Jepang Serah Terimakan Instalasi Biogas dan Pupuk Cair di Wajo, Sulsel

Jepang Serah Terimakan Instalasi Biogas dan Pupuk Cair di Wajo, Sulsel
Kazuho Yoshida (kiri, keempat), perwakilan Institusi Penelitian & Pengembangan Masyarakat, beserta masyarakat setempat berfoto bersama setelah acara peresmian serah terima Pengadaan fasilitas untuk pembuatan biogas dan pupuk cair di Desa Nepo, Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (6/11/2019). ( Foto: Kedutaan Jepang / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 6 November 2019 | 19:45 WIB

Wajo, Beritasatu.com- Pemerintah Jepang melakukan acara serah terima bantuan instalasi pembuatan biogas dan pupuk cair di Desa Nepo, Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (6/11).

Acara serah terima ini dihadiri oleh Kazuho Yoshida, Sekretaris Kedua Kedutaan Besar Jepang di Indonesia sebagai wakil dari pihak Jepang, Hidayat Palaloi, Executive Director Institusi Penelitian & Pengembangan Masyarakat sebagai wakil dari pihak Indonesia.

Instalasi pembuatan biogas dan pupuk cair ini merupakan bantuan hibah Grassroots dari Pemerintah Jepang. Pengadaan tersebut dilaksanakan melalui proyek “The Project for Installation of Biogas Generators and Liquid Fertilizers around Lake Tempe, Wajo, South Sulawesi”.

Proyek bantuan hibah Jepang ini diberikan untuk keamanan manusia senilai Rp 776.000.000 (kurang lebih 5.962.000 yen). Proyek telah ditandatangani Pemerintah Jepang dan Institusi Penelitian & Pengembangan Masyarakat pada Maret 2018.

Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan lingkungan hidup masyarakat dengan mengumpulkan eceng gondok yang tumbuh terlalu banyak. Eceng gondok dapat menghambat penangkapan ikan di Danau Tempe yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Masyarakat dapat memanfaatkan eceng gondok tersebut sebagai pupuk cair untuk pertanian dan gas untuk rumah.

Sebagai hasil dari bantuan ini, 20 unit untuk biogas, 500 unit untuk pupuk cair, 3 mesin untuk penggiling eceng gondok, dan 3 kapal untuk mengumpulkan eceng gondok disediakan untuk Desa Nepo, Kecamatan Tanasitolo dan Kelurahan Laelo, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo.

Bantuan instalasi pembuatan biogas dan pupuk cair ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat serta berkembangnya perikanan dan pertanian di daerah tersebut.



Sumber: Suara Pembaruan