Logo BeritaSatu

Public Relations Dituntut Mengikuti Perkembangan Teknologi

Minggu, 9 Oktober 2022 | 11:56 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Perkembangan dunia digital juga memengaruhi dunia humas atau public relations (PR). Tugas utama PR konvensional dan PR digital tidak jauh berbeda karena yakni proses menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dalam event yang dibawakannya.

Hal utama yang membedakan PR Konvensional dulu dengan dunia digital saat ini hanyalah medianya saja. PR digital memiliki tugas menjaga citra positif dari event atau brand yang dibawakannya lewat media internet dan platform media sosial.

Advertisement

Pengurus Indonesian Association Public Administration (IAPA) Lina Miftahul Jannah menjelaskan public relations atau Humas adalah representasi dari suatu organisasi.

“Informasi penting suatu organisasi yang akan disampaikan ke publik berada di tangan humas. Dengan hadirnya media sosial mereka harus lebih memilah informasi yang disampaikan, tidak semua informasi harus disampaikan ke publik,” jelas Lina Miftahul Jannah dalam webinar tentang “Peluang Public Relations Dalam Dunia Kerja di Era Digital" yang digelar Kemenkominfo dan Gerakan Siberkreasi, Sabtu (8/10/2022).

Lina juga menjelaskan Humas memiliki peran penting dalam membangun imej dan dan reputasi suatu organisasi. ‘Humas di era digital diharuskan lebih kreatif dan inovatif dalam mempublikasikan suatu informasi. Media sosial menjadi strategi bagi humas untuk berkomunikasi karena dapat menjangkau banyak orang,” terang Lina.

Fasilitator nasional Kaizen Room Aulia Putri Juniarto mengatakan public relations saat ini harus mengikuti perkembangan teknologi agar tidak ketinggalan.

“Kemudahan penyebaran informasi saat ini seperti melalui media sosial harus bisa dimanfaatkan oleh public relations dan humas dalam menyampaikan suatu informasi dari lembaga yang mereka pegang,” katanya.

Transformasi digital memberikan berbagai manfaat bagi PR dan Humas perusahaan dalam melakukan pekerjaannya. “Media sosial akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja PR perusahaan, selain itu ketersediaan informasi dan data akan luas, selanjutnya bisa lebih memahami kebutuhan target market dan terakhir bisa memberikan kemudahan dalam menciptakan budaya inovasi serta kolaborasi,” tutur Aulia.

Konten Kreator Teuku Daffa mengatakan penggunaan media sosial sebagai sarana penyampaian informasi oleh PR memiliki banyak kelebihan. “Informasi yang disampaikan oleh PR dan humas di media sosial akan lebih cepat dan efisien waktu, kelebihan lainnya adalah praktis serta tidak memerlukan biaya yang banyak," terangnya.

Lebih lanjut Daffa mengatakan dibalik kelebihan penyampaian informasi lewat media sosial juga memiliki kekurangan. “PR dan Humas harus berhati-hati dalam penyampaian informasinya agar tidak menyebarkan informasi bohong serta tidak dapat mewakilkan emosi penggunanya. Selain itu harus berhati-hati karena banyaknya scammer dan hackers di media sosial,” jelas Daffa.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Lezatnya Olahan Daging Kambing Bakar Asap di Sukabumi

Bagi pencinta olahan daging kambing, di Kota Sukabumi Jawa Barat, ada salah satu kedai yang menyajikan olahan kambing berbeda dengan yang lain.

LIFESTYLE | 5 Februari 2023

Kejutkan Penggemar, Jeff Satur Nyanyikan 1000 Tahun Lamanya

Jeff Satur mengejutkan para penggemarnya di Indonesia dengan menyanyikan lagu milik Tulus berjudul 1000 Tahun Lamanya.

LIFESTYLE | 5 Februari 2023

Ahmad Dhani Sempat Hentikan Konser Dewa 19 di JIS, Ini Penyebabnya

Pentolan Dewa 19 Ahmad Dhani sempat menghentikan konser di JIS selama beberapa saat. Dia melihat sang ibu yang hadir di tengah kerumunan penonton.

LIFESTYLE | 5 Februari 2023

Pawai Liong Naga Sepanjang 208 M dari Sumatra Utara Pecahkan Rekor Muri dan Dunia

Musium Rekor Indonesia atau (MURI) mencatat rekor baru yakni Pawai Liong Naga terpanjang Di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (4/2/2023).

LIFESTYLE | 4 Februari 2023

Berinteraksi dengan Beruk Liar Jadi Wisata Favorit Masyarakat Saat Menuju ke IKN

Wisatawan bisa berinteraksi langsung dengan ratusan kawanan beruk liar yang merupakan salah satu satwa endemik hutan asli kalimantan.

LIFESTYLE | 4 Februari 2023

Tua dan Muda Ikut Bernostalgia dalam Konser Dewa 19

Dewa 19 menggelar konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 di JIS. Tak hanya yang muda, yang tua pun ikut bernostalgia dalam konser Dewa 19.

LIFESTYLE | 4 Februari 2023

Hemat Kuota, Ini Langkah Sederhana Unduh Video di Youtube

Saat menonton video di Youtube, sering kali kita berniat ingin mengunduhnya ke galeri. Dengan begitu dapat menghemat baterai. 

LIFESTYLE | 5 Februari 2023

Buka Konser Dewa 19, Mulan Jameela Bahas Selingkuh dan Puji Ahmad Dhani

Mulan Jameela menjadi pembuka pada konser Dewa 19 bertajuk Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

LIFESTYLE | 4 Februari 2023

Buka Konser Dewa 19, Mulan Jameela Bawakan 8 Lagu

Penyanyi Mulan Jameela menjadi pembuka pada konser Dewa 19 bertajuk Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya di Jakarta International Stadium (JIS).

LIFESTYLE | 4 Februari 2023

20 Petani Argentina Ciptakan Potret Messi di Ladang Jagung

Lebih dari 20 penggemar berat legenda sepak bola Messi yang berprofesi sebagai petani di Argentina, menciptakan potret wajah pesepakbola itu.

LIFESTYLE | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Oknum Pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang Oplos Beras Pemerintah

Oknum Pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang Oplos Beras Pemerintah

NEWS | 13 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE