Logo BeritaSatu

Penting buat Fresh Graduate Tingkatkan Skill Lewat Ruang Digital

Kamis, 29 September 2022 | 08:07 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Lulusan sarjana baru yang belum memiliki pengalaman kerja atau biasa disebut fresh graduate dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta setiap tahun terus mengalami peningkatan. Hal tersebut tidak diiringi dengan penambahan lapangan pekerjaan, sehingga menimbulkan kesenjangan antara tingkat kelulusan dengan lowongan pekerjaan yang tersedia.

Ruth Sitorus, influencer media sosial yang dikenal dengan akun “HRD Bacot” mengajak lulusan baru untuk memastikan kemana arah mereka ingin bekerja.

“Tanya ke diri sendiri apa yang ingin dicapai, sebenarnya hal ini harus dipikirkan sejak sebelum memasuki bangku kuliah agar terkesan tidak salah jurusan saat kuliah,” kata Ruth Sitorus dalam webinar tentang “Class for Fresh Graduate: How to Improve Your Digital Skill" yang digelar Kemenkominfo bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, Rabu (28/9/2022).

Lebih lanjut dia mengatakan banyak fresh graduate seakan kebingungan apa yang sebenarnya tujuan mereka setelah kuliah. Mereka belum mengetahui mau berkarier dimana. “Kebanyakan fresh graduate kebingungan mau bekerja atau memulai karier dimana, karena tidak memikirkannya sejak awal,” katanya.

Lebih lanjut pegiat Wirausaha Sosial Nur Rina Maskayanti mengajak fresh graduate untuk memanfaatkan ruang digital untuk meningkatkan skill. “Kembangkan skill diri melalui online courses yang saat ini mudah ditemukan di media digital. Perkembangan teknologi yang semakin cepat dan masif harus kita iringi dengan peningkatan skill juga”, jelasnya.

“Banyak jenis online course yang bisa kita ambil untuk meningkatkan kemampuan kita, ada yang gratis, ada yang berbentuk beasiswa dan ada juga yang berbayar. Perbanyak ikut kursus sesuai dengan bidang yang kita inginkan untuk meningkatkan kemampuan agar bisa dipergunakan di dunia kerja nanti," jelas Nur Rina.

Menutup materinya Rina mengatakan banyak kesempatan kerja yang ditawarkan melalui kursus yang diadakan. “Ikuti kursus online dengan sebaik mungkin, biasanya banyak lowongan pekerjaan yang ditawarkan di sana, jadi selain meningkatkan skill kita juga bisa mendapatkan pekerjaan,” tutupnya.

Aini Firdaus Relawan Teknologi Informasi Komunikasi (RTIK) Bekasi mengimbau kepada fresh graduate yang mencari pekerjaan untuk lebih berhati-hati. “Sebagai pengguna media digital kita harus berhati-hati terhadap scam, yaitu penipuan melalui telepon, SMS dan email. Apalagi untuk fresh graduate saat ini banyak lowongan pekerjaan palsu yang ditawarkan di media digital," jelasnya.

Aini mengajak fresh graduate untuk lebih waspada dalam mencari pekerjaan di media digital. “Ada beberapa ciri dari lowongan pekerjaan palsu seperti lokasi interview yang berbeda dengan alamat perusahaan, gaji yang tidak masuk akal, tidak menggunakan email perusahaan dan meminta sejumlah uang. Jika menemukan lowongan pekerjaan seperti itu, lebih hati-hati lagi agar kita tidak tertipu,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kaesang Pangarep Akan Jalani Tradisi Siraman dan Nyantri

Kaesang Pangarep akan menjalani tradisi siraman dan nyantri jelang pernikahannya dengan Erina Gudono, pada minggu depan.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Cegah infeksi, Asosiasi Dokter Khitan Ajak Anak Peduli Kesehatan

Asosiasi Dokter Khitan Indonesia (Asdoki) mengajak anak-anak Indonesia peduli akan kesehatan sejak dini.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Ujung Ujungnya Dangdut Tampilkan Govinda, Wandra dan Syahiba

Program musik "Ujung Ujungnya Dangdut" kembali tayang di BTV, hari ini, Sabtu (2/12/2022).

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Komedi Indekos "Satu Kosan Pengen Viral" Tayang di BTV

Saksikan malam ini, Sabtu (2/12/2022) komedi series berjudul Indekos episode "Satu Kosan Pengen Viral" yang tayang di BTV setiap hari Sabtu pada jam 9 malam.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Waspada, Mata Kering Bisa Sebabkan Penglihatan Berkurang

Kondisi mata kering memiliki dampak signifikan yang menyebabkan berkurangnya penglihatan seseorang.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

CLBK Cak Lontong Bakal Blak-blakan Bareng Pinkan Mambo

Program berjudul Cak Lontong Blak Blakan alias CLBK akan mengundang bintang tamu Pinkan Mambo.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Blackpink Rilis Reality Show "Born Pink Memories"

Blackpink secara mengejutkan merilis klip pendek reality show berjudul BPM, singkatan dari Born Pink Memories.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Kesedihan pada Ibu Hamil Berpotensi Picu Persalinan Prematur

Kesedihan pada ibu hamil berpotensi memicu persalinan prematur. Walau hormon berperan besar, kesedihan pada ibu hamil tidak boleh dibiarkan berlarut-larut.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Berperan Jadi Putri Solo, Marsha Aruan Alami Tantangan Berat

Artis Marsha Aruan sukses memerankan tokoh Putri Solo dalam film terbarunya Nagih Janji Cinta yang diproduksi PIM Pictures.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Hina Maia dan Suruh Lesti Cerai, Pinkan Mambo Minta Maaf

Pinkan Mambo meminta maaf atas pernyataannya yang terkesan menghina rekan duetnya, Maia Estianty dan minta Lesti Kejora segera menceraikan Rizky Billar.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Top 5 News: Percepatan Vaksin Booster, Visi Yudo Margono hingga Tembok CIMB Finance Roboh

Top 5 News: Percepatan Vaksin Booster, Visi Yudo Margono hingga Tembok CIMB Finance Roboh

NEWS | 27 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE