Pesta Kesenian Bali 2019 Dipastikan Bebas Plastik

Pesta Kesenian Bali 2019 Dipastikan Bebas Plastik
Pesta Kesenian Bali 2016
I Nyoman Mardika / FER Selasa, 11 Juni 2019 | 20:24 WIB

Denpasar, Beritasatu.com - Peserta dari tujuh negara dipastikan ikut memeriahkan Pesta Kesenian Bali ke-41 yang berlangsung mulai 15 Juni hingga 13 Juli mendatang. Selain dimeriahkan duta kesenian asing dari Tiongkok, ada juga duta kesenian dari sejumlah negara lainnya, seperti Amerika Serikat (AS) Jepang, India, Korea, Rusia, dan Singapura.

Kepala UPT Taman Budaya Provinsi Bali, Made Suarja, menyampaikan, berbagai persiapan telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali untuk menyongsong pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) 2019 yang mengusung tema Bayu Pramana (Memuliakan Sumber Daya Angin).

'Pemasangan stan pameran yang dikoordinir oleh UPT Taman Budaya Provinsi Bali pun sudah rampung,” ujar Made Suarja, di Denpasar, Rabu (11/6/2019).

Terkait dekorasi, kata Made Suarja, pihaknya juga berkomitmen untuk tidak menggunakan bahan plastik. Hal ini sesuai dengan peraturan gubernur tentang pembatasan timbulan sampah plastik sekali pakai, sehingga bahan dekorasi akan menggunakan beberapa bahan alami.

"Kita mendekorasi hanya memakai prada dan bambu. Yang bernuansa plastik sudah tidak ada lagi sekarang," tanda Made Suarja.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, I Wayan Adnyana, menyatakan, dekorasi dan properti yang digunakan akan terbebas dari bahan plastik sekali pakai.

"Dalam pelaksanaan PKB tahun-tahun sebelumnya, tidak dipungkiri banyak dekorasi menggunakan styrofoam. Seperti panggung kehormatan, stan pameran, maupun dekorasi gayor gamelan yang dibuat berbahan styrofoam," kata Adnyana.

Adnyana mengakui, styrofoam merupakan bahan yang mudah dikreasi, diukir, ditoreh dan dipahat untuk membentuk ornamen serumit apapun.

"Namun, untuk Pesta Kesenian Bali tahun ini harus menggunakan bahan-bahan alami yang dibentuk sedemikian rupa seperti dari janur, daun enau, bambu, dan berbagai jenis bunga," ujar Adnyana.



Sumber: Suara Pembaruan