Logo BeritaSatu

"Adventure for Humanity" dari Suzuki Jip Indonesia dan Lazismu

Senin, 6 Juli 2015 | 16:14 WIB
Oleh : Anselmus Bata / AB

Bogor - Ramadan tahun ini Suzuki Jip Indonesia (SJI) bersama Lazismu kembali menggelar program "Adventure for Humanity". Kegiatan ketiga selama tiga tahun berturut-turut sejak 2013 ini menyasar desa-desa terisolir untuk membagi kebahagiaan kepada warga setempat. Kampung Cibuyutan, Desa Sukarasa, Bogor, merupakan lokasi yang dipilih dengan mengusung tema "Delivering Happiness".

Sebelum acara digelar pada Minggu (5/7), SJI Jabodetabek telah melakukan survei lokasi pada 20 Juni lalu. Zulkifli Haes dari SJI menyatakan desa terpencil ini menarik disinggahi. “Track yang menantang membuat komunitas ini tertarik datang ke lokasi. Ditambah lagi jalan menuju lokasi jalurnya masih baru. Tujuan utama kami adalah berbagi kebahagiaan kepada sesama,” paparnya.

Advertisement

Desa Sukarasa dihuni 124 keluarga. Sebanyak 23 jiwa di antaranya adalah jompo yang hidup dalam kemiskinan. Di sini juga masih ada 40 warga yang buta aksara. Data lainnya, terdapat 15 anak usia sekolah yang tidak mengeyam pendidikan sesuai usianya, 48 anak mengeyam pendidikan di SD/MI, serta 14 anak yang menempuh pendidikan SMP dan dua anak di SMA berada di luar desa. "Yang juga miris, 90 persen orangtua tidak lulus sekolah dasar," kata Zulkifli.

Desa ini merupakan wilayah administrasi di bawah Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor. Namun, lanjutnya, desa ini kurang mendapat perhatian pemerintah setempat. "Kondisi geografisnya, jalan masih tanah, menanjak, dan berbatu. Letaknya di balik dan tidak ada akses listrik PLN,” ujar Zulkifli.

Andy Wenas sebagai penanggung jawab kegiatan SJI Jabodetabek juga memastikan kondisi itu. “Beberapa mobil kawan kami gagal masuk ke lokasi karena bensin tidak mengalir dengan baik. Untung saat ini kemarau, apa jadinya jika musim hujan? Kami bersyukur bisa sampai di lokasi ini untuk berbagi kepedulian," katanya.

Sesepuh di kampung itu, E Sulaeman mengakui desanya belum terlalu disentuh pembangunan. “Karena itu, kedatangan Lazismu dan SJI sangat membantu warga, khususnya anak-anak yang masih sekolah. Di sini tidak ada sekolah dasar negeri. Yang ada madrasah ibtidaiah (MI) milik Yayasan Sulaimani. Hanya ada empat guru yang mengajar bergantian di pagi dan siang hari,” tuturnya.

Kegiatan pembagian kado Ramadan dan school kit kepada anak-anak dipusatkan di halaman MI. Setelah itu, SJI dan Lazismu berkeliling dari rumah ke rumah untuk membagikan bahan kebutuhan pokok.

Manager Program Lazismu, Tata Ruchiyat menyatakan kado Ramadan dan school kit langsung dibagikan kepada anak-anak Kampung Sukarasa. “Masing-masing mendapat satu, jadi tidak ada yang terlewat,” jelasnya.

Selain itu, SJI memberi bantuan kepada warga berupa donasi Rp 10.030.000 yang merupakan sumbangan anggota untuk membantu pembuatan sumur air bersih.

Menurut Koordinator SJI, Rusdi, program tersebut akan terus berlanjut setelah Ramadan. "Kita akan berkoordinasi untuk membantu warga membuat sumur air. Kegiatan ini akan terus dipantau, mulai dari penggalian hingga pembangunannya yang dipusatkan di titik tertentu sebagai pusat atau sumber air bersih. Sinergi Lazismu dan SJI akan terus diperkuat di masa mendatang. Bukan siapa-siapa menjadi saudara, ini semboyan SJI," tutupnya.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mobil Tabrak Mahasiswi di Cianjur, Kejari Cek Ulang Audi karena Ada Simpang Siur Informasi

Kejari melakukan cek ulang Audi karena masih terjadi simpang siur informasi terkait mobil yang diamankan dengan yang diduga digunakan saat kejadian.

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2023

Sopir Fortuner Berpelat Polisi Lakukan 2 Pelanggaran soal TNKB

Sopir Fortuner itu diduga melakukan 2 pelanggaran terkait tanda nomor kendaraan bermotor atau TNKB.

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2023

Penyidik Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI Jalani Sidang Kode Etik

Polda Metro Jaya menyatakan, para penyidik awal yang menangani kasus mahasiswa UI tewas ditabrak Pajero di Jagakarsa menjalani sidang kode etik.

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2023

Keluarga Sugeng, Tersangka Tabrak Mahasiswi di Cianjur Minta Tolong ke Jokowi

Keluarga Sugeng Guruh Gautama, tersangka tabrak mahasiswi di Cianjur, Jawa Barat, minta tolong ke Presiden Jokowi.

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2023

Sopir Fortuner Berpelat Polri yang Tabrak Pemotor Ternyata Menantu Polisi

Sopir Toyota Fortuner berpelat dinas Polri yang menerobos lampu merah hingga menabrak pemotor di Rawamangun, Jaktim, ternyata menantu polisi. 

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2023

Fortuner Pelat Polri Tabrak Pemotor di Rawamangun, Polda Metro: Itu Pelat Palsu

Polda Metro Jaya mengeklaim mobil Toyota Fortuner pelat Polri yang terobos lampu merah dan menabrak pemotor di Rawamangun memakai pelat palsu. 

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2023

Polisi Kejar Ibu Siksa Anak, Korban Dapat Pengamanan Khusus

Raya Aurel Rahma Visca, bocah perempuan yang menjadi korban penganiayaan ibu kandungnya, dirawat di RSUD Depok, Rabu 8 Februari 2023.

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2023

Lagi, Warga Jatikarya Blokir Akses Tol Cimanggis-Cibitung

Sejumlah warga ahli yang mengeklaim sebagai ahli waris tanah di wilayah Jatikarya, Bekasi menutup ruas Tol Cimanggis-Cibitung, Rabu (8/2/2023).

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2023

Alasan Ekonomi Jadi Motif Anggota Densus 88 Bunuh Sopir Taksi Online

Polisi tidak menjelaskan lebih rinci ada kesulitan apa sehingga HS, oknum anggota Densus 88 itu gelap mata melakukan pembunuhan terhadap sopir taksi online.

MEGAPOLITAN | 7 Februari 2023

Ditangkap Densus 88, Tersangka Pembunuh Sopir Taksi Online Ditahan di Polda Metro

Pelaku anggota Densus 88 ditangkap sekitar pukul 16.30 WIB sore di kawasan Bekasi, Jawa Barat tak lama setelah jasad sopir taksi online ditemukan.

MEGAPOLITAN | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Panglima TNI Sempat Larang Susi Air Terbang di Bandara Paro

Panglima TNI Sempat Larang Susi Air Terbang di Bandara Paro

NASIONAL | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE