Asap Karhutla, Warga Pontianak Diimbau Kurangi Aktivitas di Luar Rumah

Asap Karhutla, Warga Pontianak Diimbau Kurangi Aktivitas di Luar Rumah
Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat saat membagikan masker kepada pengendara yang melintas di jalan raya. (Foto: Beritasatu TV)
Oktaviana Maria / ANA Selasa, 17 September 2019 | 15:58 WIB

Pontianak, Beritasatu.com - Kualitas udara di Kota Pontianak, Kalimantan Barat semakin memburuk akibat kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Saat ini kualitas udara sudah mecapai level yang sangat berbahaya.

Kadis Kesehatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat Harrison mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan memakai masker saat keluar rumah.

"Dari dinas kesehatan mengharapkan kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Kemudian kalau keluar rumah mereka juga harus pakai masker dan juga pola hidup yang sehat, makan sayur dan buah" ujar Harrison.

Harrison juga meminta masyarakat menutup ventilasi rumah menggunakan kain basah. Hal ini guna mencegah partikel dari asap masuk ke dalam rumah.

"Dengan situasi yang asap begini, di ventilasi itu di kasih kain yang dibasahi biar lembab supaya nanti asap itu partikel debu itu lengket di kain basah" pungkas Harrison.

Sementara itu, Dinkes Pemprov Kalbar juga melakukan sejumlah langkah untuk mengantisipasi masyarakat terkena infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), salah satunya membagikan ribuan masker bagi pengendara yang melintas di jalan raya.

Lihat Video:



Sumber: BeritaSatu TV