Logo BeritaSatu

Seberapa Sering Anda Harus Cuci Rambut? Mau Tahu Pendapat Ahlinya

Sabtu, 5 November 2022 | 14:01 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

New York, Beritasatu.com - Sebuah laporan baru-baru ini tentang bahan kimia penyebab kanker yang terdeteksi di beberapa sampo kering (dry) mungkin membuat Anda memikirkan kembali rutinitas cuci rambut Anda.

Para ahli mengatakan tidak ada jawaban yang cocok untuk semua tentang seberapa sering Anda harus mencuci rambut, atau apa yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankannya di hari libur.

Advertisement

“Beberapa orang hanya berpikir bahwa mereka harus mencuci rambut setiap hari atau mereka akan mendapatkan rambut yang sangat berminyak,” kata Dr. Anthony Rossi, asisten dokter kulit di Memorial Sloan Kettering Cancer Center di New York City. Asosiasi Akademi Dermatologi Amerika.

“Jika mereka memberi diri mereka kesempatan, mereka mungkin melihat bahwa mereka sebenarnya tidak memiliki kulit kepala atau rambut berminyak itu. Dan di sisi lain, mereka mungkin tidak dapat mentolerir terlalu lama atau terlalu jarang karena mereka merasa kulit kepala mereka menjadi sangat berminyak.”

Seberapa sering Anda harus membersihkan rambut Anda tergantung pada beberapa faktor, termasuk jenis dan gaya rambut, seberapa berminyak kulit kepala Anda, dan tingkat aktivitas Anda.

"Ini semacam usaha pribadi," kata Rossi.

Terlalu sering keramas bisa membuat rambut kering dan kusam, sedangkan penumpukan minyak karena tidak cukup mencuci juga bisa menyebabkan bau dan ketombe. Inilah cara mengetahui apa yang cocok untuk Anda.

Kapan harus mencuci?

Rossi umumnya mengatakan kepada kliennya bahwa mereka harus mencuci rambut mereka sekali atau dua kali seminggu. Tetapi jika Anda pernah menjalani perawatan kimia yang dapat membuat rambut Anda lebih kering – seperti pemutih, pengeriting atau pelemas, Anda mungkin ingin mencucinya kurang dari sekali seminggu untuk menghindari rambut patah atau rapuh atau ujung bercabang, katanya.

Jika kulit kepala Anda sangat berminyak, Anda mungkin perlu mencucinya sesering sekali sehari, menurut situs web American Academy of Dermatology Association . Usia Anda juga bisa berperan.

“Selama masa pubertas kita mengalami lonjakan hormon ini, sehingga kelenjar minyak bisa membesar. Itulah alasan mengapa orang-orang mengalami jerawat remaja,” kata Rossi.

Anak-anak mungkin mengalami lebih banyak kulit kepala berminyak selama masa puber, jadi mencuci rambut lebih sering bisa membantu, tambahnya.

Kulit kepala kita menghasilkan lebih sedikit minyak seiring bertambahnya usia, menurut asosiasi tersebut.

Rambut Anda mungkin lebih rentan kering atau patah jika keriting atau bergelombang, kata asosiasi tersebut. Mencucinya terlalu sering dapat memperburuk ini, jadi rambut keriting yang tebal umumnya tidak perlu dicuci setiap hari atau bahkan setiap minggu, menurut asosiasi tersebut.

Tetapi Anda harus mencucinya setidaknya setiap dua hingga tiga minggu untuk menjaga kulit kepala dan rambut Anda tetap bersih dan sehat.

Apa yang harus dilakukan di sela-sela mencuci?

Perawatan rambut dan kulit kepala tidak hanya dilakukan saat mandi. Di sela-sela pencucian, Anda dapat melakukan hal-hal tertentu untuk menjaga kebersihan dan penampilannya, dan melindunginya dari bahaya.

“Saya pikir penting untuk menjaga kebersihan kulit kepala. Sama seperti kebersihan jenggot, Anda ingin merawat kulit yang ada di bawahnya,” kata Rossi. “Rawat dan sisir (rambutmu). Itu mengendurkan sel-sel kulit mati, puing-puing. Anda ingin membasahinya jika Anda bisa.

“Setidaknya memijat kulit kepala Anda akan sangat membantu untuk juga mengendurkan kotoran. Jadi tidak harus mencucinya dengan sampo sendiri, tapi menjaganya tetap bersih sangat membantu,” tambah Rossi.

“Anda juga dapat menggunakan hal-hal seperti kondisioner tanpa bilas atau lotion untuk kulit kepala yang membantu menyehatkan dan melembabkan kulit kepala.”

Jika Anda sering berkeringat karena berolahraga, Anda tidak perlu keramas setiap saat kecuali jika ada pertumbuhan bakteri yang berlebihan atau rambut atau kulit kepala Anda mulai berbau, kata Rossi. Anda dapat membilasnya dengan air jika Anda mau.

Kebanyakan sampo kering dianggap aman untuk rambut, tetapi jangan terlalu sering mengandalkannya, kata Rossi. “Jika Anda super berminyak, itu bagus dalam keadaan darurat. Tapi Anda ingin mencucinya. Anda tidak ingin membangun itu di kulit kepala juga. ”

Baca selanjutnya
Jika Anda melihat minyak berlebih di sekitar garis rambut Anda, Anda ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNN

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Fantastis! Lisa Blackpink Beli Hunian Mewah Seharga Rp 91 M

Lisa Blackpink kabarnya baru saja membeli hunian fantastis seharga 7,5 miliar won atau setara dengan Rp 91,3 miliar.

LIFESTYLE | 2 Februari 2023

Nikah di KUA Jadi Trending, Ini Lho Cara dan Biayanya

Nikah di KUA mendadak menjadi trending di beberapa sosial media seperti Twitter, TikTok dan Instagram.

LIFESTYLE | 2 Februari 2023

Nikita Mirzani Mau Bagi-Bagi Uang, Netizen: Gak Mau, Nanti Diminta Lagi!

Nikita Mirzani kembali membuat heboh di sosial media karena memposting ingin bagi-bagi uang. 

LIFESTYLE | 2 Februari 2023

Will Smith dan Martin Lawrence Siap Kembali di Bad Boy 4

Will Smith dan Martin Lawrence diketahui kembali menjadi duo detektif konyol favorit penggemar dalam film Bad Boy 4.

LIFESTYLE | 2 Februari 2023

Bolehkah Polisi Punya 2 Istri? Ini Aturan Lengkapnya

Kompol D memiliki selingkuhan atau beristri dua orang. Lalu sebenarnya apakah boleh polisi 2 istri atau lebih?

LIFESTYLE | 2 Februari 2023

SAS: Red Notice, Aksi Balas Dendam Tentara Bayaran Terhadap PM Inggris

SAS: Red Notice menceritakan tentang usaha penangkapan tentara bayaran bernama Grace Lewis (Ruby Rose) oleh pasukan khusus.

LIFESTYLE | 2 Februari 2023

Praktis, Ini Cara Cepat Membersihkan Cookies dari Komputer

Terdapat cara mudah dan cepat untuk membersihkan cookies atau kuki dari internet Anda dengan menggunakan Situs Your Online Choices dan Your AdChoices.

LIFESTYLE | 2 Februari 2023

Jadi Ibu Muda, Ini Rutinitas Gigi Hadid Setelah Punya Anak

Gigi Hadid baru-baru ini membeberkan rutinitas pagi bersama anak perempuanya yang diberi nama Khai. 

LIFESTYLE | 2 Februari 2023

Siap-siap! Titanic Versi Remastered Bakal Tayang Februari Ini

Titanic Remastered siap membawa penonton kembali bernostalgia setelah dikabarkan akan tayang pada Jumat (10/02/2023) mendatang.

LIFESTYLE | 2 Februari 2023

Lyto Buka Tahap Beta Test Game Luna Online: New World

Lyto mengumumkan game PC MMORPG terbaru Luna Online: New World akan memulai tahap beta test pada 8-23 Februari 2023.

LIFESTYLE | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Harga Bawang


# Koalisi Indonesia Bersatu


# Bunda Corla


# Serial Killer


# Penculikan Anak


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ada Format Baru, Ini Jadwal MotoGP 2023

Ada Format Baru, Ini Jadwal MotoGP 2023

SPORT | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE