WNA Jadi Saksi di Sidang PTUN Medan

WNA Jadi Saksi di Sidang PTUN Medan
Ilustrasi sidang (Sumber: sulselsatu.com)
Feriawan Hidayat / FER Senin, 14 Januari 2019 | 21:36 WIB

Medan - Seorang Warga Negara Asing (WNA) diajukan sebagai saksi gugatan terhadap Gubernur Sumatera Utara (Sumut), dalam persidangan yang berlangsung di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Kota Medan, Senin (14/1). Sidang ini dipimpin hakim Jimmy Clause Pardede, dengan hakim anggota Efriandi dan Selfi Ruth Yaroodh.

WNA tersebut diketahui bernama Profesor Serge Wich, yang merupakan warga negara Belanda dan ahli primata internasional.

Penggugat menjadikannya sebagai saksi karena dinilai memiliki pengetahuan dan pernah melakukan penelitian tentang orangutan Tapanuli (Pongo Tapanuliensis) di Batangtoru, Tapanuli Selatan, Sumut.

Baca Juga: PLTA Batangtoru Kaji Kegempaan dengan Sangat Detail

Mengenakan batik warna cokelat, Serge Wich yang diketahui merupakan pengajar di Liverpool John Moores University, Inggris, menyampaikan beberapa pendapatnya tentang orangutan Tapanuli di Batangtoru.

Dirinya mengaku pernah meneliti di sana sekitar tahun 2001 hingga 2004, yang sekarang merupakan Areal Penggunaan Lain (APL).

Serge Wich menyatakan, kawasan di sekitar Cagar Alam Dolok Sibual-buali di Tapanuli Selatan ada sekitar 40 individu orangutan. Orangutan di sana, kata dia, mengandalkan pakan dari tumbuhan khas yang ada di sana.



Sumber: BeritaSatu.com