Megawati Akan Minta Jokowi Bikin World Horticultural Expo di Indonesia

Megawati Akan Minta Jokowi Bikin World Horticultural Expo di Indonesia
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri melihat Wold Multicultural Expo 2019 di Beijing, Senin (8/7/2019). ( Foto: Istimewa )
Markus Junianto Sihaloho / AMA Selasa, 9 Juli 2019 | 12:10 WIB

Beijing, Beritasatu.com - Di sela pelaksanaan World Peace Forum di Tsinghua University, Beijing, Senin (8/7/2019), Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri menyempatkan diri berkunjung ke Beijing World Horticultural Expo 2019.

Lokasinya berada dekat dengan salah satu titik Tembok Besar Tiongkok di distrik Yanqing, Beijing. Luas lahan lokasi expo adalah lebih dari 500 hektare. Mirip seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII), terdapat anjungan dari masing-masing 34 propinsi di China. Masing-masing anjungan menampilkan kekhasan budaya dan utamanya flora.

Selain anjungan dari Tiongkok, terdapat juga anjungan negara tertentu seperti Uzbekistan, Jepang, dan Kamboja. Juga menampilkan tanaman khas dari masing-masing negara.

Semuanya dikelilingi oleh pepohonan hijau dan ditata sedemikian rupa sehingga indah serta menyejukkan. Megawati bersama rombongan mendatangi tiga anjungan yang disebut paviliun. Setidak 75 menit dihabiskannya berjalan-jalan mengecek tanaman yang ada.

Megawati Soekarnoputri mengaku, apa yang dilakukan Tiongkok itu sangat impresif. Tanamannya begitu banyak dan dipelihara dengan sangat baik. Megawati pun ingin Indonesia memiliki hal yang sama. "Sebenarnya saya juga berpikir Indonesia bisa membuat seperti ini," kata Megawati, di Beijing, Selasa (9/7/2019).

Ketua Umum PDI Perjuangan itu melanjutkan, "Jadi nanti kalau saya mau ngomong dengan Presiden, agar bisa diberikan seperti ini. Karena rakyat perlu tempat seperti ini."

Megawati Soekarnoputri meyakini, Indonesia memiliki jauh lebih banyak jenis flora dan fauna dibanding Tiongkok. Selain sebagai tempat eksibisi, Megawati menilai taman besar seperti di Beijing itu akan berguna sebagai sarana pendidikan bagi anak dan kaum muda Indonesia.

Kata Megawati Soekarnoputri, membawa anak ke taman demikian sama saja membuat anak akan belajar secara langsung. "Jadi sebetulnya sangat mudah kalau kita mempunyai hal seperti ini. Tidak perlu berteori lagi. Dan juga, umpamanya, kalau tadi saya lihat ada tempat untuk menanam sayur–sayuran, itupun perlu diajarkan ke anak–anak. Itu sebuah pendidikan yang langsung," katanya.

Gelaran Beijing Agricultural Expo 2019 dilaksanakan selama 162 hari. Akan ada setidaknya 2500 agenda acara yang disiapkan selama pelaksanannya. Pemerintah Tiongkok sendiri menargetkan acara itu mampu menarik setidaknya 16 juta pengunjung dari dalam dan luar negeri.



Sumber: BeritaSatu.com