BMKG: Hari Ini Sejumlah Wilayah Indonesia Diguyur Hujan

BMKG: Hari Ini Sejumlah Wilayah Indonesia Diguyur Hujan
Ilustrasi Hujan ( Foto: Istimewa )
/ HS Senin, 28 Januari 2019 | 06:58 WIB

Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, hujan disertai petir akan terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia, Senin (28/1).

Berdasarkan informasi peringatan dini yang disampaikan BMKG dalam situs www.bmkg.go.id, hujan disertai petir diperkirakan terjadi di Aceh, Bali, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan.

Kemudian Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Lampung, Maluku, Maluku Utara, NTB, NTT, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara.

Beberapa wilayah tersebut juga akan dilanda angin kencang, serta kemungkinan kenaikan tinggi gelombang air laut di wilayah pesisir.
Dalam informasinya BMKG juga memperingatkan hujan disertai angin kencang dapat menyebabkan longsor dan banjir di beberapa wilayah.

Sebelumnya, BMKG juga mengimbau warga mewaspadai potensi hujan lebat disertai petir dan angin berkecepatan tinggi di Jabodetabeka, Minggu (27/1) siang hingga menjelang sore hari.

Laman resmi www.bmkg.go.id menginformasikan potensi cuaca buruk tersebut berpeluang terjadi mulai pukul 13.40 WIB hingga 15.40 WIB.

Wilayah yang diprediksikan hujan lebat disertai petir dan angin kencang yakni Bogor Barat, Tanahsareal, Rancabungur, Kemang, Tajurhalang, Bojonggede, Cibinong, Sukaraja, Ciampea, dan sekitarnya.

Cuaca buruk dapat meluas ke wilayah Dramaga, Ciomas, Bogor Utara, Bogor Tengah, Citeureup, Babakan Madang, Gunung Putri, Tapos, Cilodong, Cipayung Depok, Sawangan, Sukmajaya, dan Parung. Kemudian daerah Klapanunggal, Cileungsi, Bojongsari, Setu Bekasi, Bogor Timur, Bogor Selatan, Serang Baru, Pancoranmas, Beji, Ciseeng, dan sekitarnya.



Sumber: ANTARA