Relatif Normal Meski Keluarkan Asap

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE