Logo BeritaSatu

Dukung Anak Prematur, Orang Tua Perlu Intervensi Nutrisi dan Stimulasi

Selasa, 15 November 2022 | 23:11 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Para orang tua perlu melakukan intervensi nutrisi dan stimulasi untuk mendukung anak prematur. Dengan kelahiran yang terjadi kurang dari 37 minggu, anak-anak itu harus dipantau pertumbuhan dan perkembangannya karena masuk dalam kategori high risk atau risiko tinggi.

“Dengan melakukan pemantauan secara rutin maka intervensi nutrisi juga dapat dilakukan optimal. Meski anak prematur lahir dengan berat badan yang tidak sama dengan anak lahir cukup bulan, bukan berarti targetnya kemudian adalah menjadikan anak itu gemuk. Bagaimana menjadikan anak lahir prematur yang berat awalnya 500 gram menjadi ideal ? Itu tugas dokter. Menaikkan berat badan anak prematur tidak perlu cepat-cepat karena tidak ada yang instan. Semua harus diupayakan dengan sungguh-sungguh,” kata Dokter Spesialis Anak Konsultan Neonatologi, Prof Rinawati Rohsiswatmo.

Advertisement

Dalam rangka World Prematurity Day (WPD) atau Hari Prematur Sedunia yang diperingati setiap tanggal 17 November, Prof Rinawati memaparkan kebutuhan anak prematur dalam webinar edukasi dengan topik “Peran Orang Tua untuk Dukung Anak Prematur Tumbuh Sehat dan Berprestasi” pada Selasa (15/11/2022).

“Semua anak butuh dipantau, terlebih bayi prematur. Mereka punya risiko serta tantangan yang lebih kompleks dibandingkan anak-anak yang lahir cukup bulan di awal kelahirannya,” tambahnya.

Prof. Rinawati menyebutkan secara kemampuan kognitif dan bahasa anak lahir prematur harus distimulasi agar mampu mencerna informasi serta berkomunikasi dengan orang di sekitarnya. Ini nantinya akan memengaruhi keterampilan pra sekolah dan akademisnya.

“Inilah mengapa pertumbuhan anak perlu dimonitor dengan pengisian grafik pertumbuhan serta pemantauan aspek perkembangan. Perhatikan kesinambungannya. Jangan pernah banding-bandingkan dengan anak lain, karena ini unik dan hanya milik si anak itu sendiri,” ucapnya.

Ketika memasuki usia sekolah, yang tidak kalah penting untuk diperhatian menurut Prof. Rinawati adalah kesehatan metabolik anak. Karena sering kali menjelang usia remaja, muncul gejala pubertas terlalu dini karena gangguan hormon. Inilah salah satu alasan mengapa pemantauan anak-anak prematur harus dilakukan sesering mungkin dengan melibatkan berbagai macam dokter spesialis.

“Orang tua tidak boleh acuh, pemantauan anak yang lahir dalam kondisi high risk harus terus dilanjutkan, tidak hanya berhenti sampai perawatan selesai atau sampai usia 2 tahun saja. Pemantauan anak-anak, termasuk anak risiko tinggi seperti anak yang lahir prematur harus dilakukan bahkan sampai dia memasuki usia dewasa agar berkembang menjadi SDM yang unggul,” ujar Prof. Rinawati.

Arif Mujahidin, Corporate Communication Director Danone Indonesia mengatakan anak-anak prematur membutuhkan perhatian orang tua untuk membangun kepercayaan diri dan kemampuan sosialnya. Sejalan dengan Hari Prematur Sedunia, Danone mengajak semua pihak meningkatkan pemahaman mengenai peran orang tua dalam mendukung anak prematur.

“Adalah hak anak Indonesia untuk tumbuh berprestasi dan menjadi generasi maju, tidak terkecuali anak lahir prematur. Dan orangtua memiliki peran penting untuk mengontrol asupan nutrisi anak lahir prematur sejak dini sehingga kebiasaan makan bergizi seimbang akan membuat anak lahir prematur tumbuh optimal,” ujarnya.

Lebih jauh, Psikolog Anak dan Keluarga Irma Gustiana Andriani berharap agar orang tua yang anaknya lahir prematur tidak perlu khawatir. Mengutip Journal of America Medical Associaton atau JAMA, hampir semua anak prematur di semua kategori (moderate to late preterm, very preterm dan extremely preterm) dapat masuk sekolah tepat waktu, sama dengan anak normal lainnya, baik TK, sekolah dasar, maupun menengah. Bahkan banyak anak prematur yang memiliki bakat luar biasa yang tak disangka-sangka.

“Anak prematur adalah anak yang istimewa, mereka bisa tumbuh kembang optimal dan berprestasi,” tambahnya.

Peran orang tua dan lingkungan terdekat dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak lahir prematur menjadi anak yang berprestasi dibuktikan Desi Fatwa yang merupakan ibunda dari Benazir Shahnaz Alqori yang akrab disapa Shahnaz.

Menurut Desi, Shahnaz lahir dengan berat 529 gram dengan usia kelahiran 25 minggu. Kini Shahnaz sudah duduk di kelas 9 dan memiliki segudang prestasi mulai dari mengikuti balet selama delapan tahun hingga mengikuti National Science and Mathematics Olympic.

“Insya Allah tanggal 19 November nanti akan mewakili sekolah untuk tampil di Manila Ochestra atas undangan Kedutaaan Besar Indonesia untuk Filipina,” ucap Desi Fatwa.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Siap-siap! Titanic Versi Remastered Bakal Tayang Februari Ini

Titanic Remastered siap membawa penonton kembali bernostalgia setelah dikabarkan akan tayang pada Jumat (10/02/2023) mendatang.

LIFESTYLE | 2 Februari 2023

Lyto Buka Tahap Beta Test Game Luna Online: New World

Lyto mengumumkan game PC MMORPG terbaru Luna Online: New World akan memulai tahap beta test pada 8-23 Februari 2023.

LIFESTYLE | 2 Februari 2023

Idap Adenomyosis,Melaney Ricardo Jalani Operasi Angkat Rahim

Melaney Ricardo mengambil sebuah keputusan besar untuk melakukan operasi pengangkatan rahim.

LIFESTYLE | 2 Februari 2023

Hati-hati! Studi Sebut Antidepresan Bisa Sebabkan Superbug

Sebuah studi laboratorium menunjukkan bahwa antidepresan dapat mendorong bakteri menjadi superbug.

LIFESTYLE | 2 Februari 2023

Catat Nih! Lima Zodiak yang Makin Cuan di Februari 2023

Ramalan Zodiak Februari 2023 akan membawa keberuntungan bagi beberapa astrologi, salah satunya Sagitarius. 

LIFESTYLE | 2 Februari 2023

Pulang ke Jerman, Bunda Corla Jadi Pelayan Restoran Lagi

Pulang ke Jerman, Bunda Corla mengaku akan kembali menekuni pekerjaannya sebagai pelayan di gerai makanan cepat saji. 

LIFESTYLE | 1 Februari 2023

Berurai Air Mata, Ini Pesan Bunda Corla pada Anak-anaknya

Bunda Corla resmi kembali ke Jerman usai tiga minggu berada di Indonesia dengan serangkaian acara. 

LIFESTYLE | 1 Februari 2023

Deswita Maharani Jadi Brand Ambassador Busana Timur Tengah

Deswita Maharani mengaku senang bisa kembali ke dunia fashion yang sudah lama ditinggalkannya.

LIFESTYLE | 1 Februari 2023

SUV 4x4 Jadi Proyek Rahasia Terbaru Audi

Produsen mobil raksasa asal Jerman, Audi dikabarkan akan memproduksi mobil listrik SUV 4x4 mewah pada 2027 mendatang.

LIFESTYLE | 1 Februari 2023

Tamara Bleszynski Siap Berdamai dengan Ryszard

Tamara Bleszynski mengaku siap berdamai dengan orang yang mengaku saudara kandungnya itu dengan memberikan beberapa persyaratan.

LIFESTYLE | 1 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Penculikan Anak


# Biaya Haji 2023


# Istri Siri Kompol D


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DPR: Cegah Paham yang Berpotensi Munculkan Konflik Sosial

DPR: Cegah Paham yang Berpotensi Munculkan Konflik Sosial

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE