Anies Gandeng Polda Usut Pembuangan Kulit Kabel di Gorong-gorong

Anies Gandeng Polda Usut Pembuangan Kulit Kabel di Gorong-gorong
Petugas Sudin Tata Air DKI Jakarta mengangkat kulit kabel listrik yang menumpuk hingga menyumbat gorong-gorong di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, 2 Maret 2016. (Foto: Suara Pembaruan/Joanito De Saojoao)
Erwin C Sihombing / CAH Selasa, 20 Maret 2018 | 13:51 WIB

Jakarta - Gubernur DKI Anies Baswedan memastikan bakal berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya sebagai langkah untuk mengusut kasus pembuangan kulit kabel di gorong-gorong. Terakhir, Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI melaporkan temuan gulungan kulit kabel di gorong-gorong Jl Merdeka Selatan, kepada gubernur, Sabtu (17/3) malam.

"Tentunya," ujar Anies singkat, di Balai Kota Jakarta, Selasa (20/3), saat ditanyai apakah pihaknya bakal berkoordinasi dengan Polda untuk menemukan siapa yang membuang gulungan kulit kabel.

Menurut Anies, temuan gulungan kulit kabel di saluran air bisa menjadi indikasi penghilangan alat bukti pencurian, "Saluran-saluran seperti ini, menurut laporan, biasa dijadikan akses untuk masuk pencurian dll."

Anies meyakinkan, gulungan kulit kabel di gorong-gorong Merdeka Selatan, sekarang ini, sudah bersih. Namun pihaknya bakal melakukan pengecekan terhadap lubang-lubang saluran mengingat, kasus serupa juga pernah terjadi di jaman gubernur terdahulu.

"Lubang seperti ini harus kami lihat konstruksinya ulang, sehingga tidak bisa digunakan orang untuk masuk. Tapi juga penataan kabel ini salah satu yang paling semrawut hari ini," ujarnya.

Anies menyebut, jajarannya yang terdiri dari Dinas SDA dan Bina Marga akan berkomunikasi dengan perusahaan-perusahaan di DKI terkait pengelolaan kabel. Sejuh ini, pemprov belum berkomunikasi dengan pihak Telkom maupun PLN.

"Nanti kami akan bicarakan dengan semua perusahaan-perusahaan yang memasang kabel agar bisa menata ulang," ujarnya.



Sumber: Suara Pembaruan