Kabut Asap di Medan Mulai Hilang

Kabut Asap di Medan Mulai Hilang
Jarak pandang pengendara mobil melalui jalan tol di Bandar Selamat Medan, secara berangsur mulai normal, Kamis (26/9/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Arnold Sianturi )
Arnold H Sianturi / FER Kamis, 26 September 2019 | 17:43 WIB

Medan, Beritasatu.com - Balai Besar Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan, kabut asap yang menyelimuti Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), sudah mulai menghilang.

"Kondisi kualitas udara di Medan dan Deli Serdang, sesuai pengukuran kualitas udara selama 24 jam sudah membaik," ujar Kepala BMKG Wilayah l Medan, Edison Kurniawan, Kamis (26/6/2019).

Baca Juga: Kabut Asap, Sejumlah Penerbangan di Kualanamu Dibatalkan

Edison mengatakan, kualitas udara di dua daerah itu semakin membaik setelah hujan turun selama beberapa hari. Hujan turun menyapu kabut asap yang belakangan dikeluhkan masyarakat.

"Ini juga akan terjadi di kabupaten maupun kota di Sumut, yang terpapar kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan. Untuk kualitas udara di Medan dengan konsentrasi partikulate PM 10," kata Edison.

Baca Juga: Pemerintah Gagal Atasi Asap

"Partikulasi kualitas udara itu dalam kategori sedang dan tidak berpengaruh buruk atas aktivitas masyarakat di luar rumah. Jarak pandang penerbangan pun sudah membaik," sebutnya.



Sumber: Suara Pembaruan