Logo BeritaSatu

Ini yang Harus Dikuasai dalam Berkomunikasi di Era Digital

Senin, 7 November 2022 | 22:07 WIB
Oleh : CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Interaksi di ruang digital antar sesama pengguna dari berbagai daerah dan negara menggunakan berbagai platform media sosial dan media komunikasi menciptakan komunikasi antar budaya. Komunikasi antar budaya merupakan komunikasi yang terjadi antara orang-orang yang memiliki kebudayaan berbeda-beda, baik beda ras, etnik dan sosial ekonomi.

Konten Kreator, Teuku Daffa mengatakan ada beberapa hal yang harus dipahami dan dikuasai dalam berkomunikasi di era digital. “Hal pertama yang harus dilakukan adalah memanfaatkan teknologi komunikasi saat ini sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan, selanjutnya gunakan struktur dan tata bahasa yang baik dalam menulis. Hal ketiga adalah kuasai kemampuan menggunakan etika tidak tertulis dan simbol dan terakhir sampaikan pesan dengan baik, efektif dan efisien,” kata Daffa dalam webinar “Kesadaran Komunikasi Antarbudaya di Era Digital" yang digelar Kemenkominfo dan Gerakan Siberkreasi.

Advertisement

Selain itu ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan agar komunikasi digital kita berjalan dengan efektif. “Saat akan mengirim pesan atau tulisan di ruang digital kita harus memperhatikan dengan baik isi pesan yang disampaikan. Selanjutnya tetap mengedepankan kesantunan dan hargai privasi yang dimiliki oleh pengguna digital yang lain yang kita ajak berkomunikasi,” jelasnya.

Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur Rocky Prasetyo Jati mengatakan komunikasi era digital harus lebih memperhatikan komunitasintas budaya. “Masyarakat multikultural adalah masyarakat yang terdiri dari berbagai komunitas budaya beserta kelebihannya, dan adanya sedikit perbedaan dalam konsepsi tentang dunia, adat, kebiasaan, nilai, bentuk organisasi sosial, dan sejarah. Oleh karena itu kita harus mengedepankan etika agar tidak terjadi salah persepsi antar pengguna media digital,” ungkapnya.

Lebih lanjut Rocky mengajak pengguna ruang digital untuk meningkatkan kecakapan digital dalam komunikasi antarbudaya. Kita harus menciptakan ruang digital menjadi ruang interaksi yang majemuk, multikulturalisme dan demokratis. Oleh karena itu kita harus tetap menerapkan budaya Pancasila dan Bhineka tunggal Ika dalam berkomunikasi di ruang digital,” jelasnya.

CEO Guru Youtuber & Global Influencer School, Dirgantara Wicaksono mengajak pengguna media digital untuk lebih aktif melawan narasi negatif agar terciptanya komunikasi antarbudaya yang baik.

“Jangan mudah percaya dan lakukan pengecekan kembali akan kebenaran suatu informasi yang kita terima. saling toleransi terhadap perbedaan dan jangan mudah terprovokasi narasi pemecah belah bangsa dan mari tingkatkan sikap nasionalisme dengan mengamalkan nilai pancasila dalam menggunakan ruang digital,” ajaknya.

Selanjutnya dirgantara mengatakan penguatan literasi digital menjadi poin penting dalam melawan narasi negatif di ruang digital. “Literasi digital diartikan sebagai kemampuan untuk memahami dan menggunakan teknologi informasi. Dibutuhkan pemahaman mengenai aturan, etika, termasuk mengidentifikasi valid atau tidaknya suatu informasi agar dapat menangkal disintegrasi bangsa yang disebabkan oleh narasi-narasi negatif,” tutunya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Divonis Kanker Payudara Ganas, Nunung: Saya Pasrah

Nunung tiba-tiba saja membagikan kabar bahwa dirinya kini tengah mengidap penyakit kanker payudara ganas.

LIFESTYLE | 2 Februari 2023

Ternyata PNS Boleh Poligami atau Beristri 2, Ini Syaratnya

Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa punya istri 2 atau lebih, yang biasa dikenal dengan nama poligami asal memenuhi syarat sesuai di PP No 45 tahun 1990.

LIFESTYLE | 2 Februari 2023

Sindir Nikita Mirzani, Bunda Corla: Kalau Miskin Gak Usah Nyumbang Orang!

Perseteruan Bunda Corla dengan artis Nikita Mirzani belakangan memang tengah viral lantaran uang sumbangan.

LIFESTYLE | 2 Februari 2023

Ini Cara Mencegah Kanker Payudara Sedini Mungkin

Berdasarkan data Globocan tahun 2020, jumlah kanker baru di dunia paling banyak disumbangkan oleh kanker payudara sebanyak 2.261.415 dengan jumlah kematian ada 654.956 kasus.

LIFESTYLE | 2 Februari 2023

Ferry Irawan Sering Ancam Sebar Video Bugil Venna Melinda

Venna Melinda mengaku trauma dan ketakutan saat menikah dengan Ferry Irawan terkait KDRT yang menimpanya. 

LIFESTYLE | 2 Februari 2023

Bunda Corla Kembalikan Uang Nikita Mirzani, Netizen: Pantes Diem

Bunda Corla mengaku sudah mengembalikan uang sumbangan sebesar Rp 100 juta kepada Nikita Mirzani.

LIFESTYLE | 2 Februari 2023

Perjalanan Karier Efek Rumah Kaca, Band Indie Penyuara Isu Sosial

Efek Rumah Kaca (ERK) tentu tidak asing lagi di telinga pecinta musik tanah air, khususnya di kalangan musisi independen.

LIFESTYLE | 2 Februari 2023

Fantastis! Lisa Blackpink Beli Hunian Mewah Seharga Rp 91 M

Lisa Blackpink kabarnya baru saja membeli hunian fantastis seharga 7,5 miliar won atau setara dengan Rp 91,3 miliar.

LIFESTYLE | 2 Februari 2023

Nikah di KUA Jadi Trending, Ini Lho Cara dan Biayanya

Nikah di KUA mendadak menjadi trending di beberapa sosial media seperti Twitter, TikTok dan Instagram. Ini syarat, biaya, dan cara nikah di KUA

LIFESTYLE | 2 Februari 2023

Nikita Mirzani Mau Bagi-Bagi Uang, Netizen: Gak Mau, Nanti Diminta Lagi!

Nikita Mirzani kembali membuat heboh di sosial media karena memposting ingin bagi-bagi uang. 

LIFESTYLE | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Harga Bawang


# Koalisi Indonesia Bersatu


# Bunda Corla


# Serial Killer


# Penculikan Anak


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Didakwa Jual Sabu Hasil Sitaan, Teddy Minahasa Langsung Melawan

Didakwa Jual Sabu Hasil Sitaan, Teddy Minahasa Langsung Melawan

NEWS | 29 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE