Google Doodle Tampilkan Subak, Apa Itu?

Google Doodle Tampilkan Subak, Apa Itu?
Subak dalam laman awal Google pada Senin (29/6/2020). (Foto: Google)
Winda Ayu Larasati / WIN Senin, 29 Juni 2020 | 17:59 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Tampilan mesin pencari Google doodle hari ini (29/6/2020) memperlihatkan ilustrasi Subak atau hamparan sawah nan hijau yang berundak bertuliskan ‘Google’ dengan seorang pria mengenakan masker dan caping yang tengah duduk di sebuah gubuk menghadap sawah.

Gambar Subak yang dibuat oleh ilustrator Indonesia Hana Augustine yang bertengger di halaman depan Google ini dalam rangka memperingati pengesahan Subak sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO pada tahun 2012 di Kota Saint Peterburg, Rusia.

Jika Anda mengklik gambar tersebut maka akan muncul artikel-artikel tentang Subak. Namun, apa itu Subak?

Sistem pengairan Subak untuk persawahan di Bali

Subak merupakan sistem pengairan sawah di Bali dari hasil manifestasi filosofi Hindu Bali yakni Tri Hita Karana yaitu penyebab kesejahteraan dari hubungan baik manusia dengan Tuhan, manusia dengan alam lingkungan dan manusia dengan sesama. Ideologi kuat yang diturunkan secara turun-temurun sejak awal pembentukannya yakni awal abad ke sembilan.

Melalui sistem Subak, masyarakat setempat secara swadaya mengatur pembagian aliran irigasi yang mengairi setiap petak areal persawahan yang terdiri dari jaringan kanal, terowongan dan bendungan. Dengan sistem seperti ini, sawah-sawah di Bali tetap subur dan hidup dalam simbiosis dengan alam selama lebih dari 1.000 tahun.

Selain sistem pengairan yang unik, Subak menghasilkan pemandangan yang begitu indah, tentu menjadi daya tarik wisatawan lokal hingga mancanegara. Tak sedikit wisatawan yang datang untuk mengabadikannya.



Sumber: BeritaSatu.com