Logo BeritaSatu

Apa Itu KDRT? Lakukan Ini jika Anda Terjebak di Dalamnya

Kamis, 29 September 2022 | 20:55 WIB
Oleh : Claudia Ramadhani / CLA

Jakarta, Beritasatu.com - Setiap rumah tangga, pasti memiliki masalah, namun ada beberapa masalah yang termasuk salah satu tindak pidana, yakni kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT.

Apa itu KDRT? Melansir dari situs resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa, KDRT adalah pola perilaku kekerasan dalam hubungan apa pun, terutama hubungan suami-istri, untuk mendapatkan atau mempertahankan kekuasaan dan kendali penuh atas pasangan. KDRT dapat terjadi dalam banyak bentuk, termasuk pelecehan dan kekerasan emosional, seksual, dan fisik, atau bahkan sekadar ancaman pelecehan dan kekerasan.

Siapa pun bisa menjadi korban KDRT, namun perempuan paling sering menjadi korban KDRT. hubungan yang kasar selalu melibatkan ketidakseimbangan kekuasaan dan kontrol. Seorang pelaku KDRT menggunakan kata-kata dan perilaku yang mengintimidasi dan menyakitkan, demi bisa mengendalikan pasangannya secara penuh.

KDRT sering kali dimulai secara halus, dan memburuk seiring berjalannya waktu. KDRT juga biasanya terjadi berulang, meski pelaku sering meminta maaf usai melakukan kekerasan pada korban.

Mengutip dari Mayo Clinic, Anda mungkin mengalami KDRT, jika Anda menjalin hubungan dengan seseorang yang:

  • Menghina dan merendahkan Anda.
  • Mencegah atau melarang Anda pergi bekerja atau sekolah, atau hanya untuk bertemu dengan keluarga dan teman-teman.
  • Mencoba mengendalikan bagaimana Anda membelanjakan uang Anda, ke mana Anda pergi, pakaian yang Anda kenakan, atau bahkan obat apa yang Anda konsumsi.
  • Bersikap cemburu atau posesif yang berlebihan, dan kerap menuduh Anda tidak setia.
  • Sering meluapkan amarah, terutama saat berada di bawah pengaruh alkohol atau narkoba.
  • Sering mengancam dengan kekerasan atau senjata.
  • Memukul, menendang, mendorong, menampar, mencekik, membantung, atau melakukan bentuk kekerasan lainnya pada Anda, anak Anda, atau hewan peliharaan Anda.
  • Memaksa Anda untuk berhubungan seksual atau melakukan tindakan seksual tanpa persetujuan Anda.
  • Menyalahkan Anda atas perilaku kekerasan yang dilakukannya, atau memberi tahu bahwa Anda pantas mendapatkan tindak kekerasan tersebut.

Dampak KDRT pada keluarga
Pelaku KDRT bahkan tak segan melakukan kekerasan selama masa kehamilan. Padahal, kekerasan yang dilakukan di masa kehamilan bisa sangat berbahaya, baik untuk ibu hamil maupun janin dalam kandungannya. Dampak negatif dari kekerasan dalam rumah tangga ini bahkan bisa berlanjut hingga setelah bayi lahir.

KDRT juga bisa menimbulkan dampak negatif pada anak, bahkan jika anak tidak ikut disiksa dan hanya menyaksikan tindak kekerasan. Anak yang tumbuh dalam rumah yang penuh kekerasan cenderung memiliki masalah pada perilakunya. Bahkan saat anak tumbuh dewasa, ia juga bisa menjadi pelaku kekerasan atau menganggap kekerasan adalah bagian yang normal dalam suatu hubungan.

Kebanyakan korban KDRT tidak berani melaporkan kasus kekerasan yang dilakukan oleh pasangannya. Padahal semakin lama tidak dilaporkan, ini akan semakin membahayakan korban, anak korban, dan bahkan anggota keluarga lainnya. Mencari bantuan dan melaporkan tindak kekerasan dalam rumah tangga adalah cara terbaik untuk melindungi diri dan anggota keluarga lain.

Putuskan siklusnya
Umumnya, kekerasan dalam rumah tangga selalu terjadi dalam pola yang berulang, yakni:

  • Pelaku mengancam korban akan melakukan tindak kekerasan.
  • Pelaku melakukan tindak kekerasan dalam rumah tangga pada korban.
  • Pelaku meminta maaf, dan berjanji akan berubah. Pelaku bahkan sering memberikan hadiah sebagai bentuk permintaan maafnya telah melakukan kekerasan.
  • Siklus kembali berulang.

Semakin lama Anda memendam dan bertahan dalam hubungan yang penuh kekerasan, maka semakin parah dampak kekerasan pada fisik dan mental Anda. Anda mungkin akan mengalami depresi dan gangguan kecemasan, Anda bahkan mulai meragukan diri Anda sendiri, merasa diri tidak berdaya dan lemah.

Pelaku juga kerap memanipulasi korban, dengan mengatakan bahwa tidak akan ada yang membutuhkan atau mencintai korban selain si pelaku, sehingga korban akan merasa harga dirinya sangat jatuh dan menjadi rendah diri.

Korban bahkan akan mulai bertanya-tanya, apakah kekerasan yang ia dapatkan memang terjadi akibat kesalahannya. Saat sudah dalam kondisi ini, korban KDRT akan lebih sulit untuk melaporkan pelaku dan mencari bantuan.

Buat rencana untuk keamanan diri
Jika Anda atau mungkin orang terdekat Anda, terjebak dalam hubungan yang penuh kekerasan, maka pertimbangkan untuk mengambil tindakan ini:

  • Selalu simpan hotline lembaga atau organisasi perlindungan perempuan dan atur sebagai kontak darurat. Usahakan untuk melakukan panggilan pada waktu yang aman, misalnya saat pelaku tidak berada di rumah, atau saat Anda jauh dari pelaku.
  • Siapkan tas darurat yang berisi barang-barang yang Anda perlukan jika harus pergi dari rumah, seperti pakaian, kunci rumah, sejumlah uang, surat-surat berharga, dan resep obat rutin. Simpan tas darurat ini di tempat yang aman dan tidak diketahui oleh pelaku.
  • Tahu persis ke mana Anda akan pergi dan bagaimana Anda bisa sampai ke sana.

Sulit memang untuk bisa keluar dari jerat kekerasan dalam rumah tangga, terutama jika sebagai korban Anda sudah merasa sangat lemah.

Namun, penting untuk diingat, bahwa tak ada seorang pun yang berhak melakukan kekerasan pada diri Anda. Selalu ingat bahwa diri Anda berharga, dan Anda tidak pantas mendapat kekerasan dalam bentuk apa pun. Kumpulkan keberanian, dan keluarlah dari hubungan yang bermasalah, laporkan pelaku kekerasan, agar tidak ada lagi korban lain yang berjatuhan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pasren Asthana, Tempat Hangout Kece di Kemang, Jaksel

Urban Jakarta Komersial (UJK) mempersembahkan Pasren Asthana Kemang, berlokasi di Jalan Ampera Raya, Cilandak Timur, Jakarta Selatan.

LIFESTYLE | 26 November 2022

Hujan, Publik Soundrenaline Antusias Tonton Plain White T's

Grup band asal Amerika Plain White T's disambut hujan saat tampil di hari pertama Soundrenaline 2022 di Ancol, Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

LIFESTYLE | 26 November 2022

Hujan, Potret Ajak Penonton Soundrenaline 2022 Nostalgia

Grup band Potret sukses mengajak para penonton bernostalgia di ajang Soundrenaline 2022 meski hujan deras mengguyur kawasan Ancol.

LIFESTYLE | 26 November 2022

Akan Menikah, Ini Pandangan Kaesang Terhadap Erina Gudono

Bagi Kaesang Pangarep, Erina Gudono adalah sosok wanita yang sempurna, sehingga dirinya menetapkan pilihan kepada wakil DIY pada Puteri Indonesia 2022.

LIFESTYLE | 26 November 2022

Undangan Pernikahan Kaesang dan Erina Beredar Luas di Medsos

Pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono semakin menarik perhatian masyarakat setelah viral di media sosial.

LIFESTYLE | 26 November 2022

Pernikahan Kaesang dan Erina, Keluarga Jokowi Pesan 86 Beskap dan Jarik

Busana Jawi Suratman mendapat kepercayaan dari keluarga Presiden Jokowi untuk membuatkan busana untuk acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

LIFESTYLE | 26 November 2022

Adinda dan Agustin Akan Tarik Kereta Kencana Kaesang dan Erina

Kirab kereta kuda akan mewarnai pesta pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono pada 10 Desember 2022 mendatang.

LIFESTYLE | 26 November 2022

Kreasi Payung Batik Klaten Tembus Pasar Mancanegara

Proses pembuatan payung batik membutuhkan waktu dua hingga tiga hari, tergantung ukuran dan motif batik yang diinginkan konsumen.

LIFESTYLE | 26 November 2022

Untuk Gamers dan Kolektor NFT, Bukalapak Gelar Itemku Gamecon

Itemku menggelar acara Itemku Gamecon pada hari ini hingga besok 25-26 November 2022 di Senayan Park (Spark), Jakarta.

LIFESTYLE | 26 November 2022

Cara Cepat Deteksi Benjolan Abnormal Payudara ala Siloam Hospitals

Benjolan pada organ payudara sebenarnya dapat diketahui melalui sentuhan. Ada cara cepat untuk mendeteksi benjolan abnormal payudara.

LIFESTYLE | 25 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bisnis Kopi Rempah Milik Polisi di Blitar Tembus Mancanegara

Bisnis Kopi Rempah Milik Polisi di Blitar Tembus Mancanegara

NEWS | 25 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE