Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Influencer di Media Sosial Harus Bisa Dukung Digitalisasi Budaya

Senin, 14 November 2022 | 07:13 WIB
Oleh : CAH
Media sosial

Jakarta, Beritasatu.com - Tantangan budaya digital di Indonesia saat ini adalah mengaburnya wawasan kebangsaan, menipisnya sopan santun, serta menghilangnya budaya asli Indonesia dan digantikan budaya asing yang masuk secara perlahan. Tantangan tersebut dapat dihadapi dengan mendigitalkan budaya Indonesia.

Ini yang harus diperhatikan seorang influencer.

Ketua SubKomisi Media Baru Lembaga Sensor Film, Andi Muslim mengajak pengguna media sosial untuk menjadi influencer yang berbudaya.

”Jika kita ingin menjadi influencer kita harus tetap menjadikan nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika sebagai landasan kecakapan digital. Hal ini dapat diwujudkan dengan menjadikan nilai dasar negara dalam beraktivitas di ruang digital,” jelasnya.

Andi mengatakan influencer saat ini harus bisa mendukung digitalisasi budaya dengan produksi konten kebudayaan di sekitar kita.

“Mari kita dukung produk dalam negeri dengan mengutamakan dan bangga menggunakan produk lokal. Turut menjadi pelaku usaha serta mempromosikan produk dan kebudayaan lokal disekitar kita di platform media sosial yang kita gunakan,” katanya.

Lebih lanjut CEO Guru Youtuber & Global Influencer School, Dirgantara Wicaksono mengatakan sebelum menjadi seorang influencer dibutuhkan citra diri. “Self Image sangat dibutuhkan di ruang digital agar kita dikenal oleh penonton banyak. Karena itu mari membangun jati diri yang baik jika kita ingin dikenal dan disukai banyak orang,” terangnya.

Jika citra diri kita baik di ruang digital khususnya media sosial maka langkah kita untuk menjadi influencer akan mudah. “Menjadi influencer saat ini adalah impian banyak pengguna media sosial. Karena menjadi influencer saat ini bisa dikatakan sebuah profesi sehingga kita bisa memperoleh penghasilan di media sosial. Selain itu kita juga akan mudah dalam membangun koneksi yang luas dan bekerja sama dengan brand besar,” jelasnya.

Entrepreneur dan Content Creator Tika Ramlan mengatakan influencer adalah orang yang memiliki kelebihan dan pengaruh dalam mengajak penonton.

“Influencer yang memiliki banyak produk akan mudah dalam mengarahkan pengikutnya untuk mengikuti kegiatan mereka. Mereka juga bisa mengarahkan penonton mereka untuk membeli jika mereka menawarkan suatu produk,” jelas Tika.

Tika memberi saran kepada peserta yang ingin menjadi influencer untuk memulai berkarya dari sekarang. “Pokoknya pertama kali yang harus dilakukan adalah mulai aja dulu dengan niat dan tekad yang bulat. Kita tidak perlu harus punya alat yang bagus ataupun mahal, yang penting sungguh-sungguh dan konsisten dalam berkarya,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI