Logo BeritaSatu

PINTU Incubator Memasuki Tahapan Kerja Sama Internasional

Senin, 3 Oktober 2022 | 22:19 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- PINTU Incubator, program inkubasi Indonesia dan Perancis, hasil kolaborasi Jakarta Food and Fashion Festival (JF3), LAKON Indonesia dan Kedutaan Besar Prancis melalui Institut Francais d'Indonesie (IFI), segera mewujudkan kerja sama internasional, dengan membuka kesempatan bagi para kreatif muda Prancis ikut serta dalam program PINTU incubator di Jakarta. Diharapkan kegiatan ini menjadi sarana menyatukan anak muda dua negara berkolaborasi dan berbagi pengetahuan khususnya dalam industri mode.

Inisiator PINTU Incubator sekaligus Founder LAKON Indonesia Thresia Mareta mengatakan program inkubasi dua negara ini berlangsung pada Oktober-Desember 2022, melalui berbagai program mentoring dan masterclass intensif yang diberikan oleh brand fashion dari Prancis dan pakar Indonesia.

"Melalui program ini, para kreatif muda Prancis juga akan mendapatkan wawasan mengenai budaya, mengenal lebih dalam pengrajin, master seni dan produk-produk kerajinan UMKM Indonesia," kata dia dalam keterangan tertulisnya Senin (3/9/2022).

Dukungan terhadap program PINTU Incubator ini diberikan BDMMA PARIS, yaitu lembaga ​terkemuka profesi desain, mode, dan seni di Paris yang membantu brand dan kreatif muda tumbuh dan mengembangkan aktivitas bisnisnya. Setiap tahun, BDMMA memberikan bimbingan profesional kepada lebih 500 kreator, juga inkubator bagi 30 perusahaan di sektor desain, mode, dan kerajinan Prancis.

Dia mengatakan para kreatif muda Indonesia dapat belajar, menggali wawasan, dan keterampilan dari para pakar Prancis sejalan dengan tujuan PINTU Incubator, yaitu membawa brand-brand lokal Indonesia ke pasar internasional. Sementara kreatif muda Prancis akan mendapatkan pengetahuan mengenai ragam budaya Indonesia.

"Hal ini sesuai misi kami di LAKON Indonesia dan JF3, untuk melestarikan budaya serta ​​mengangkat citra, harkat dan martabat bangsa Indonesia dengan membawa industri mode berbasis budaya ke dunia internasional," kata Thresia Mareta.

PINTU Incubator telah melangsungkan program inkubasi tahap pertama sejak April hingga Agustus 2022, dengan kurasi tahap akhir di runway JF3 fashion show pada 3 September 2022. Setelah melalui 24 kelas bimbingan, oleh 26 pengajar/mentor yang terdiri dari pakar, dan praktisi yang sangat berkompeten, terpilih tiga brand yang berhasil lolos dan memasuki tahap berikutnya, yaitu Oemah Etnik, WGB, dan Tailor Moon. Kini, PINTU Incubator kembali menginkubasi brand-brand tersebut agar semakin matang dan siap untuk terjun ke pasar Internasional khususnya Prancis pada Maret 2023 mendatang.

PINTU Incubator saat ini akan memasuki penyelenggaraan kedua, atau PINTU Incubator 2.0. Berbagai dukungan, kesempatan, dan benefit akan diberikan bagi para partisipan di antaranya modal bisnis, selling space, hingga akses ke pasar internasional.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ultah Anak, Raffi dan Nagita Bagi-bagi Hadiah di Cipung Day

Pasangan artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina membuat heboh dengan membagi-bagi hadiah di Cipung Day.

LIFESTYLE | 6 Desember 2022

Manggung Malam Tahun Baru, Titi DJ Mengaku Dibayar Fantastis

Diva pop Indonesia, Titi Dwi Jayanti atau yang akrab disapa Titi DJ mengaku senang bisa kembali tampil pada perayaan malam tahun baru menuju 2023

LIFESTYLE | 6 Desember 2022

Horizon Line, Perkara Hidup Mati di Angkasa

Setelah pilot meninggal mendadak, yang tersisa hanya ketegangan menuju maut. Perkara hidup mati penumpang pesawat itu menjadi cerita inti film Horizon Line.

LIFESTYLE | 6 Desember 2022

Jelang Pernikahannya, Kaesang Ungkap Pesan Jokowi dan Iriana

Kaesang Pangarep mengungkap pesan kedua orang tuanya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Jokowi. Pernikahan Kaesang akan digelar akhir pekan ini.

LIFESTYLE | 6 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Benteng Vastenburg Dijadikan Kantong Parkir

Halaman Benteng Vastenburg akan menjadi salah satu kantong parkir kendaraan saat resepsi pernikahan Kaesang dan Erina.

LIFESTYLE | 6 Desember 2022

Sedang Dipingit, Kaesang Curhat Tak Sabar Nikahi Erina Gudono

Dipingit, Kaesang Pangarep mengaku sudah tidak sabar menanti hari paling berbahagia dalam hidupnya, yakni menikah dengan kekasihnya, Erina Gudono.

LIFESTYLE | 6 Desember 2022

Gibran Minta Tamu Undangan Pernikahan Kaesang Tidak Berikan Amplop

Gibran Rakabuming, menegaskan bahwa tamu undangan yang hadir di pernikahan Kaesang-Erina tidak perlu memberikan amplop.

LIFESTYLE | 6 Desember 2022

Pameran USS 2022 Bakal Dimeriahkan The Hundreds hingga Hotsauce

Ajang pameran USS 2022 siap digelar di Hall A dan B Jakarta Convention Center (JCC), pada 9-11 Desember.

LIFESTYLE | 5 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Presiden Jokowi Tunjuk 2 Juru Bicara

Presiden Jokowi menunjuk dua juru bicara (jubir) dalam rangkaian pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

LIFESTYLE | 5 Desember 2022

Pernikahan Kaesang dan Erina, 7.500 Personel TNI-Polri Disiagakan

Sebanyak 7.500 personel gabungan TNI dan Polri disiagakan untuk pengamanan maksimal acara pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. 

LIFESTYLE | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ultah Anak, Raffi dan Nagita Bagi-bagi Hadiah di Cipung Day

Ultah Anak, Raffi dan Nagita Bagi-bagi Hadiah di Cipung Day

LIFESTYLE | 14 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE