Jhonny Simanjuntak dan M Taufik Jadi Pimpinan Sementara DPRD DKI

Jhonny Simanjuntak dan M Taufik Jadi Pimpinan Sementara DPRD DKI
Lenny Tristia Tambun Senin, 25 Agustus 2014 | 13:46 WIB

Jakarta - Jhonny Simanjuntak dan M Taufik dipilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua Sementara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta.

Sekretaris Dewan DPRD DKI Mangara Pardede mengatakan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 27/2009 tentang MPR, DPR, DPD, DPRD (MD3), pimpinan sementara DPRD dipilih dari partai politik yang memperoleh suara terbanyak pertama dan kedua dalam pemilihan legislatif.

Dalam Pemilihan Legislatif tanggal 9 April 2014, partai politik yang memperoleh suara terbanyak adalah PDI-P dan Partai Gerindra. "Dengan begitu, otomatis posisi Ketua Sementara DPRD DKI diberikan kepada PDI-P dan Wakil Ketua Sementara DPRD dipegang oleh Partai Gerindra," kata Mangara dalam Sidang Istimewa DPRD DKI di gedung DPRD DKI, Jakarta, Senin (25/8).

Berdasarkan surat mandat yang diberikan kedua partai tersebut, Mangara menegaskan DPD PDI-P DKI Jakarta telah memberikan mandat pimpinan DPRD DKI sementara kepada Jhonny Simanjuntak sebagai Ketua Sementara DPRD DKI.

Kemudian, DPD Partai Gerindra DKI memberikan mandat kepada M Taufik sebagai Wakil Ketua Sementara DPRD DKI Jakarta.

Acara ini dilanjutkan dengan penyerahan palu dan buku memoar dari pimpinan DPRD periode 2009-2014 yaitu Ketua DPRD DKI Ferrial Sofyan, Wakil Ketua DPRD Triwisaksana, Lulung Lunggana dan Boy Bernadi Sadikin kepada Ketua Sementara DPRD DKI Jhonny Simanjuntak dan Wakil Ketua Sementara DPRD DKI M Taufik.

Kemudian, Jhonny dan Taufik menempati kursi pimpinan. "Jabatan pimpinan sementara DPRD DKI saya terima," kata Jhonny.

Selanjutnya, Jhonny menyampaikan pidato pertamanya sebagai Ketua Sementara DPRD DKI Jakarta. Dia menyatakan dengan terlaksananya sumpah janji itu, DPRD DKI masa bakti 2014-2019 mulai memasuki masa tugas dan kewajibannya sebagai wakil rakyat yang akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya.

"Kami ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada anggota Dewan purnabakti, mudah-mudahan kami bisa melanjutkan tongkat estafet sebagai wakil rakyat lebih baik lagi," katanya. "Juga berterima kasih kepada warga Jakarta yang telah memilih kami sebagai wakil rakyat selama lima tahun mendatang."

Jhonny mewakil 106 anggota DPRD yang telah diambil sumpah janjinya, menegaskan mereka akan terus berupaya meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan kota dan rakyat Jakarta. Menyukseskan program pembangunan daerah yang dijalankan pihak eksekutif serta menampilan kinerja yang profesional.