Peduli Iklim, UBL Gelar Kompetisi Vlog Nasional

Peduli Iklim, UBL Gelar Kompetisi Vlog Nasional
Kasih Hanggoro, MBA selaku Ketua Pengurus Yayasan Budi Luhur Cakti (tengah) bersama Dr. Goenawan Brotosaputro, S.Kom, M.Sc(Deputi Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan/paling kanan) serta para aktivis lingkungan hidup yang menerima penghargaan dari Ketua Yayasan Budi Luhur Cakti ( Foto: istimewa )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Selasa, 11 Februari 2020 | 14:07 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (Himahi), FISIP, Universitas Budi Luhur melaksanakan kegiatan Kompetisi Vlog Nasional bertema Millenial Action for Sustainable Living, Rabu (12/2/2020) di Auditorium Grha Mahardika Bujana, Universitas Budi Luhur. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu respon mahasiswa hubungan internasional terhadap komitmen bersama untuk menghadapi salah satu isu global yang genting yaitu krisis iklim.

Diva Alya Maharani selaku Ketua Himahi mengutarakan bahwa perlombaan ini membantu menyadarkan generasi milenial akan pentingnya gaya hidup berkelanjutan, pola konsumsi dan produksi berkelanjutan yang merupakan hal paling mendasar untuk mengurangi emisi rumah kaca dan meningkatkan ketahanan terhadap dampak iklim yang tidak terhindarkan.

"Generasi milennial adalah generasi yang akan memperbaiki lingkungan di masa depan, maka dengan itu acara ini memanfaatkan peran elemen masyarakat secara khusus untuk pemuda," ujar Diva dalam keterangannya, Selasa (11/2/2020).

Indonesia sendiri menjadi salah satu dari 195 negara yang menandatangani Paris Agreement sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan respon global terhadap perubahan iklim. Kegiatan ini diharapkan sejalan dengan tujuan PBB yaitu untuk memperdayakan semua anggota masyarakat untuk terlibat dalam aksi iklim, melalui pendidikan, pelatihan, kesadaran dan partisipasi publik, dan kerjasama internasional dalam isu-isu ini. Kami meyakini bahwa tujuan yang kami harapkan tidak akan tercapai jika tidak melibatkan berbagai sektor masyarakat.

"Melalui kegiatan Vlog Competition kami mendapatkan sekitar 70 tim yang terdiri dari berbagai wilayah seperti Yogyakarta, Solo, Semarang, dan Jabodetabek serta 200 partisipan yang menghadiri kegiatan tersebut. Tidak hanya itu, pembicara yang ahli dibidangnya," lanjut Diva,

Adapun pembicara ahli yang hadir yaitu Eko Purnomowidi (aktivis lingkungan hidup) merupakan seorang senior advisor dari Koperasi Klasik Beans. Klasik Beans adalah salah satu kopi yang ramah lingkungan di Indonesia dimana Klasik Beans secara aktif mempromosikan ekosistem berkelanjutan lewat menanam sembari peduli terhadap lingkungan. Eko Purnomowidi dianugerahi Change Agent Award pada 14th Annual Rainforest Alliance Sustainable Coffee Breakfast di Atlanta, Amerika Serikat,
Wikan Anantabrata adalah Co-Creator dari YouTube channel Frame & Sentences. Wikan juga merupakan Co-Owner dari 400 Kaki Narrative Space.

Ratu Vashti Anissa (Miss Earth Indonesia 2018) mewakili Indonesia dalam Miss Eco International di Mesir tahun 2019 dan berhasil masuk dalam sepuluh besar. Pada kompetisi penilaian vlog, Francyne Harrigan (Acting Director UNIC), Wikan Anantabrata (co-creator of Framesentences), Naya Anindita (Film Director) sebagai juri yang menilai hasil pemenang. 



Sumber: BeritaSatu.com