BMKG: Waspadai Potensi Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah

BMKG: Waspadai Potensi Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah
BMKG menyebutkan curah hujan di Jabodetabek dalam 24 jam terakhir masuk kategori ekstrem.
Ari Supriyanti Rikin / FER Senin, 13 Januari 2020 | 17:38 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, meski cuaca hujan di Jabodetabek cenderung menurun pada 11-12 Januari 2020, namun kewaspadaan potensi hujan lebat di sejumlah wilayah lain di Indonesia perlu ditingkatkan.

Baca Juga: TMC Mampu Kurangi Curah Hujan Jabodetabek

Sebelumnya, BMKG memprakirakan curah hujan dengan intensitas lebat berpotensi terjadi pada 9-10 Januari 2020 di Jabodetabek. Sedangkan pada 11 dan 12 Januari 2020 masih ada potensi hujan namun intensitasnya menurun.

Terkait apakah ada kontribusi TMC terhadap pengurangan curah hujan di Jabodetabek, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Fachri Radjab, mengatakan, BMKG melakukan pengamatan hujan di seluruh wilayah Indonesia, khusus untuk Jabodetabek pada 11 dan 12 Januari 2020 memang hujan yang turun hanya dalam kategori ringan-sedang.

"Terkait berapa pengurangan curah hujan karena operasi TMC, BMKG mengaku tidak melakukan analisis terkait hal itu. BMKG lanjutnya, hanya mencatat curah hujan yang turun," katanya di Jakarta, Senin (13/1).

Baca Juga: BPPT Pasang Empat CBT Baru di Halmahera

Sementara itu, untuk prakiraan cuaca 14-16 Januari 2020, BMKG memprediksi potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat dapat terjadi di Sumatera bagian barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua.



Sumber: Suara Pembaruan