Polres Gianyar Amankan 13 Ekor Penyu Hijau

Polres Gianyar Amankan 13 Ekor Penyu Hijau
Ilustrasi anak penyu atau tukik (Antara/Nyoman Budhiana)
I Nyoman Mardika / FER Kamis, 14 Maret 2019 | 18:42 WIB

Gianyar, Beritasatu.com - Jajaran Polres Gianyar mengamankan 13 ekor penyu hijau di kawasan By Pass IB Mantra Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati, Rabu (13/3/2019) malam sekitar pukul 23.00 Wita.

Hingga Kamis (14/3/2019) sore, belum diketahui siapa sebenarnya yang bertanggung-jawab terkait penemuan penyu tersebut . Aparat kepolisian, masih terus melakukan penyelidikan.

Polisi sendiri menemukan satwa langka yang dilindungi tersebut setelah belasan penyu jenis celoniamydas ini ditemukan di dalam mobil Avanza DK 1472 QZ yang terparkir di pinggir jalan. Belum diketahui siapa pemilik mobil tersebut. Sementara belasan penyu ini langsung diamankan ke Mapolres Gianyar.

Dari pantauan di Mapolres Gianyar, sejumlah petugas BKSDA dan mahasiswa kedokteran hewan Universitas Udayana (Unud) melakukan perawatan erhadap belasan penyu tersebut. Perawatan itu dilakukan dengan memberi handuk basah pada tempurung atau karapas penyu. Semua penyu hijau tersebut ditemukan dalam kondisi terikat pada bagian piper atau sirip penyu.

"Penyu ini yang paling kecil diperkirakan usianya 30 tahun. Kalau yang besar bisa 50 tahun lebih," ucap Polhut KSDA Gianyar, Nyoman Yasa, saat ditemui di Mapolres.

Belasan penyu ini selanjutnya dibawa ke penangkaran penyu di Serangan. Sementara penyelidikan lebih lanjut dilakukan oleh jajaran Sat Reskrim Polres Gianyar. "Masih kita lidik pelaku yang membawa penyu ini," kata Kasat Reskrim Polres Gianyar AKP Deni Septiawan.



Sumber: Suara Pembaruan