Logo BeritaSatu

Royal Canin Gandeng Zoetis Dukung Indonesia Bebas Rabies

Jumat, 30 September 2022 | 14:39 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Royal Canin Indonesia dan Zoetis Indonesia mendukung program pemerintah "Rabies: One Health, Zero Death" dengan menyumbangkan 10.000 dosis vaksin rabies milik Zoetis untuk 500 klinik hewan di seluruh tanah air sebagai bukti dukungan terhadap upaya pemerintah dalam mengatasi penyakit mematikan ini di Indonesia.

Saat ini, rabies masih menjadi masalah yang belum sepenuhnya terselesaikan di dunia, maupun di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), angka kematiannya juga tinggi, sekitar 100-156 kasus kematian per tahun. Secara statistik, penyumbang terbesar penularan rabies adalah melalui gigitan anjing.

Advertisement
Royal Canin Gandeng Zoetis Dukung Indonesia Bebas Rabies
Royal Canin mendukung puncak acara Peringatan Hari Rabies Sedunia / World Rabies Day (WRD) yang berlangsung di Bali, Kamis, 29 September 2022.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Zoetis Indonesia tahun 2021, terdapat 22,5 juta populasi anjing dan kucing berpemilik di Indonesia, namun hanya 3,93% hewan kesayangan yang divaksin. Kondisi ini jelas menunjukkan perlunya juga upaya bersama dari semua pihak, termasuk pemilik hewan peliharaan, untuk bahu-membahu menekan penyebaran penyakit rabies.

Presiden Direktur Royal Canin Indonesia, Ridarrahim Nirwandar, mengatakan, tren adopsi hewan peliharaan, terutama kucing dan anjing, di kalangan masyarakat Indonesia juga menjadi momentum untuk terus menyebarkan kesadaran tentang masalah rabies. Kita semua melihat perlunya bekerja sama untuk mengatasinya.

Mendukung Rabies: One Health, Zero Death, Royal Canin Indonesia telah mengadaptasi kampanye inisiasi global Take Your Pet to the Vet (Bawa Hewan Peliharaan Anda ke Dokter Hewan), yang disebut #AyokeDokterHewan dan #AyoVaksinasi untuk meningkatkan kesadaran tentang kesejahteraan kucing dan anjing.

"Kali ini kami bersama dengan Zoetis, menyelenggarakan serangkaian kegiatan yaitu webinar edukasi untuk pemilik hewan dan mendonasikan 10.000 dosis vaksin rabies milik Zoetis kepada 500 klinik hewan dalam menyambut Hari Rabies Sedunia, untuk membantu mendukung program pemerintah dalam meningkatkan upaya pencegahan dan pengendalian rabies di Indonesia," kata Ridarrahim Nirwandar, Jumat (30/9/2022).

Ridarrahim Nirwandar menjelaskan, berdasarkan riset internal Royal Canin Indonesia selama 2018-2022, diketahui bahwa setidaknya 76% (14 juta) pemilik hewan peliharaan tidak pernah membawa hewan peliharaannya ke klinik hewan dan 81% pemilik hewan peliharaan tidak memvaksinasi hewan peliharaan mereka sama sekali. Padahal, keberadaan hewan peliharaan di setiap rumah rata-rata terdapat dua hingga tiga hewan peliharaan.

“Sayangnya, dari hasil penelitian kami itu juga menunjukkan bahwa hanya tiga dari sepuluh pecinta hewan yang pernah mengunjungi dokter hewan dan masih ada pemilik hewan peliharaan yang memiliki pengetahuan terbatas untuk memberikan hewan peliharaan mereka vaksinasi rutin. Kami berharap partisipasi Royal Canin Indonesia dapat membantu pemerintah menekan penyebaran rabies di seluruh negeri," tandasnya.

General Manager Zoetis Indonesia, Ulrich E Ginting, menyebutkan, pihaknya juga berkomitmen untuk membantu hewan peliharaan untuk hidup lebih lama, lebih sehat melalui obat-obatan dan terapi yang inovatif, serta inisiatif keberlanjutan yang beragam.

Terlebih, rabies ditransmisikan ke manusia dan hampir selalu mematikan untuk manusia dan hewan. Virus yang menyebabkan rabies menyerang sistem syaraf dan otak mamalia.

"Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk melakukan berbagai kemungkinan untuk meminimalkan paparan penyakit dan mencegah hewan kesayangan kita terserang penyakit dengan vaksin yang terpercaya,” kata Ulrich.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Berencana Menikah Lagi, Dewi Perssik Ungkap Sudah Dilamar Pilot

Diakui Dewi Perssik, perkenalan dengan sang pilot baru intens dijalani usai dirinya berpisah dengan suaminya Angga Wijaya beberapa waktu lalu

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Keturunan Bangsawan Korea, Ini Fakta Menarik Lee Da In

Lee Da In mulai ramai diperbincangkan netizen. Hal tersebut menyusul pengumuman yang dibuat oleh Lee Seung Gi akan pernikahan mereka. 

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Padi Reborn Kagumi Antusiasme Penonton di The Royale Music Fest 2023

Padi Reborn menghipnotis penonton The Royale Krakatau Music Fest dengan lagu Sang Penghibur, Mahadewi, Begitu Indah, Kasih Tak Sampai, dan Sobat.

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Lee Seung Gi Siap Nikahi Lee Da In April 2023 Mendatang

Dalam postingannya di Instagram, Lee Seung Gi mengumumkan akan segera menikahi kekasihnya, Lee Da In dalam waktu dekat.

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Artis Pendatang Baru, Lee Ha Eum Gabung Starhaus Entertainment

Adik perempuan Jihyo TWICE, Lee Ha Eum telah resmi menandatangani kontrak dengan agensi Starhaus Entertainment.

LIFESTYLE | 8 Februari 2023

Lakukan Kekerasan, Roger Danuarta Laporkan Eks Pengasuh ke Polisi

Roger Danuarta dan Cut Meyriska geram dengan perbuatan yang dilakukan mantan baby sitter (pengasuh) anaknya yang tega melakukan kekerasan.

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Positif Kanker Payudara, Nunung: Saya Tetap Kerja!

Komedian Nunung mengaku masih menjalani aktivitas pekerjaannya meski kini dirinya divonis kanker payudara.

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Ungkap Hasil Biopsi, Nunung Positif Kanker Payudara Stadium Awal

Komedian Nunung mengungkapkan hasil diagnosa tim dokter melalui metode biopsi. Nunung menyebut positif kanker payudara meski dalam stadium awal.

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Gagal Boyong Piala di Grammy Awards 2023, Chris Brown Ngamuk

Chris Brown mendadak menjadi perbincangan usai dirinya diketahui mengamuk di sosial media usai gagal memboyong piala Grammy. 

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Dituding Pansos oleh Netizen, Bunga Zainal: Gak Perlu!

Bunga Zainal mendapat kritikan dari netizen usai menyentil salah seorang Youtuber yang dinilai terkena star syndrome.

LIFESTYLE | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Positif Kanker Payudara, Nunung: Saya Tetap Kerja!

Positif Kanker Payudara, Nunung: Saya Tetap Kerja!

LIFESTYLE | 58 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE