EHEF Tawarkan 3 Program Beasiswa ke Eropa

EHEF Tawarkan 3 Program Beasiswa ke Eropa
Halaman situs EHEF Indonesia ( Foto: ehefindonesia )
/ WEB Minggu, 13 November 2011 | 15:33 WIB
Ratusan program beasiswa dibagikan untuk pencari kesempatan belajar di luar negeri.

Tiga program beasiswa ditawarkan dalam European Higher Education Fair [EHEF] 2011 yang digelar di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta dari Sabtu (12/11) hingga hari ini.

Program pertama yang tercatat telah memberikan 120 beasiswa Master Degree kepada pelajar Indonesia adalah Erasmus Mundus.

Beasiswa yang merupakan hibah dari Uni Eropa ini bertujuan membuka kesempatan kepada mahasiswa/i lulusan S1 yang memenuhi syarat dari negara-negara di luar Uni Eropa.

"Mahasiswa akan menjalani kuliah sekurang-kurangnya di dua lembaga pendidikan yang ikut serta dalam program ini di negara berbeda selama dua tahun," kata Devina, salah satu advisor pada booth Erasmus Mundus, hari ini.

Beasiswa Erasmus Mundus ini bernilai 24.000 Euro per mahasiswa untuk program pendidikan satu tahun atau 48.000 Euro per mahasiswa untuk jangka waktu dua tahun.

Saat ini terdapat 123 program Magister Erasmus Mundus yang dapat diakses melalui Google Search dengan mengetik "Erasmus Mundus List".

Beasiswa selanjutnya adalah Neso, melalui Netherlands Fellowship Programme (NFP).

Beasiswa terbuka bagi lulusan S1 yang sudah memiliki pengalaman kerja profesional minimal 3 tahun ini mulai dibuka dari bulan ini [November] dengan tenggat waktu 1 Februari 2012 nanti.

Program beasiswa ini bernilai 85.000 Euro kontirbusi terhadap biaya tempat tinggal, visa, tiket perjalanan PP, asuransi untuk para peraih gelar PhD.

Sedangkan untuk Master's Degree Programmes, para pelajar yang berhasil mendapatkan beasiswa akan ditanggung seluruh biaya dari Institusi Belanda mulai dari tuition fees hingga buku, asuransi, dan lainnya.

Informasi mengenai beasiswa NFP ini bisa dilihat di situs www.nuffic.nl/nfp.

Beasiswa yang terakhir adalah Chevening Scholarships yang ditawarkan pemerintah UK yang mensyaratkan para pelamarnya harus memiliki minimal pengalaman kerja selama dua tahun, dengan memiliki poin IELTS senilai minimal 6.5.

Program beasiswa Chevening ini mencatat 1.500 pelamar pada tahun ajaran 2011 lalu dengan hanya 20 pelamar saja yang berhasil mendapatkan beasiswa ini.

Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa Chevening bisa dilihat di https://www.chevening.fco.gov.uk/.
CLOSE