Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Perlunya Literasi Digital untuk Hasilkan Konten Positif

Kamis, 20 Oktober 2022 | 16:20 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH
Webinar “Kreasi Konten Positif di Era Digital" yang digelar Kemenkominfo dan Gerakan Siberkreasi, Kamis, 20 Oktober 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Platform digital saat ini menjadi tempat favorit bagi pengguna dalam berkreativitas dan menyalurkan bakatnya berupa konten berupa teks, video dan audio video.

Konten positif yang dibagikan di media sosial menjadi patokan dalam membangun personal branding penggunanya. Semakin bagus konten yang di upload dapat meningkatkan jumlah pengikut kita di media sosial.

Konten Kreator Phopira mengatakan di era digital saat ini setiap pengguna harus memiliki kemampuan literasi digital yang baik. “Kemampuan yang harus dimiliki di era digital adalah keterampilan dasar akan perangkat digital, komunikasi yang baik, dan kemampuan transaksi online. Selain itu harus memiliki kemampuan dalam menyelesaikan masalah dengan baik,” jelas Phopira dalam Webinar “Kreasi Konten Positif di Era Digital" yang digelar Kemenkominfo dan Gerakan Siberkreasi, Kamis (20/10/2022).

Musisi yang juga menjadi konten kreator ini mengatakan ada beberapa tips dalam meningkatkan kreatif dan kemampuan produktif di era digital.

“Hal pertama yang harus dilakukan adalah terus mengasah kreativitas dalam mengeksplorasi dan berinovasi. Selanjutnya ubah lingkungan sekitar dengan bergabung bersama orang-orang dengan minat yang sama. Hal selanjutnya yang dapat meningkatkan kreativitas adalah berani mengambil risiko dan menantang diri sendiri,” terangnya.

Digital trainee & Chief Operating Officer PT Cipta Manusia Indonesia Rizqika Alya Anwar mengatakan banyak hal yang dapat dilakukan di media sosial saat ini.

“Bukan hanya sebagai media interaksi dan aktualisasi, ternyata media sosial juga bisa berfungsi untuk menyajikan hiburan dan memberikan edukasi. Kita hanya perlu produksi konten dan upload ke media sosial agar tersebar ke audience yang relevan dengan jenis konten kita,” kata Rizki.

Ada beberapa jenis konten positif yang bisa kita produksi untuk menyalurkan kreativitas kita di media digital kata Rizqi. “Salah satu konten yang mudah kita produksi adalah konten hiburan, selanjutnya ada konten edukasi, serta konten inspirasi. Selanjutnya jika kita memiliki pengikut yang banyak di media digital, kita bisa memproduksi konten promosi produk,” jelasnya.

Konten Kreator yang juga CEO Guru Youtuber Dirgantara Wicaksono menjelaskan saat ini konten kreatif bisa dijadikan sebagai penunjang usaha online.

“Usaha online yang semakin berkembang memerlukan konten yang kreatif untuk promosinya. Promosi lewat konten media digital saat ini sangat diminati karena caranya dan tidak memerlukan biaya yang besar”, jelas Dirgantara.

Lebih lanjut ada berbagai jenis konten kreatif untuk dijadikan sebagai bahan promosi usaha di media digital. “Kita bisa mengenalkan produk dengan menjelaskan secara langsung melalui konten live streaming, selanjutnya bisa lewat konten reels, video review serta postingan foto yang rutin ditambah dengan penjelasan melalui caption yang menarik,” tutur narasumber yang biasa dipanggil Bombom ini.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI