Logo BeritaSatu

Antisipasi Banjir, BPBD DKI Siapkan Delapan Alat Sistem Peringatan Dini

Senin, 23 November 2015 | 17:51 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FMB

Jakarta - Untuk mengantisipasi banjir di Jakarta, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta telah menyiapkan delapan unit alat sistem peringatan dini (early warning system). Alat ini berfungsi untuk menghadapi banjir yang kemungkinan terjadi selama musim penghujan pada tahun ini hingga awal tahun depan.

Delapan unit alat early warning system berupa enam unit Automatic Weather Station (AWS) dan dua unit alat High Tide Warning yang disebar di lima wilayah kota dan wilayah kabupaten Jakarta.

Kepala Bidang Informatika dan Pengendalian BPBD DKI Jakarta, Bambang Surya Putra mengatakan AWS merupakan sebuah alat pengukur curah hujan dan kecepatan angin. AWS juga berfungsi melakukan monitoring curah hujan yang tinggi atau ekstrem yang berpotensi banjir akibat curah hujan lokal.

“Selain dapat memantau hujan dengan intensitas tinggi, AWS juga dapat digunakan untuk memberikan peringatan dini terhadap potensi pohon tumbang,” kata Bambang, Senin (23/11).

Sedangkan High Tide Warning, lanjutnya, merupakan alat pengukur tinggi gelombang laut saat terjadi air pasang laut atau rob. Sehingga, dapat diprediksi kapan terjadi banjir rob di tengah-tengah pemukiman warga di kawasan Jakarta Utara.

“Kedua jenis alat ini akan terkoneksi dengan kantor Pusat Pengendali Operasional (pusdalops) BPBD DKI. Nanti bila ada potensi banjir yang disebabkan hujan lokal dan rob, maka Pusdalops akan mengirimkan pesan singkat dan pesan berantai ke Ketua RW dan aparat kelurahan yang daerahnya berpotensi terkena dampak banjir,” paparnya.

Kepala Seksi Informatika BPBD DKI, Helma Dahlia menerangkan enam unit AWS akan ditempatkan masing-masing di kantor Wali Kota di lima wilayah DKI Jakarta. Lalu untuk dua unit alat High Tide Warning akan dipasang masing-masing satu unit di Kawasan Cilincing, Jakarta Utara dan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu.

“Peringatan dini dari kedua jenis alat ini juga akan terkoneksi di Smart City selain di kantor pusdalops kami,” ujar Helma.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kaesang Pangarep Jalani Prosesi Siraman, Tak Ada Penutupan Jalan di Area Sekitar

Tak ada penutupan arus lalu lintas di Jalan Letjen Suprapto tempat kediaman Presiden Jokowi jelang acara siraman Kaesang Pangarep.

NEWS | 9 Desember 2022

Perguruan Tinggi Dunia Apresiasi Kemendikbudristek Selenggarakan Program IISMA

IISMA adalah salah satu program paling kompetitif dari Kemendikbudristek yang diminati. Tahun ini jumlah pendaftar mencapai 7.500 mahasiswa dari 31 provinsi.

NEWS | 9 Desember 2022

Top News, Wakil Wali Kota Pagar Alam Meninggal dan Kebakaran Gedung Kemenkumham

Berita meninggalnya Wakil Wali Kota Pagaralam, Sumatera Selatan Muhammad Fadli dan kebakaran gedung Kemenkumham paling banyak dibaca.

NEWS | 9 Desember 2022

Soal Motif Bom Bunuh Diri Bandung, Pengamat Singgung ISIS dan KUHP

Pengamat terorisme, Stanislaus Riyanta menyinggung soal ISIS dan KUHP terkait motif Agus Sujatno melakukan bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung.

NEWS | 9 Desember 2022

Patahan Cugenang, Pemicu Gempa Cianjur Belum Pernah Teridentifikasi

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, selama ini patahan Cugenang, pemicu gempa Cianjur, Jawa Barat, belum teridentifikasi.

NEWS | 9 Desember 2022

Aksi Bom Bunuh Diri Bukan Bagian dari Amalan Jihad

Aksi bom bunuh diri seperti bom Bandung itu, menurut Sekum DDI KH Suaib Tahir, bukan bagian amalan jihad.

NEWS | 9 Desember 2022

Hendra Kurniawan Bantah Menemui Ferdy Sambo pada 13 Juli

Hendra Kurniawan membantah keterangan mantan staf pribadi Ferdy Sambo yang menyebutnya menemui Ferdy Sambo di ruang Kadiv Propam Polri pada 13 Juli 2022.

NEWS | 8 Desember 2022

Eks Napiter Tegaskan Ekonomi Bukan Motif Bom Bunuh Diri

Pujianto alias Raider Bakiyah, mantan narapidana terorisme (napiter) mengatakan ekonomi bukan motif teroris melakukan bom bunuh diri.

NEWS | 8 Desember 2022

Masyarakat Harus Dibekali Kemampuan Deteksi Dini Ancaman Terorisme

Masyarakat harus bersatu memerangi terorisme. Pemerintah harus mulai membekali masyarakat dengan kemampuan mendeteksi dan pencegahan dini.

NEWS | 8 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Erick Thohir: Jokowi Ingin Festival Budaya

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Presiden Joko Widodo ingin konsep Festival Budaya sehingga dekat dengan rakyat saat menggelar pernikahan Kaesang Pangarep

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dibuka Melemah 0,49%, IHSG Turun ke Zona 6.700

Dibuka Melemah 0,49%, IHSG Turun ke Zona 6.700

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE