DMC Dompet Dhuafa Tempatkan 4 Unit Bilik Disinfektan di Wisma Atlet

DMC Dompet Dhuafa Tempatkan 4 Unit Bilik Disinfektan di Wisma Atlet
Dompet Dhuafa mengirim Disinfection Chamber ke Wisma Atlet, RS Darurat Covid-19 ( Foto: ist )
Kunradus Aliandu / KUN Sabtu, 28 Maret 2020 | 13:51 WIB

Jakarta - Tim Respons DMC (Disaster Management Centre) Dompet Dhuafa mengerahkan truk jenis Unimog untuk mendistribusikan empat unit bilik disinfectan (Disinfection Chamber) ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran untuk diinstalasi di sana. Keempat unit body chamber itu diserahkan oleh DMC Dompet Dhuafa kepada Satgaskes Tower 3 RSD Wisma Atlet Kemayoran.

Selain dijadikan sebagai penampungan pasien, wisma atlet kemayoran menjadi tempat pemasangan 4 unit bilik sterilisasi yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa untuk mencegah penularan dari luar sekaligus untuk membantu para tenaga medis yang berjuang melawan Covid-19.

Selain itu, Dompet Dhuafa akan menempatkan 1000 bilik sterilisasi di berbagai ruang publik dan fasilitas umum di wilayah Jabodetabek guna menekan penularan virus korona. Dompet Dhuafa juga membuka pusat informasi atau Corona Center dengan layanan Call Center Siaga Dompet Dhuafa di nomor 08111 617 101.

“Alhamdulillah, hari ini (27/3) Dompet Dhuafa mengirim Disinfection Chamber ke Wisma Atlet RS Darurat Covid-19, atas permintaan langsung oleh Pangkogabwilhan 1 Laksdya Yudo Margono, Kasatgas Wisma Atlit Brigjend Dr Agung. Ini merupakan upaya kami untuk membantu meminimalisir penyebaran virus dengan pembersihan badan saat masuk ruang kerja,” ungkap dr Imam Rulyawan selaku Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa.

Dompet Dhuafa dalam aksi cekal (cegah tangkal) penyebaran virus korona (Covid-19) telah menerjunkan tim DMC DD yang dilengkapi alat pelindung diri (APD) lengkap. Statistik Layanan Dompet Dhuafa periode 16–27 Maret 2020, telah melakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan di berbagai area yaitu 68 fasilitas pendidikan, 52 perkantoran, 175 masjid, 21 gereja, 1 vihara, 2 panti asuhan, 7 fasilitas umum, 9 faskes/UKBM, seluruh statiun LRT, 7 pemukiman, 4 rumah makan, 52 kantor, 3 kawasan wisata, 6 bank, dan 2 rangkaian LRT.

Sementara untuk penempatan bilik disinfektan (Disinfection Chamber) sudah dialokasi berbagai tempat seperti 24 fasilitas kesehatan, 11 kantor, 4 fasilitas umum atau sosial dan 1 statiun MRT serta terdapat lebih 15.000 relawan Dompet Dhuafa dari beragam bidang untuk mencekal penyebaran virus korona (Covid-19).

“Dengan akses penjagaan ketat oleh para personel TNI dan Polri di masing-masing posko, RSD Wisma Atlet Kemayoran hanya dapat dikunjungi dengan suatu kepentingan tertentu. Area disana terbagi menjadi 3 (tiga) zona, yaitu hijau, kuning, dan merah. Sehingga dekontaminasi dengan upaya menghadirkan bilik steril disinfektan dan menggunakan alat pelindung diri adalah penting digunakan setiap pihak,”ungkap Mayor Kes Hadi Wahono.

Sedangkan dr. Tirta selaku super volunteer Dompet Dhuafa mendukung kegiatan yang dilakukan DMC DD. “Sejak merebaknya kasus penyebaran virus korona (Covid-19) ini, Dompet Dhuafa, saya dan Fathur melakukan sosialisasi baik melalui sosial media, tv dan lain-lain. Salut buat tim DMC DD yang tidak kenal lelah melakukan produksi bilik disinfektan (Disinefection Chamber) ini, hingga bisa mendistribusikan ke banyak rumah sakit di Jabodetabek,”kata dia.

Saat ini, Dompet Dhuafa nenyiagakan 30 unit ambulan, 8 rumah sakit, 21 klinik dan layanan kesehatan untuk melayani masyarakat, dan merujuk ke rumah sakit yang ditunjuk bila ditemukan indikasi Covid-19. Ada tiga rumah sakit Dompet Dhuafa yang disiapkan, salah satunya RS Rumah Sehat Terpadu (RS RST) Dompet Dhuafa di Parung, Bogor sebagai rujukan Dinas Kesehatan Bogor. Selain itu, ada RS Kartika Pulomas, Jakarta Timur yang menggelar sosialisasi kepada pasien. RS Kartika Pulomas juga menyiagakan ambulans dan tenaga medis untuk penanganan pasien Covid-19. Serta Dompet Dhuafa menyiapkan 21 klinik jaringan pelayanan medis. Di sana, tim DMC turut memberikan informasi dan meragakan terkait tata cara penggunaan, perawatan, juga informasi komposisi bahan cairan disinfectant pada Body Chamber kepada para personel dan petugas, juga segera mencoba men-steril-kan diri menggunakan Body Chamber tersebut.

“Kami akan terus melanjutkan pendistribusian Desinfection Chamber dengan target 1000 titik sebagai epicentrum penyebaran Covid-19. Diutamakan fasilitas umum seperti rumah sakit, terminal, stasiun, MRT, bandara, kantor pelayanan publik dan area publik lainnya,” papar Benny, Direktur DMC Dompet Dhuafa.



Sumber: PR