Ratusan Anjing Kompak Berlari Bersama Pemiliknya di Senayan

Ratusan Anjing Kompak Berlari Bersama Pemiliknya di Senayan
Acara Alpo Dog Run di Parkir Timur Senayan, Minggu (18/5). (Foto: Beritasatu.com/ Shesar Andriawan)
Shesar Andriawan / MUT Minggu, 18 Mei 2014 | 10:28 WIB

Jakarta - Suasana di Parkir Timur Senayan, Minggu (18/5) pagi ini berbeda dari biasanya. Ratusan anjing berkumpul, berlarian, dan menyalak. Hewan-hewan lucu ini siap untuk mengikuti acara "Alpo Dog Run".

Alpo, produk makanan anjing dari Nestle, menggelar acara lari anjing bersama pemiliknya. Alpo Dog Run adalah acara lari anjing dan pemilik yang pertama di Jakarta. Acara sejenis sudah lebih dulu diadakan di Yogyakarta sejak 2009.

"Untuk di Jakarta ini acara yang pertama kali kami selenggarakan. Tapi sebetulnya sudah lebih dulu ada di Yogja sejak 2009. Dulu Alpo jadi sponsornya, kali ini kami sendiri yang menyelenggarakan," ujar Thomas Aquinas Nugroho, Commercial Manager Nestle Purina Pet Care Indonesia.

Pemilik dan anjingnya berlari mengitari area Parkir Timur Senayan. Banyaknya putaran tergantung ukuran anjing. Anjing besar, berbobot 12 kg ke atas, harus berlari dua putaran, sementara anjing kecil cukup satu saja.

Reaksi tiap anjing berbeda-beda. Ada yang semangat larinya melebihi si pemilik, ada yang malas diajak lari, dan ada yang mau berlari tapi sangat sering teralihkan perhatiannya. Anjing jenis german shepherd alias herder adalah salah satu yang tampak sangat bersemangat di acara ini.

"Ini anjing saya malah semangat. Tiap hari memang saya ajak lari, 30 menit keliling perumahan, jadi dia sudah biasa diajak lari begini. Saya senang ada acara seperti ini karena jadi bisa ketemu sama anjing-anjing lain," kata Radit yang datang dengan Tinka, herder 2,5 tahun miliknya.

Selain lari, ada pula tantangan seperti Alpo Walk di mana pemilik membimbing anjing melewati balok jalan. Anjing ukuran kecil bisa dengan mudah melewati tantangan ini, namun tidak untuk anjing besar, termasuk Tinka. Tantangan lain adalah seesaw (jungkat-jungkit) dan slalom (tiang zig zag).

Meskipun ini adalah acara senang-senang, namun panitia tetap menyediakan hadiah. Anjing terbaik berhak mendapatkan produk Alpo senilai Rp 500.000 dan berbagai pernak-pernik anjing lain.

"Tetap ada pemenangnya. Anjing terbaik dapat produk senilai Rp 500.000. Nilainya ditotal dari semua tantangan. Lari, jalan, jungkat-jungkit, dan slalom," ujar Nugi, sapaan akrab Thomas Aquinas Nugroho.

Tujuan Alpo mengadakan ini adalah memberi timpal balik kepada masyarakat. Alpo Dog Run memberikan sarana pemilik untuk melatih anjing dan bertemu dengan pemilik anjing lain.

"Senang ada acara ini. Soalnya kalau bawa anjing besar gini susah. Kadang dilarang sama orang-orang karena besar, takutnya bakal gigit. Padahal enggak kalau anjing jinak gini," ujar Radit.

Peserta juga bisa mendapat konsultasi kesehatan dengan dokter hewan dari Rumah Sakit Hewan Jakarta. Hadir pula Kenny Rao, pelatih anjing terkemuka untuk memberi edukasi dan tips kepatuhan anjing.