Logo BeritaSatu

6 Penyebab Ketiak Basah yang Harus Anda Ketahui

Rabu, 28 September 2022 | 13:45 WIB
Oleh : Aditya Pratama / ADP

Jakarta, Beritasatu.com - Berkeringat merupakan respons alami untuk menjaga suhu tubuh tetap terkendali dan membuat tetap sejuk. Keringat berlebih tersebut bisa menjadi sumber penyebab ketiak basah.

Meskipun pada umumnya tidak berbahaya namun ketiak basah dapat menggangu kenyamanan dan kepercayaan diri. Apalagi saat Anda harus bertemu dengan orang banyak. Jadi sudah semestinya Anda menjaga ketiak tetap kering. Lalu apa penyebab ketiak basah? Berikut penjelasannya.

Advertisement

Hiperhidrosis

Hiperhidrosis adalah kondisi di mana kelenjar keringat terlalu aktif. Meskipun tidak melakukan aktivitas gerak, pengidap hiperhidrosis akan mengeluarkan keringat berlebih. Kondisi hiperhidrosis tidak bisa dipastikan penyebabnya, namun kondisi ini bisa disebabkan oleh faktor genetika.

Hiperhidrosis kerap dikatikan engan kondisi medis tertentu seperti penderita diabetes, asam urat atau orang yang obesitas.

Aktivitas Fisik Terlalu Berat

Dengan banyaknya melakukan aktivitas fisik tentunya menyebabkan produksi keringat berlebih, dan ini menjadi faktor penyebab ketiak basah. Jadi jika Anda ingin melakukan aktivitas fisik seperti olah raga sebaiknya menggunakan losion antikeringat untuk mencegah keringat berlebih.

Faktor Makanan

Makanan yang dikonsumsi dapat membuat keringat berlebih penyebab ketiak basah. misalnya, konsumsi makanan pedas akan meningkatkan suhu tubuh karena ada kandungan capsaicin pada cabai yang bersifat panas. Ketika kandungan capsaicin masuk ke dalam tubuh maka akan direspons dengan meningkatkan suhu tubuh.

Kandungan kafein dalam minuman juga dapat membuat tubuh memproduksi keringat lebih banyak dan ini jadi penyebab ketiak basah. Pasalnya kafein akan merangsang sistem saraf pusat untuk mengaktifkan kelenjar keringat.

Obat-obatan yang Dikonsumsi

Jangan kaget ketika tiba-tiba Anda berkeringat setelah mengonsumsi obat. Karena ada beberapa obat-obatan yang dapat merangsang produksi keringat. Misalnya obat-obatan untuk menurunkan tekanan darah, antidepresan, dan anti-inflamasi.

Stres

Kondisi psikologis tertentu seperti marah, ketakutan, malu, gelisah, dan stres emosional bisa membuat Anda lebih berkeringat yang menjadi penyebab ketiak basah. Ini disebabkan naiknya hormon kortisol dan meningkatkan kelenjar keringat untuk mengeluarkan cairannya.

Pakaian

Dengan menggunakan pakaian yang nyaman dan bahan yang sejuk dapat menghindarkan ketiak basah. Pakaian dengan bahan akrilik atau polister dapat jadi penyebab ketiak basah dan bau, karena bahan pakaian tersebut akan menghambat keringat untuk menguap.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Daftar Lengkap Pemenang Grammy Awards 2023

Ajang Grammy Awards 2023 yang digelar di Los Angeles memunculkan nama Beyonce yang meraih empat penghargaan.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Menang Grammy Awards 2023, Kim Petras Berterima Kasih ke Madonna

Duet musisi Sam Smith dan Kim Petras memenangkan Grammy Awards 2023 untuk kategori penampilan grup duo pop terbaik untuk lagu mereka Unholy.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Raih 4 Penghargaan, Beyonce Pecahkan Rekor Grammy Awards

Beyonce meraih empat penghargaan di ajang Grammy Awards 2023 di Los Angeles, Minggu (5/2/2023) malam, yang membuatnya menjadi penyanyi paling berprestasi.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Tujuh Film Nasional Ikut Festival di Prancis

Tujuh karya sinema pendek Indonesia secara membanggakan tercatat ikut serta pada ajang Clermont Ferrand International Short Film Festival 2023, di Paris, Prancis.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Liburan ke Jepang, Begini Keseruan Awkarin dengan Pacar Barunya

Liburan ke Jepang, Awkarin ditemani oleh kekasih barunya, Jonathan Alden yang merupakan jebolan koki Masterchef Indonesia.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Tujuh Dampak Buruk Akibat Terlalu Sering Keramas

Keramas terlalu sering akan berdampak buruk bagi rambut, bahkan sebaliknya mengurangi penggunaan shampo dapat sangat membantu rambut Anda.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Dibanderol Rp 980 Jutaan, Lexus Rilis Mobil Listrik

Lexus kembali mengeluarkan varian teranyarnya. Kali ini pabrikan asal Jepang tersebut menjajal peruntungan pada kendaraan listrik yang diberi nama RZ 450e Premium.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Dear Wisatawan, Ini Lho Spot Wisata Terbaru yang Ada di Ancol

Eko Nugroho merekomendasikan area terbaru yang ada di Taman Impian Jaya Ancol, yakni The Symphony of The Sea.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Keluhan Penonton Warnai Konser 30 Tahun Dewa 19 di JIS

Penonton konser 30 tahun Dewa 19 mengeluhkan buruknya akses transportasi, lokasi parkir JIS hingga akses trotoar yang dinilai tidak layak.

LIFESTYLE | 5 Februari 2023

Pesona Pulau Labengki, Miniatur Raja Ampat di Konawe Utara

Pesona Taman Wisata Teluk Lasolo atau lebih dikenal dengan nama Pulau Labengki, disebut-sebut memiliki kemiripan dengan Raja Ampat, Papua Barat.

LIFESTYLE | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dinkes DKI Temukan Dua Kasus Baru Gangguan Ginjal Akut

Dinkes DKI Temukan Dua Kasus Baru Gangguan Ginjal Akut

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE