2016, Status Polres Kabupaten Bogor Jadi Resor Kota Bogor

2016, Status Polres Kabupaten Bogor Jadi Resor Kota Bogor
Irjen Pol Mochammad Iriawan ( Foto: Istimewa )
Vento Saudale Selasa, 5 Mei 2015 | 19:42 WIB

Bogor - Perubahan status Polres Kabupaten Bogor menjadi Resor Kota Bogor akan terealisasikan pada 2016 mendatang. Perubahan status itu didasari luas wilayah dan jumlah penduduk di Kabupaten Bogor.

Kapolda Jawa Barat Irjen Mochammad Iriawan menilai, Kabupaten Bogor memiliki luas wilayah dan jumlah masyarakat layaknya provinsi, bahkan penduduk Kabupaten Bogor lebih banyak dari Provinsi Nusa Tenggara Barat.

“Oleh karena itu, kami meminta Polres Bogor menjadi Polresta dan dipimpin perwira berpangkat Komisaris Besar (Kombes)," katanya di sela pemusnahan ladang khatinon, di Cisarua, Selasa (5/5).

Sejauh ini, ia menerangkan, Mabes Polri sudah mengusulkan perubahan ini ke Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chisnandi.

“Mudah-mudahan tahun 2016, perubahan status terwujud. Karena dari beberapa wilayah yang telah diajukan Mabes Polri, Polres Bogor yang paling memenuhi syarat. Secara kewilayahan Kabupaten Bogor menjadi penyangga ibu kota dan pendukung Istana Kepresidenan di Kota Bogor," ujarnya.

Dengan perubahan itu, Iriawan menambahkan, otomatis jumlah polsek akan sesuai dengan jumlah kecamatan dan jumlah anggota polisi pun akan ditambah. “Dengan perubahan itu, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Bogor, saya yakin akan lebih maksimal," katanya.

Dari data Kepolisian Resor Kabupaten Bogor, Polsek saat ini berjumlah 29 mendampingi 40 Kecamatan dan jumlah personel polisi berjumlah 1.900 orang untuk mencakup penduduk 5,3 juta jiwa di Kabupaten Bogor.