Awal Desember Dihapus Tiket KRL Kelas Ekonomi
Logo BeritaSatu

Awal Desember Dihapus Tiket KRL Kelas Ekonomi

Selasa, 29 November 2011 | 13:58 WIB
Oleh : FER

PT Kereta Api Commuter Jabodetabek menghapus Kartu Trayek Bulanan (KTB) untuk PNS dan Kartu Langganan Sekolah (KLS) mulai 1 Desember mendatang.


PT Kereta Api Commuter Jabodetabek(KCJ) dipastikan menghapus penggunaan Kartu Trayek Bulanan (KTB)untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Kartu Langganan Sekolah (KLS)yang biasa digunakan oleh pelajar kelas ekonomi per 1 Desember 2011mendatang. Keputusan diambil akibat dari maraknya penyalahgunaan tiket oleh penumpang.


Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia(KAI) Daops I Jakarta, Mateta Rizalulhaq, menjelaskan, penghapusan penggunaan kedua tiket termasuk dalam upaya program penertiban penumpang yang tengah dilakukan guna mengurangi potensi kerugian yang dialami PT Kereta Api Indonesia (PT KAI).


"Penggunaan tiket jenis KTB dan KLSkelas ekonomi dipastikan dihapus mulai 1 Desember 2011. Pertimbangannya karena sudah banyak disalahgunakan dan tidak sesuai peruntukkan," kata Mateta, hari ini.


Menurutnya, khusus untuk DKI Jakarta,penggunaan tiket KTB dan KLS tidak terlalu banyak. Untuk KTB, setiap bulan PT KCJ hanya mengeluarkan sebanyak 500 tiket, sedangkan tiket jenis KLS sebanyak 200 tiket.


Pasca-dilakukannya operasi penertiban dalam penerapannya di lapangan juga banyak ditemukan tiket KTB dan KLS palsu. Kondisi ini juga yang memaksa harus dihentikan pelayanan tiket KLB dan KLS. Untuk itu, terhitung mulai awal November, PT KCJ tidak melayani perpanjangan kedua tiket tersebut.


Mateta menegaskan, untuk sementara PTKAI belum menetapkan tiket pengganti sejenis. Masyarakat pengguna KRLyang sudah terbiasa menggunakan kedua tiket jenis KLb dan KLS sudah disosialisasikan untuk beralih menggunakan tiket biasa yang bisa didapatkan di setiap loket stasiun KA Jabodetabek.


"Sosialisasi penghentian layanan tiket sudah dilaksanakan di stasiun-stasiun dengan memasang pengumuman. Kami harap masyarakat KRL kelas ekonomi bisa beralih menggunakan tiket biasa seperti penumpang lain," ucap Mateta.


Ketua Forum Perkeretaapian Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno menjelaskan, penghapusan tiket berlangganan KRL jenis KTB dan KLS secara umum tidak akan terlalu berpengaruh terhadap pelayanan penumpang. Hanya saja, PT KAI melalui anak perusahaannya PT KCJ harus mampu memastikan bisa dioperasikannya sistem e-ticketing pada akhir 2012.


"Kuncinya sistem e-ticketing harus bisa mulai dioperasikan sebelum akhir 2012. Masyarakat tentu akan bisa lebih dipermudah dengan adanya pengoperasian sistem tiket ini,"kata Djoko.

Sumber: SP


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Tak Lama Lagi, Jakarta Bebas Anak Jalanan

Satu upaya yang dilakukan dalam program tersebut adalah pemberian tabungan pada anak jalanan.

MEGAPOLITAN | 29 November 2011

Renovasi Gedung KPUD Molor, Pilkada DKI Terancam

Padahal, berdasarkan kontrak kerja dengan Sudin Perumahan dan Gedung Pemda (Perumged) Jakut, pelaksana proyek sebesar Rp550 juta dari alokasi APBD DKI Jakarta 2011 itu rampung bulan ini.

MEGAPOLITAN | 29 November 2011

Antisipasi Banjir Rob, Pemprov DKI Tinggikan Tanggul

"Itu adalah langkah sementara. Kita masih menunggu kajian dan masterplan Coastal Sea Defence Jakarta dalam bentuk tanggul raksasa yang dilaksanakan Pemprov DKI bersama pemerintah pusat."

MEGAPOLITAN | 29 November 2011

Empat Wilayah Jakarta Berpotensi Banjir Pekan Ini

Yaitu Kalideres, Cengkareng, Kembangan dan Penjaringan.

MEGAPOLITAN | 29 November 2011

Kosambi Tangerang Terbanyak Penderita HIV/AIDS

Jumlah penderita di wilayah itu mencapai 86 orang.

MEGAPOLITAN | 29 November 2011

Akses ke Anyer Perlu Diperbaiki Sebelum Natal

Tahun baru, momen perayaan, tarif hotel naik. Tetapi akses ke Anyer yang rusak bisa beri citra buruk.

MEGAPOLITAN | 29 November 2011

Mayasari Tertabrak Kereta Api di Cipinang

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan kereta api vs Mayasari.

MEGAPOLITAN | 28 November 2011

DKI 1 Hadiahkan Mobil Jenazah untuk Veteran

Dua mobil jenazah ini bukan dari APBD.

MEGAPOLITAN | 28 November 2011

Kualitas Udara Jakarta Sangat Menyedihkan

RTH di Jakarta di bawah 10 persen padahal idealnya sekitar 30 persen.

MEGAPOLITAN | 28 November 2011

PNS Bekasi Diminta Netral Saat Pilkada

"Incumbent Bupati Bekasi Sa'duddin dan Wakil Bupati Darip Mulyana sama-sama mencalonkan diri dalam Pilkda. Itu sangat rentan untuk mendukung salah satu calon."

MEGAPOLITAN | 28 November 2011


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS