Logo BeritaSatu

Penting buat Fresh Graduate Tingkatkan Skill Lewat Ruang Digital

Kamis, 29 September 2022 | 08:07 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Lulusan sarjana baru yang belum memiliki pengalaman kerja atau biasa disebut fresh graduate dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta setiap tahun terus mengalami peningkatan. Hal tersebut tidak diiringi dengan penambahan lapangan pekerjaan, sehingga menimbulkan kesenjangan antara tingkat kelulusan dengan lowongan pekerjaan yang tersedia.

Ruth Sitorus, influencer media sosial yang dikenal dengan akun “HRD Bacot” mengajak lulusan baru untuk memastikan kemana arah mereka ingin bekerja.

“Tanya ke diri sendiri apa yang ingin dicapai, sebenarnya hal ini harus dipikirkan sejak sebelum memasuki bangku kuliah agar terkesan tidak salah jurusan saat kuliah,” kata Ruth Sitorus dalam webinar tentang “Class for Fresh Graduate: How to Improve Your Digital Skill" yang digelar Kemenkominfo bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, Rabu (28/9/2022).

Lebih lanjut dia mengatakan banyak fresh graduate seakan kebingungan apa yang sebenarnya tujuan mereka setelah kuliah. Mereka belum mengetahui mau berkarier dimana. “Kebanyakan fresh graduate kebingungan mau bekerja atau memulai karier dimana, karena tidak memikirkannya sejak awal,” katanya.

Lebih lanjut pegiat Wirausaha Sosial Nur Rina Maskayanti mengajak fresh graduate untuk memanfaatkan ruang digital untuk meningkatkan skill. “Kembangkan skill diri melalui online courses yang saat ini mudah ditemukan di media digital. Perkembangan teknologi yang semakin cepat dan masif harus kita iringi dengan peningkatan skill juga”, jelasnya.

“Banyak jenis online course yang bisa kita ambil untuk meningkatkan kemampuan kita, ada yang gratis, ada yang berbentuk beasiswa dan ada juga yang berbayar. Perbanyak ikut kursus sesuai dengan bidang yang kita inginkan untuk meningkatkan kemampuan agar bisa dipergunakan di dunia kerja nanti," jelas Nur Rina.

Menutup materinya Rina mengatakan banyak kesempatan kerja yang ditawarkan melalui kursus yang diadakan. “Ikuti kursus online dengan sebaik mungkin, biasanya banyak lowongan pekerjaan yang ditawarkan di sana, jadi selain meningkatkan skill kita juga bisa mendapatkan pekerjaan,” tutupnya.

Aini Firdaus Relawan Teknologi Informasi Komunikasi (RTIK) Bekasi mengimbau kepada fresh graduate yang mencari pekerjaan untuk lebih berhati-hati. “Sebagai pengguna media digital kita harus berhati-hati terhadap scam, yaitu penipuan melalui telepon, SMS dan email. Apalagi untuk fresh graduate saat ini banyak lowongan pekerjaan palsu yang ditawarkan di media digital," jelasnya.

Aini mengajak fresh graduate untuk lebih waspada dalam mencari pekerjaan di media digital. “Ada beberapa ciri dari lowongan pekerjaan palsu seperti lokasi interview yang berbeda dengan alamat perusahaan, gaji yang tidak masuk akal, tidak menggunakan email perusahaan dan meminta sejumlah uang. Jika menemukan lowongan pekerjaan seperti itu, lebih hati-hati lagi agar kita tidak tertipu,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pameran USS 2022 Bakal Dimeriahkan The Hundreds hingga Hotsauce

Ajang pameran USS 2022 siap digelar di Hall A dan B Jakarta Convention Center (JCC), pada 9-11 Desember.

LIFESTYLE | 5 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Presiden Jokowi Tunjuk 2 Juru Bicara

Presiden Jokowi menunjuk dua juru bicara (jubir) dalam rangkaian pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

LIFESTYLE | 5 Desember 2022

Pernikahan Kaesang dan Erina, 7.500 Personel TNI-Polri Disiagakan

Sebanyak 7.500 personel gabungan TNI dan Polri disiagakan untuk pengamanan maksimal acara pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. 

LIFESTYLE | 5 Desember 2022

Penting, Ini yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gempa

BMKG meminta masyarakat agar dapat meningkatkan kewaspadaan saat gempa terjadi sekaligus memberikan tips saat terjadi gempa.

LIFESTYLE | 5 Desember 2022

Warganet Minta Diundang Pernikahan Kaesang, Begini Kata Calon Pengantin

Sejumlah warganet berharap untuk diundang ke pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang berlangsung pada akhir minggu ini.

LIFESTYLE | 5 Desember 2022

Wisata Kuliner Medan, Mie Balap yang Selalu Ramai

Cara membuatnya dengan memasak secara banyak dan cepat menjadikan kuliner Medan ini diberi nama mie balap.

LIFESTYLE | 5 Desember 2022

Siap Menikah, Kaesang Pangarep Latihan Ijab Kabul Selama 6 Bulan

Kaesang Pangarep mengaku telah siap melakukan ijab kabul karena sudah berlatih selama enam bulan.

LIFESTYLE | 5 Desember 2022

Puji Kaesang Pangarep, Erina Gudono: Dia Tampan dan Pemberani

Pujian ini disampaikan Erina karena Kaesang Pangarep berani meminta dirinya di hadapan orang tuanya untuk menjadi istrinya.

LIFESTYLE | 5 Desember 2022

Rizky Febian Bikin Heboh Stasiun MRT Hotel Indonesia

Rupanya Rizky Febian menggelar konser mini bertajuk Temukan Cantikmu #CantikGakAdaBatasan yang digelar produk kosmetik dan skincare Hanasui.

LIFESTYLE | 4 Desember 2022

Hadir di Jakarta, Bintang K-Pop Ong Seong Wu Dukung Pariwisata Korea

Ong Seong Wu senang bisa menyapa penggemarnya di Jakarta setelah terakhir menginjakkan kaki di tahun 2018 saat dirinya masih bersama Wanna One.

LIFESTYLE | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Spanyol Latihan 1.000 Penalti Sebelum Piala Dunia 2022

Spanyol Latihan 1.000 Penalti Sebelum Piala Dunia 2022

SEMESTA BOLA 2022 | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE