Peringatan Hari Bumi

Sampah Plastik Hancurkan Ekosistem Biota Laut

Sampah Plastik Hancurkan Ekosistem Biota Laut
Pelajar dan anak-anak mengikuti kegiatan talk show 'Save The Ocean From Plastic Pollution" di Sea World Ancol dalam memperingati hari Bumi, Senin (22/4/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Carlos Roy Fajarta )
Carlos Roy Fajarta / FER Senin, 22 April 2019 | 15:39 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Upaya mengurangi sampah plastik yang tidak terkontrol dan mudah ditemukan di berbagai sungai maupun perairan kota besar di Indonesia menjadi topik utama dalam peringatan hari bumi yang diadakan di Sea World Ancol, Jakarta Utara, Senin (22/4/2019).

"Sampah plastik menjadi ancaman paling utama ekosistem laut apalagi wilayah Indonesia sebagian besar merupakan wilayah laut. Untuk itu kita mengundang para pelajar untuk mengetahui bahaya sampah plastik dan cara untuk mengurangi pemakaian plastik," ujar Manager Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Rika Lestari.

Rika menyebutkan, pemilihan tema 'Save The Ocean From Plastic Pollution' dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak lagi menggunakan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

"Dalam kegiatan ini juga diberikan informasi mengenai kegiatan yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan khususnya mengenai penggunaan plastik dan wadah alternatif pengganti plastik," tambah Rika.

Selain kegiatan talk show ada aksi Putri Selam Indonesia membentangkan spanduk Hari Bumi di dalam akuarium utama Sea World Ancol melibatkan Yayasan Putri Selam Indonesia dan Teens Go Green Indonesia (TGGI).

"Kami hadirkan Anavaliza Atmadja yaitu Putri Selam Indonesia 2019 dan Aliya Fadhilla sebagai Member TGGI yang juga seorang penyelam untuk membantu edukasi, pelestarian lingkungan dan konservasi kelautan," tandas Rika.



Sumber: Suara Pembaruan