Tahun Ini, DKI Bangun Tiga Rumah Pemotongan Hewan

Tahun Ini, DKI Bangun Tiga Rumah Pemotongan Hewan
Deti Mega Purnamasari / MUT Minggu, 22 Februari 2015 | 11:15 WIB

Jakarta - Pada 2015 Pemprov DKI Jakarta menargetkan membangun Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di tiga lokasi. Luas pembangunan di tiga lokasi tersebut totalnya mencapai 6-7 hektare.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, ketiga lokasi yang akan dibangun RPH tersebut adalah Jakarta Timur dan Jakarta Utara, masing-masing dua dan satu RPH. Pembangunannya menggunakan anggaran tahun 2014 yang sudah disetujui karena ketiga lokasi tersebut sudah memiliki sertifikat.

"Saya tidak mau terjadi seperti tahun 2014 banyak anggaran yang kembali karena sertifikat hilang. Sekarang saya survei dulu kemarin ajuan orang itu ada yang memenuhi persyaratan baru kita sepakati," kata Darjamuni di Jakarta, Minggu (22/2).

Hal tersebut lah, ujarnya yang menyebabkan rencana pembangunan RPH menjadi sedikit karena tahun lalu banyak yang tidak bisa dilakukan. Dengan ketiga lokasi saat ini yang sudah ada, pihaknya pun tinggak melakukan kajian, perencanaan, dan appraisal yang harus lelang.

"Kalau secara administrasi tidak ada masalah. Kepada warga juga kami bayar sesuai NJOP, tapi kita tidak bisa lakukan begitu saja karena ada tim appraisal biasanya dibuat di atas NJOP atau bagaimana. Tergantung nanti tim NJOP," ujarnya.

Kendati demikian, untuk anggaran pembangunan RPH di tiga lokasi tersebut, Darjamuni belum berani menyebutkan nilainya. Selain itu, saat ini pihaknya juga tengah berupaya untuk memindahkan RPH unggas.

RPH unggas saat ini yang dimiliki adalah di Petukangan Jakarta Selatan, Rawa Kepiting dan Rawa Teratai di Jakarta Timur, Kalideres Jakarta Barat, dan di Rorotan, Jakarta Utara baru dalam perencanaan untuk pembebasan lahannya. Sedangkan untuk rumah pemotongan daging lainnya seperti untuk sapi dan kerbau sudah ada di Pulogadung serta Cakung, termasuk juga rumah pemotongan babi di Kapuk, Jakarta Barat.

Sumber: Suara Pembaruan