Logo BeritaSatu

Ini Deretan Artis yang Memiliki Keturunan Darah Pahlawan Nasional

Kamis, 10 November 2022 | 11:15 WIB
Oleh : Chairul Fikri / WIR

Jakarta, Beritasatu.com - Sederet nama artis Indonesia ternyata memiliki keturunan darah Pahlawan Nasional yang memberikan jasa dan sumbangsih untuk bangsa ini. Peringatan Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November menjadi momen terpenting bagi bangsa Indonesia untuk kembali mengenang perjuangan, jasa dan pengorbanan para pahlawan yang berhasil membawa Bangsa Indonesia menuju kemerdekaan.

Hal tersebut yang juga dirasakan para selebriti Indonesia yang memiliki darah dan keturunan pahlawan Indonesia. Berikut dirangkum Beritasatu.com sejumlah publik figur yang memiliki garis keturunan dari pahlawan nasional yang kini memilih jalan lain dalam perjuangannya membaktikan hidupnya dengan berkiprah dalam bidang seni baik seni musik, seni peran dan sejumlah seni di Indonesia.

Advertisement

1. Dewi Yull
Nama Raden Adjeng Dewi Pudjijati atau yang dikenal dengan nama panggung Dewi Yull ternyata merupakan cucu dari Raden Mas Djokromono Tirto Adhi Soerjo, sosok penting di bidang pers dan tokoh kebangkitan nasional. Dirinya dilahirkan dari darah bangsawan Kasultanan Cirebon dan Melayu-Palembang.

Lahir di Cirebon, 11 Mei 1961, Dewi selama ini dikenal sebagai artis dan juga penyanyi serba bisa yang sudah malang melintang di industri hiburan sejak tahun 1977 saat pertama kali terjun ke industri hiburan. Perannya dalam serial Losmen (1986) membuat namanya melambung dan dikenal masyarakat luas sebagai seorang artis.

Bicara tentang kakek Dewi Yull, Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerjo merupakan tokoh yang sangat berjasa bagi dunia pers Indonesia. Soalnya, kakek buyut dari Dewi Yull ini menjadi orang pertama yang menerbitkan surat kabar berbahasa Indonesia pada 1907, yaitu Medan Prijaji. Namanya pun kini dikenang sebagai Bapak Pers Indonesia atas jasanya tersebut.

2. Maia Estianty
Sosok Maia Estianty atau yang akrab disapa Bunda Maia memang sudah familiar di hati para pecinta musik dan hiburan tanah air. Namun siapa sangka, wanita kelahiran Surabaya, 27 Januari 1976 itu merupakan Cicit dari pahlawan nasional H.O.S. Tjokroaminoto yang berhasil mendirikan Sarekat Dagang Islam bersama sahabatnya Samanhudi.

Untuk mengenang jasa HOS. Tjokroaminoto, Maia pernah ikut terlibat dalam film berjudul "Guru Bangsa : Tjokroaminoto" yang dirilis tahun 2015 silam. Dalam film yang disutradarai Garin Nugroho itu, Maia berperan sebagai Bu Mangoensoemo dan mantan istri musisi Ahmad Dhani itu juga ikut meriset perjalanan hidup kakek buyutnya itu sehingga bisa dijadikan sebuah film.

3. Asri Welas
Nama Asri Pramawati atau yang dikenal sebagai Asri Welas menjadi artis selanjutnya yang merupakan keturunan Pahlawan Nasional. Wanita kelahiran Jakarta, 7 Maret 1979 itu merupakan keturunan ketujuh dari pahlawan Nasional Pangeran Diponegoro.

Asri mengetahui merupakan keturunan dari Pangeran Diponegoro dari cerita neneknya yang di kediamannya terdapat pohon Jalar. Pohon tersebut ditanam di rumah neneknya itu sebagai pohon penanda mereka adalah keturunan Pangeran Diponegoro.

Pangeran Diponegoro sendiri dikenal sebagai pahlawan nasional yang berjasa dalam memimpin Perang Jawa atau Perang Diponegoro yang berlangsung pada 1825-1830 melawan Hindia Belanda. Pangeran Diponegoro dianugerahi gelar pahlawan nasional pada 1973.

4. Dian Sastrowardoyo
Diandra Paramitha Sastrowardoyo atau yang dikenal sebagai Dian Sastrowardoyo merupakan cucu dari tokoh perjuangan bangsa, Sunario Sastrowardoyo yang merupakan tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia dan pernah menjadi pengurus Perhimpunan Indonesia di Belanda.

Selain itu, kakek Dian Sastrowardoyo juga terlibat dalam kongres Pemuda 1928, dirinya juga salah satu tokoh yang berperan aktif dalam dua peristiwa yang menjadi tonggak sejarah nasional Manifesto 1925 dan Kongres Pemuda II. Dalam perjalanan karirnya pascakemerdekaan, Sunario pernah menjadi Menteri luar Negeri periode 1953-1955 dan berperan aktif dalam KTT Asia Afrika di Bandung tahun 1955. Selain itu, Sunario juga pernah menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Inggris periode 1956 - 1961.

Sementara Dian Sastrowardoyo yang menjadi cucu Sunario kini juga ikut berjuang di Industri hiburan tanah air dengan menjadi pemain film. Bahkan Dian Sastro sempat memerankan tokoh RA Kartini dalam film Kartini yang dirilis tahun 2017 lalu.

5. Karina Salim
Karina Eka Putri Salim atau yang lebih dikenal dengan Karina Salim menjadi selebriti tanah air yang memiliki hubungan kekerabatan dengan tokoh pergerakan Indonesia, H. Agus Salim.

Karina juga merupakan salah satu keponakan ahli ekonomi Indonesia, Prof. Dr. Emil Salim.

Di industri hiburan, wanita yang memulai karirnya sejak tahun 2010 lalu dengan membintangi beberapa judul film seperti Mantan Terindah, Salawaku, dan Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2.

H. Agus Salim yang dinobatkan sebagai Pahlawan nasional pada 27 Desember 1961 melalui Keppres Nomor. 657 tahun 1961 sendiri dikenal luas pernah tergabung dalam Sarekat Islam dan menjadi pemimpin kedua setelah HOS Tjokroaminoto. Agus salim juga pernah menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan sempat menjabat Menteri Luar Negeri di era Kabinet Sjahrir II dan III.

6. Jeje Soekarno
Muhammad Jihad Rahtomo Soekarnoputra atau yang terkenal dengan nama panggung Jeje Soekarno menjadi selebriti muda yang merupakan cucu dari Presiden Pertama Indonesia, Ir Soekarno.

Putra dari Hendra Rahtomo (Romy Soekarno) dan Donna Harun ini dikenal juga sebagai adik tiri aktor Ricky Harun. Jeje dikenal luas pertama sejak membintangi film Langit Biru pada tahun 2011 lalu.

Selain enam nama selebriti itu, ada pula nama Celine Evangelista yang merupakan dari H. Fadeli Luran, pendiri organisasi penampung aspirasi kelompok-kelompok Islam. Nama kakek Celine bahkan diabadikan sebagai nama jalan di Minasatene, Pangkajene, Biraeng, Sulawesi.

Selain itu ada pula nama Gusti Pangeran Haryo (GPH.) Paundrakarna Jiwo Suryonegoro lebih dikenal sebagai Paundrakarna yang merupakan cucu dari Presiden Soekarno dan merupakan putra dari Mangkunegara IX dan Sukmawati Soekarnoputri. Paudra sendiri dikenal lewat sinetron Saraswati dan main dalam sinetron Gita Cinta dari SMA yang merupakan sinetron yang remake dari film Gita Cinta dari SMA yang diperankan Rano Karno dan Yessy Gusman.

Kini Paundra mulai terjun ke dunia politik seperti kakeknya Soekarno dengan ikut tergabung dalam Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang dipimpin oleh tantenya, Megawati Soekarnoputri.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Siap Saksikan Konser 30 Tahun Dewa 19, Najwa Shihab: Baladewa Kumpul!

Konser Dewa 19 bertajuk Pesta Rakyat 30 Tahun siap digelar hari ini dan bertempat di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara

LIFESTYLE | 4 Februari 2023

Serunya Santai Sore di Wisata Jembatan Panjang Sambil Menyusuri Waduk Manggar

Bersantai sore sembari menikmati indahnya panorama alam yang mengelilingi Waduk Manggar, kini menjadi salah satu alternatif wisata favorit.

LIFESTYLE | 4 Februari 2023

Nikita Mirzani Dilaporkan ke Polisi Lagi, Kali Ini oleh Tengku Zanzabella

Nikita Mirzani kembali dilaporkan ke polisi. Kali ini, Nikita Mirzani dilaporkan Tengku Zanzabella ke Polda Metro Jaya atas dugaan pencemaran nama baik. 

LIFESTYLE | 4 Februari 2023

Catat Bunda! Ini Makanan Aman untuk Penderita Diabetes Anak

Diabetes saat ini tidak hanya menyerang orang dewasa saja, melainkan juga terjadi pada anak-anak.

LIFESTYLE | 4 Februari 2023

Jelang Konser Dewa 19, Begini Perjalanan Kariernya

Grup band Dewa 19 sudah tak asing lagi di telinga pecinta musik tanah air. Karya-karyanya bahkan akrab di telinga penggemar hingga saat ini. 

LIFESTYLE | 4 Februari 2023

Resmi Dibuka, ATF 2023 Jadi Etalase Promosi Budaya Nusantara

ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 resmi dibuka pada Jumat malam (3/2/23) di Candi Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta.

LIFESTYLE | 4 Februari 2023

Tak Hanya Rambut dan Kulit, Ini Lima Manfaat Lain Vitamin E

Tak hanya berguna bagi kulit dan rambut, ternyata Vitamin E juga menawarkan manfaat kesehatan bagi tubuh.

LIFESTYLE | 4 Februari 2023

Ada Raja K-Pop di Indekos BTV Sabtu Malam Ini

Buat kamu para K-popers wajib tonton Serial Komedi Indekos BTV kali ini.

LIFESTYLE | 4 Februari 2023

Menikmati Wisata Kuliner di Perbukitan Saung Munggaran Bukanagara

Suasana sejuk dan pemandangan yang indah akan didapatkan saat berwisata di wilayah Selatan Kabupaten Subang dengan berkunjung ke wisata di Saung Munggaran.

LIFESTYLE | 4 Februari 2023

Leo hingga Cancer, Deretan Zodiak yang Tak Percaya Cinta Pandangan Pertama

Beberapa zodiak percaya bahwa tidak ada yang namanya cinta tanpa syarat, mereka memilih bersikap realistis.

LIFESTYLE | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Persib Bandung Dapat Izin Polisi Jamu PSS di Stadion GBLA

Persib Bandung Dapat Izin Polisi Jamu PSS di Stadion GBLA

BOLA | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE