Dana CSR Harita Nickel Akan Dorong Ekonomi Masyarakat

Dana CSR Harita Nickel Akan Dorong Ekonomi Masyarakat
Anggota DPD RI asal Maluku Utara, Abdurahman Lahabato ( Foto: Istimewa / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Minggu, 16 Desember 2018 | 22:12 WIB

Halmahera Selatan - Anggota DPD RI dari Provinsi Maluku Utara, Abdurahman Lahabato mengapresiasi penyaluran dana Corporate Social Responsibility (CSR) oleh perusahaan tambang Harita Nickel.

Abdurahman mengharapkan agar CSR yang diberikan Harita Nickel, bisa dirasakan untuk meningkatkan kesejahteraan dan mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

"Memang, setiap perusahaan dilaporkan telah menyalurkan CSR adalah betul seperti perusahaan tambang Harita Nickel yang beroperasi di Pulau Obi dan tentunya bisa dirasakan dampaknya bagi pertumbuhan ekonomi," kata Abdurahman Lahabato, dalam keterangannya, Minggu (16/12).

Menurut Abdurahman, penyaluran dana CSR merupakan kewajiban perusahaan yang beroperasi di sekitar lingkar tambang dan tentu manfaatnya bisa terasa secara menyeluruh bagi masyarakat sekitarnya.

Sementara itu, Chief Deputy Head Exrel dan CSR Harita Nickel, Alexander Lieman mengatakan bahwa Harita Nickel telah melakukan berbagai kegiatan CSR seperti yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2017 tentang Perseroan Terbatas atau Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas.

Adapun sejumlah kegiatan CSR yang telah dilakukan Harita Nickel seperti mendirikan rumah ibadah baik masjid ataupun gereja, mendirikan ruang kelas untuk kegiatan belajar mengajar di SD Kawasi.

Harita Nickel juga telah melakukan kegiatan pemberdayaan holtikultura oleh warga di Desa Kawasi, menyediakan dokter serta sarana dan prasarana kesehatan bagi masyarakat sekitar dan sebagainya.

"Dalam merekrut tenaga kerja kami juga lebih mengutamakan pemuda di sekitar Obi dan Provinsi Maluku Utara. Sebelumnya kami juga pernah mengirim beberapa para pemuda di Desa Kawasi untuk mendapat pengetahuan dalam rangka transfer teknologi ke negera Tiongkok," kata Alex.

Alex menambahkan perusahaan juga pernah melakukan School Development Program dalam rangka pengentasan pendidikan. Bekerja sama dengan ProVisi Education, Harita Nickel melakukan pelatihan dan pendampingan intensif yang akan membentuk budaya positif sekolah.

"Semua program CSR yang kami lakukan ini demi untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar perusahaan serta untuk kesejahteraan baik di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan dan lainnya," kata Alex. 



Sumber: Suara Pembaruan