Logo BeritaSatu

Hari Batik Nasional 2022, PPI DKI Jakarta Gelar Parade 100 Perempuan Berkebaya

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:50 WIB
Oleh : Jeis Montesori / JEM

Jakarta, Beritasatu.com- UNESCO telah menetapkan batik Indonesia sebagai warisan budaya tak benda sejak 2 Oktober 2009. Hal ini menjadi bukti pengakuan dari dunia internasional terhadap budaya Indonesia.

Sementara Pemerintah Indonesia sudah menetapkan Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober. Penetapkan itu dilakukan oleh Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 33 tahun 2009 yang ditandatangani pada 17 November 2009.

"Pengukuhan tersebut selain membanggakan juga diharapkan dapat meningkatkan citra positif bangsa Indonesia di mata dunia. Selain itu, diharapkan pula batik dapat meningkatkan rasa cinta dan bangga masyarakat terhadap budaya Indonesia," ujar Ketua Perempuan Pemimpin Indonesia (PPI) DKI Jaya Liana Trisnawati di sela-sela Parade 100 Perempuan Berkebaya, di Mall Kota Kasablanka Jakarta, Sabtu, (1/10/2022).

Sementara Gubenur Distrik Lions Club International 307 A, Reiny Z Arifin menambahkan bahwa kegiatan Parade 100 Perempuan Berkebaya itu telah diinisiasi oleh organisasi Perempuan Pemimpin Indonesia (PPI) DKI Jakarta, Perkumpulan Perempuan Berkebaya Indonesia, Galang Kemajuan Ladies (GK Ladies), Persatuan Perempuan Peduli Pancasila, dan Kerukunan Keluarga Kawanua.

"Parade 100 Perempuan Berkebaya untuk memberikan berkontribusi dalam turut melestarikan, memelihara, serta melindungi batik Indonesia," kata Veve Safitri Sekjen GK Ladies.

Sementara itu, Ketua Umum Kerukunan Keluarga Kawanua Angelica Tengker berharap apa yang dilakukan bersama tersebut diharapkan dapat memberi kesadaran masyarakat agar bangga mengenakan batik dalam upaya melestarikan budaya Indonesia.

Angelica juga mendorong agar para pengrajin batik dan desainer untuk terus berkreasi semakin lebih kreatif untuk Indonesia yang semakin maju ke depan khususnya dalam pengembangan batik nasional.

Ketua Umum Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia Rahmi Hidayati mengatakan, melalui kegiatan Parade 100 Perempuan Berkebaya di Mall Kotakasablanka ini diharapan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua terhadap batik nasional.

"Parade 100 Perempuan Berkebaya ini diharapkan memberikan dukungan kepada para perajin dan desainer batik untuk terus bersemangat berkreasi dalam melestarikan batik Indonesia," kata Rahmi Hidayati.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ririn Ekawati Senang Campur Takut Main di Film Alena Anak Ratu Iblis

Meski sebenarnya takut, namun Ririn Ekawati mengaku tertarik memerankan tokoh Maya dalam film berjudul Alena Anak Ratu Iblis itu.

LIFESTYLE | 29 November 2022

Sandiaga Uno Minta Polemik Kebaya Tak Perlu Diperdebatkan

Menparekraf Sandiaga Uno menanggapi rencana Singapura, Malaysia, Thailand, dan Brunei mendaftarkan kebaya sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO. 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Rambah Industri Musik, Julia Robex Rilis Single Perdana

Setelah sebelumnya lebih dikenal sebagai artis seni peran, Julia Robex merambah dunia tarik suara, dengan merilis single Ain’t About You.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Nikita Mirzani Akan Jual Rumahnya Seharga 10 M, Bangkrut?

Nikita Mirzani dikabarkan ingin menjual rumahnya di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Warganet pun menduga Nikita Mirzani bangkrut. 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Bikin Kaget, Dokter Spesialis Jantung Bisa Pentaskan Orkestra

Pentas Maple Orkestra tampil mengejutkan pada Minggu (27/11/2022). Bukan dari sajiannya, tapi komposisi pemain yang merupakan dokter spesialis jantung 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Sang Anak Ultah, Nikita Mirzani Beri Kado Menonton Cristiano Ronaldo

Nikita Mirzani beri kado menonton Cristiano Ronaldo yang tampil dalam pertandingan Portugal vs Uruguay di Piala Dunia 2022 untuk anaknya yang ultah.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Sutradara Film Captain America Era 90-an Albert Pyun Tutup Usia

Albert Lyun tidak hanya mengerjakan Captain America versi 1990 (pra-Marvel), yang dibintangi oleh Matt Salinger sebagai pemeran utama, tetapi juga film Cyborg.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Danareksa Ingin Jadikan Lokananta sebagai Abbey Road-nya Indonesia

PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA), anggota holding BUMN lintas sektor Danareksa, tengah merevitalisasi studio rekaman Indonesia pertama, Lokananta.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Cukupi Kebutuhan Air Minum Agar Tubuh Bisa Berfungsi Optimal

Konsumsi air minum dalam setiap kesempatan setiap harinya untuk menghindari dehidrasi dan mencegah tubuh berjalan kurang optimal.

LIFESTYLE | 27 November 2022

Menghidupkan Kembali Lokananta, Titik Nol Musik Indonesia

Lokananta, studio rekaman pertama Indonesia, akan dibangkitkan kembali. Titik nol musik Indonesia ini akan direvitalisasi menjadi sentra kreativitas dan niaga.

LIFESTYLE | 27 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jelang Natal, Pemerintah Gelontorkan Beras Stabilkan Harga

Jelang Natal, Pemerintah Gelontorkan Beras Stabilkan Harga

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE