Agus Hermanto Ajak Negara ASEAN Pertahankan Temperatur Dunia

Agus Hermanto Ajak Negara ASEAN Pertahankan Temperatur Dunia
Agus Hermanto. ( Foto: Istimewa )
Anselmus Bata / RIX Selasa, 27 Agustus 2019 | 09:56 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua DPR Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Agus Hermanto mengajak negara-negara di ASEAN terutama yang tergabung dengan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) untuk mempertahankan perubahan iklim dengan terus membatasi temperatur dunia seusai dengan Paris Climate Conference (COP21).

"Kalau kita lihat, AIPA ini masih bermuara dari Sustainable Development Goals (SDGS) yang memang semua negara sepakat mempertahankan perubahan iklim menuju energi bersih," ungkap Agus seusai mengikuti pembukaan 40th General Assembly of AIPA di Bangkok, Senin (26/8/2019).

Menurut legislator dapil Jawa Tengah I ini, respons Indonesia atas perubahan iklim sudah tepat. Indonesia sudah menuju penggunaan energi bersih dan pelan-pelan meninggalkan sumber energi fosil. Indonesia terus meningkatkan penggunaan energi baru dan terbarukan.  

Agus juga menyoroti sampah di kawasan ASEAN yang mencemari laut. Sebelumnya Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha juga menyoroti masalah tersebut karena terkena dampak langsung pencemaran laut.

"Perdana menteri tadi mengimbau negara-negara ASEAN fokus mengatasi sampah maritim, karena dari sampah-sampah ini akan banyak menimbulkan ekses daripada perubahan iklim," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha mengatakan Thailand sebagai tuan rumah AIPA ingin mengatasi isu lingkungan hidup tersebut. Dalam KTT ke-34 ASEAN di Bangkok, para pemimpin negara setuju mengadopsi Deklarasi Bangkok untuk mengatasi sampah laut di kawasan Asia Tenggara.

"Kami menyadari bahwa negara anggota ASEAN harus mengambil langkah nyata dan bekerja sama mengatasi permasalahan sampah maritim. Ini menjadi keprihatinan kita bersama, mengurangi sampah plastik, sampah laut dan maritim menjadi kepentingan kita bersama," katanya.

Dia juga mengajak negara-negara ASEAN memperkuat kerja sama kawasan dalam melindungi lingkungan hidup dan berharap AIPA dapat menindaklanjuti deklarasi tersebut untuk kebaikan bersama.



Sumber: BeritaSatu.com