DPR Ingin BMKG Diberi Anggaran Besar

DPR Ingin BMKG Diberi Anggaran Besar
Kepala Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati memberi penjelasan kepada wartawan. ( Foto: Antara )
/ BW Kamis, 10 Januari 2019 | 10:08 WIB

Jakarta- Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyatakan siap membantu mendorong peningkatan anggaran Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"BMKG ini harus dikasih anggaran besar, saya mau bantu supaya lebih banyak anggarannya," kata Fahri Hamzah usai meninjau BMKG di Jakarta, Rabu (9/1).

Menurut dia, lembaga seperti BMKG harus mendapatkan anggaran yang besar untuk memperkuat sistem mitigasi karena wilayah Indonesia dikelilingi cincin api (ring of fire) dan berada di tiga lempeng sehingga rawan bencana gempa, erupsi gunung api dan lainnya.

Ia juga mengatakan, BMKG harus dikuatkan dan disolidkan serta bisa bersinergi dengan lembaga lain agar ke depan lebih dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, BMKG sudah melakukan sinergi dengan lembaga lainnya namun diakuinya memang harus lebih diperkuat.

"Kami berterima kasih sudah mendapatkan arahan dan dukungan, motivasi dari DPR, tentunya ini tinggal kerja keras," kata Dwikorita.

Ia mengatakan, BMKG sudah dalam proses melakukan penguatan termasuk teknologi untuk mitigasi.

"Saat ini pemerintah sudah menyiapkan alokasi, itu semua karena dana besar tidak mungkin bisa langsung dikasih. Ini sedang digodok," tambah dia.



Sumber: ANTARA